“And the warrior’s way was not

 to run from failure,

but to own up to it and do better.” 

(Brandon Sanderson, Skyward)

Penulis                      : Brandon Sanderson

Penerbit                    : Delacorte Press

Tahun Terbit             : 2018

Tebal Buku               : 528 halaman

Surabaya, KrisanOnline.com  – Krisanis, pasti kita semua pernah berpikir dan membayangkan, “Bagaimana nasib manusia bila dia hidup di luar angkasa, ya?”  Yap, novel “Skyward” ini menceritakan bagaimana rasanya hidup di luar angkasa plus ditambah dengan adanya sekolah penerbangan serta alien yang menyerang. Wow… membuat novel ini menjadi asyik untuk dibaca.

Buku ini adalah buku pertama dari seri empat buku yang akan ditulis oleh Brandon Sanderson. Buku ini bercerita tentang seorang gadis muda bernama Spensa, yang ingin mengikuti jejak ayahnya menjadi pilot luar angkasa dan mempertahankan planet asalnya dari ras alien bernama Krell, yang akan menyerang mereka tanpa henti. Spensa hidup di versi galaksi kita di masa depan. Di sebuah planet  bernama Detritus. Sayangnya, ayahnya melakukan sesuatu yang tidak dapat dimaafkan dan Spensa akhirnya dikucilkan.

Brandon Sanderson benar-benar berbicara tentang hak istimewa dan bagaimana kekuatan dari luar itu dapat benar-benar memengaruhi kehidupan seseorang. Sementara, nama belakang benar-benar dapat membuat masa depan seseorang menjadi lebih baik. Spensa belajar  dengan sangat cepat dan dia bertekad untuk tidak hanya pergi ke sekolah penerbangan, tetapi untuk sampai lulus di puncak kelasnya. Terlepas dari usaha orang-orang lain yang ingin menghentikannya. Dan dia benar-benar menunjukkan bahwa setiap orang punya pilihan, terlepas dari hal-hal yang dipaksakan pada kehidupan mereka juga terlepas dari kesalahan orangtuanya.

Brandon Sanderson benar-benar ahli meramu cerita. Setiap buku dan seri yang disentuhnya berubah menjadi emas. Dan dunia yang dibangunnya di novel ini sangatlah mendetail dan bagus sehingga pembaca merasa seperti masuk di dalamnya. Buktinya, saya membaca buku ini cukup dalam 1 hari. Dan, sekali lagi, saya sudah tidak sabar menunggu buku keduanya. Krisanis, ayo, baca buku ini, ya!

(Kontributor: Angellica Wisesa, Alumni Siswi XII IPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here