Surabaya, Krisanonline.com– Krisanis, nama lengkap saya Valerie Agatha – biasa dipanggil Valerie. Saya anak tunggal. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita. Begini, selama SD, saya selalu menganggap pelajaran Matematika atau pelajaran apapun yang berkaitan dengan menghitung adalah pelajaran yang susah dan pelajaran yang paling tidak saya sukai. Nilai ulangan hanya pas-pasan. Saya juga tidak pernah mengikuti les.

     Ketika menginjak kelas 7 SMP, bagi saya pelajaran Matematika sangatlah susah. Membuat saya tidak suka sehingga saya malas mencatat rumus-rumus juga mendengarkan guru mengajar. Ketika ulangan pun, saya selalu tidak bisa mengerjakannya dan selalu remidi. Begitu juga untuk pelajaran Fisika di kelas 7 SMP yang berkaitan dengan rumus dan menghitung selalu remidi di setiap ulangannya. Ketika saya tidak paham, sebenarnya saya sudah selalu bertanya pada teman. Namun, tetap saja tidak paham. Hasil nihil. Hingga akhirnya, saya memutuskan untuk mengikuti les Mafia, tetapi nilai saya tetap sama saja. Jeblok! Pyuuhhh!

     Di kelas 8 SMP di semester 1, saya masih tidak menyukai Matematika dan Fisika. Nilai saya juga masih sering remidi. Ketika semester 2, saat pelajaran Fisika tentang gelombang saya tidak bisa mengerjakan soal dari guru dan menanyakan caranya pada teman saya. Kala itu teman saya bisa menjelaskan pada saya dengan lancar. Namun, saya tetap tidak memahaminya. Di situ, saya mulai menyadari sampai kapan saya harus  tidak menyukai pelajaran Matematika dan Fisika. Ohh…nasib!

Nah, suatu hari ada teman yang menyarankan untuk les kembali. Saya mulai mencoba les kembali dan entah mengapa perlahan tapi pasti saya mulai menyukai Matematika dan Fisika. Saya juga mulai aktif mendengarkan guru saat menerangkannya di kelas. Sejak saat itu saya mulai paham dengan pelajaran Matematika dan Fisika. Nilai saya pun naik dan tidak pernah remidi lagi di dua pelajaran tersebut.

     Di kelas 9 SMP, Nilai Matematika dan Fisika saya mendapat nilai 90 ke atas atau bahkan nilai 100. Dua pelajaran tersebut kini menjadi pelajaran yang paling saya suka hingga sekarang. Jadi, Krisanis, kamu tidak akan bisa bila tidak mencoba untuk menyukai hal tersebut dari awal. Suka karena biasa sih. Simpel kok!.  

(Kontributor: Valerie Agatha, Siswi X MIPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here