Surabaya, Krisanonline.com – Krisanis, nama saya Christoforus Justine Pranoto dan biasa dipanggil Justine. Pengalaman yang saya alami sudah berlangsung sejak saya masih di bangku SD. Saya orangnya pemalu. Berbicara dengan orang di sekitar bukanlah hobiku. Ketika ingin berbicara atau melakukan sosialisasi dengan orang lain saya pasti selalu berpikir dua kali. Sebab, saya selalu teringat dengan kata-kata orang tua saya, “Tin, kalau mau berteman dengan orang lain, kamu harus tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik.” Saya tahu bahwa maksud dari orang tua saya adalah berteman bukan bersosialisasi.

Namun, saya selalu berpikir bahwa bersosialisasi adalah berteman. Padahal tidak. Sosialisasi merupakan proses untuk berteman. Nah, karena pemikiran seperti itu, di sekolah saya “hampir” tidak punya teman, kecuali jika mereka yang mengajak saya berteman terlebih dahulu. Saya masih belum merasakan keuntungan dari berteman. Jadi, saya memutuskan untuk tidak bersosialisasi dengan siapapun sehingga nilai akademik saya tidak memuaskan sama sekali.

Hal ini berlangsung hingga kelas 6 SD ketika saya mengenal teman melalui bermain game. Sebut saja Viren. Dia berperilaku baik kepada saya dalam game. Seperti membantu saya, memberi saya barang dan sebagainya. Dari pengalaman bermain game ini saya mendapatkan banyak teman. Namun, rata – rata dari mereka berasal dari luar negeri karena game-nya bersifat internasional. Hal ini membuat saya berpikir, “Jika saya bisa mendapatkan teman dari luar negeri, bagaimana dengan dalam negeri.” Dengan pemikiran ini saya mulai bersosialisasi dengan anak–anak lainnya. Namun, saya masih belum bisa membagi waktu antara bermain game,bersosialisasi dan belajar sehingga nilai saya tidak meningkat sama sekali.

Ketika memasuki kelas 1 SMP, saya hanya bisa berteman dengan teman–teman dari SD karena masih di sekolah yang sama. Hal ini membuat nilai saya pas-pasan. Disini saya sadar bahwa saya hanya berteman dengan teman laki-laki. Akhirnya, saya mencoba untuk berteman dengan teman perempuan di kelas 2 SMP. Tidak hanya teman, nilai saya juga meningkat karena saya belajar dari mereka dan saya juga bisa membagi waktu dengan hal-hal sehari-hari. Jadi, bersosialisasilah karena kita membutuhkan orang lain untuk perkembangan positif diri sendiri.

(Kontributor: Christoforus Justine Pranoto, Siswa X MIPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here