ABSTRAK

F.X. Rudy Prasetya. 2022. Penerapan Metode Ragangan (Outline) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial pada Peserta Didik Kelas XII SMA Santa Maria Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas. 37 Halaman.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan metode ragangan (outline) pembelajaran keterampilan menulis teks editorial pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Santa Maria. 2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan metode ragangan (outline) terhadap peningkatan keterampilan menulis teks editorial pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Santa Maria.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Santa Maria Surabaya. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, meliputi 1) Tahap perencanaan tindakan 2) Tahap pelaksanaan tindakan 3) Tahap pengamatan/observasi  dan 4) Tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode tes dalam penelitian ini adalah memberikan penilaian keterampilan kepada peserta didik untuk menulis teks editorial dalam dua tahapan. Tahapan pertama menulis teks editorial tanpa menerapkan metode ragangan (outline). Tahapan  kedua menulis teks editorial dengan menerapkan metode ragangan (outline).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan menulis teks editorial peserta didik yang menerapkan metode ragangan (outline) meningkat secara signifikan. Hal ini ditandai dengan nilai hasil keterampilan menulis teks editorial peserta didik meningkat. Pada siklus I tanpa menggunakan metode ragangan nilai terendah 48 sedangkan pada siklus II menggunakan metode ragangan (outline) 78. Ketuntasan hasil belajar peserta didik juga meningkat. Pada siklus I tanpa menggunakan metode ragangan (outline) mencapai 17%. Sementara, ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II dengan menggunakan metode ragangan (outline) mencapai 100%.

Kata kunci: Menulis, Teks Editorial, Ragangan (Outline).

(Peneliti: F.X.Rudy Prasetya,S.S.,M.Med.Kom. Guru Bahasa Indonesia, SMA Santa Maria. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dibuat dalam rangka untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan di Yayasan Paratha Bhakti Kampus Santa Maria Surabaya).

Info berkaitan dengan materi PTK di atas dapat menghubungi via mobile: 082328801527

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here