Surabaya, Krisanonline.com – (lanjutan artikel marketing sekolah, edisi Selasa, 31 Mei 2022).

Ada sih beberapa sekolah/kampus yang sudah memilikinya, tapi rata-rata dalam implementasi di lapangan dikerjakan sambil lalu saja. Biasanya diambil dari mereka yang bukan bidang kompetensinya. Rangkap tugas di sana–sini. Rangkap jabatan yang tidak jelas. Mengemasnya ala kadarnya. Implementasinya pun pokoknya ada. Nah, akibatnya strategi marketing sekolah yang ujungnya sebenarnya menjadi sumber “nafkah” untuk mendapatkan siswa baru berlimpah, akhirnya tidak menghasilkan dampak positif apa pun. Media sosial (Medsos) yang menjadi sumber kanal komunikasi promosi menjadi tidak terukur, ketinggalan zaman, dan upsss….ditinggalkan konsumen.

Krisanis, mengatasi masalah di atas, langkah pertama tim Medsos sekolah/kampus segera menentukan dari awal apa yang menjadi misi dan tujuan dari pemanfaatan Medsos saat aktivasi pemasaran sekolah. Bila tujuannya beragam, maka langkah kedua melakukan pemetaan. Ya, mulai dari bagaimana dengan kesiapan tim hingga siapa yang menjadi target market-nya.

Dalam konteks ini, makin kuatlah bahwa tim Medsos sekolah/kampus perlu ditangani oleh orang-orang spesialis/khusus yang tahu persis bidang tugasnya ketika menjalankan aktivitas pemasaran. Satu catatan tambahan penting di sini adalah tim Medsos sekolah/kampus pun tidak boleh bekerja sendiri. Mereka harus berkolaborasi erat dengan tim pemasar/marketer sekolah dan Humas (bila di sekolah) atau Public Relation/PR (bila di kampus) agar dapat bekerja secara bersama-sama menyampaikan pesan dan citra yang tepat saat kegiatan marketing sekolah/kampus.

lalu, langkah ketiga kinerja tim Medsos adalah menentukan platform media mana yang paling cocok dengan tujuan dan taget market-nya. Langkah keempat, berfokus juga pada bagaimana cara mengelola konten-konten di Medsos secara kreatif dan menarik. Dan,  langkah terakhir kelima adalah mengukur efektivitas kampanye Medsos dengan teknik dan indikator yang tepat agar pesan pemasaran sekolah/kampus menjadi efektif dan berkontribusi positif.

Nah, bila Krisanis berkeinginan mengetahui secara detail dan lengkap step by step dari strategi ke taktik informasi di atas, maka Anda bisa bergabung di acara workshop bertajuk “The New Strategic of School Marketing 2022.” Peserta akan mendapatkan pemahaman secara komprehensif berkaitan dengan strategi marketing sekolah/kampus selevel master class. Dilengkapi dengan studi kasus, artikel, dan hasil penelitian terbaru. Jangan lewatkan!

(Kontributor: F.X.Rudy Prasetya., S.S.M.Med.Kom., Trainer School Marketing dan Media Relations Berpengalaman ±15 tahun. Lulusan Master Media dan Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya. Spesialis Marketing Komunikasi Sekolah/Kampus).

Info Workshop dengan Topik “The New Strategic of School Marketing 2022 “. Silakan hubungi mobile: WA 082328801527, 081911087812

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here