Surabaya, Krisanonline.com – Krisanis, nama lengkap saya Jacobus Lunar Lanang Praskoso – biasa dipanggil Kiko.  Saya anak bungsu dari tiga bersaudara. Begini, sejak kecil saya suka bermain futsal dan saya juga lumayan sering mengikuti perlombaan futsal sejak SD. Sejak saya naik ke kelas IX SMP saya mendapatkan kesempatan mengikuti perlombaan futsal untuk yang terakhir kalinya di jenjang SMP.

Waktu itu saya mengikuti perlombaan futsal MKKS se-Surabaya. Waktu penyisihan 16 dan 8 besar tim sekolah saya berhasil memenangkan semua pertandingan. Bisa dikatakan tim sebelumnya yang kami kalahkan tidak begitu susah. Namun, pada saat babak semifinal, kami mendapatkan lawan berat sang tuan rumah perlombaan itu sendiri. Jujur saja, sebelum pertandingan dimulai, saya sempat ketakutan dan gelisah karena ukuran badan mereka lebih besar daripada tim kami. Namun, di saat saya gelisah ada satu teman saya yang senantiasa mendukung dan menenangkan agar kami tetap fokus ke pertandingan tersebut.

Pertandingan pun dimulai. Saya menjadi pemain belakang pertama yang dimainkan atau sebagai starter line up. Saya berusaha tetap fokus ke pertandingan. Babak pertama terasa begitu melelahkan, tapi tim kami memiliki poin lebih unggul terhadap tim lawan. Saya berusaha sebaik mungkin. Akhirnya, kerja keras tim pun terbayar dengan keberhasilan kami lolos ke babak final. Namun, sayangnya tim kami tidak dapat menjuarai pertandingan dan kalah di partai puncak.

Krisanis, ada banyak pengalaman menarik yang saya dapatkan. Apapun halangan yang kita temukan seperti yang saya alami, janganlah putus asa. Hadapilah sekuat mungkin dan bila tidak mampu mintalah bantuan orang lain. Jangan melihat orang hanya dari penampilan luar saja. Satu lagi, jangan pernah melarikan diri dari masalah yang kita hadapi. Menang atau kalah itu bonus bagi diri kita sendiri. Tetaplah semangat!

(Kontributor: Jacobus Lunar Lanang Praskoso, Siswa X MIPA 3, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here