Surabaya, KrisanOnline.com – ¬†Krisanis, beragamnya informasi yang mudah kita dapatkan baik yang positif maupun negatif, sudah sewajarnya wajib kita seleksi terlebih dahulu. Breaking news KrisanOnline hari ini (27/11) menyajikan sedikit tips yang berkaitan dengan bagaimana cara menangkal dan menghentikan maraknya berita palsu/hoaks. Semoga berguna dan menginspirasi. Simak tipsnya ya …

  1. Kenali berita palsu. Cek dan ricek tanda-tanda yang dapat membantu Krisanis untuk mengenali jika suatu informasi itu tidak benar atau palsu. Contohnya, bila ada pesan atau informasi yang model kabarnya tanpa sumber dan bukti yang nyata, bisa jadi itu merupakan sebuah pertanda bahwa pesan/informasi tersebut tidaklah benar.

 

  1. Bandingkan dengan sumber lain. Cek dan ricek fakta secara online dan pastikan pula cek dan ricek situs berita terpercaya pada media arus utama untuk melihat sumber informasi tersebut. Bila Krisanis merasa ragu, perlunya ditanyakan kepada orang yang Krisanis percayai untuk mendapatkan informasi atau fakta yang sesungguhnya.

 

  1. Stop penyebaran. Jika Krisanis membaca atau melihat informasi/fakta tidak benar/palsu, segera beritahukan kepada orang tersebut untuk melakukan pengecekan kembali informasi tersebut. Jangan malah membagikan pesan hanya karena seseorang meminta Krisanis melakukannya.

 

  1. Lakukan perubahan! Ayo, bantu menghentikan penyebaran hoaks atau berita palsu. Lawan berita hoaks dengan cara membuat konten-konten yang positif dan inspiratif. (dya)

 

1 KOMENTAR

  1. Gerakan Anti Hoax sangatlah penting dilakukan demi menciptakan persatuan negara ini. Ayo bersama sama dukung, mengingatkan untuk sadar betapa pentingnya anti hoax ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here