Surabaya, KrisanOnline.com– Memasuki hari ke-2 (16/07), kegiatan MPLS SMA Santa Maria (SanMar) Surabaya kedatangan tamu-tamu istimewa. Ya, mereka adalah para alumni SMA Santa Maria angkatan 1979 sekaligus sebagai pengisi materi “keberagaman”. Total ada 10 orang. Rombongan dipimpin langsung oleh Bapak Arthur. Sementara, materi acara dibawakan oleh Ibu Myra Diarsi dan Ibu Tiwi.

Ibu Myra Diarsi sendiri adalah anggota KOMNASHAM sekaligus Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah. Sementara, Ibu Tiwi adalah seorang praktisi pendidikan. Tepatnya dosen Psikologi Universitas Airlangga. Materi keberagaman merupakan inisiatif dari para alumni untuk berbagi pengalaman dengan para peserta MPLS sebagai ungkapan syukur dan kepedulian pada almamater tercinta.

Saat acara, setiap peserta terbagi ke dalam 7 kelompok yang disebut “Café”. Setiap kelompok “Cafe” dinamai dengan nama-nama dari pahlawan atau tokoh nasional. Misalnya, tokoh Bung Hatta, Tan Malaka, Kartini, Dewantara, Adi Sucipto, Romo Mangun, dan Chairil Anwar. Tiap kelompok “Cafe” bertugas menggali nilai-nilai dan semangat perjuangan dari tokoh tersebut. Lalu, peserta tergabung dalam format diskusi.

Diskusi menggali nilai-nilai kebangsaan dalam kebhinekaan

“Format diskusi melibatkan seluruh tim. Tiap tim terdiri dari 5 orang yang harus menjaga café. Mereka bertugas menyampaikan informasi seputar café-nya. Sementara, anggota lainnya berkeliling ke café lainnya untuk saling interaktif. Jalannya diskusi dipandu oleh seorang moderator. Di akhir kegiatan, tiap kelompok harus menyampaikan nilai-nilai yang telah mereka temukan,” terang Ibu Myra pembawa acara itu.

“Hasil akhir yang diharapkan dari penerapan metode diskusi ini adalah siswa terlibat aktif secara sosial, memiliki jiwa dan kepekaan sosial serta mampu mengambil nilai-nilai luhur cinta tanah air, perbedaan pendapat,  dan keberagaman. Hal inilah yang akan menjadi janji dan wujud sikap bela negara para siswa MPLS,” imbuh Ibu Myra.  Closing diskusi diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Bela negara untuk Indonesia

Disamping mendapat materi keberagaman di atas, pada hari ke-2, peserta MPLS juga mendapat pelatihan upacara (morning assembly), baris-berbaris, bela negara yang dipandu langsung oleh anggota DANYONTAKFIB-1 MAR dan materi Bullying & Cyber Crime oleh Dosen UBAYA serta materi mitigasi bencana oleh BASARNAS. Closing MPLS ditutup dengan ibadat bersama. (Yos)

16 KOMENTAR

  1. Sharing keberagaman alumni’79 yang diadakan Sekolah SMA Santa Maria dalam rangka MPLS sangat bermakna bagi siswa-siswi penerus bangsa ini.Hal ini diterapkan dengan diadakannya diskusi yang dinamakan ‘cafe’.Dengan cara diskusi tersebut,tidak secara langsung siswa melakukan interaksi sosial dengan sesama,menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa.

  2. Sharing keberagaman alumni’79 ini memiliki tujuan yang sangat baik, yaitu agar para siswa mau bekerja sama bersama dalam kelompok, siswa juga menjadi pribadi yang peka terhadap orang di sekitar mereka, dan semakin cinta dengan negara Indonesia ini.

  3. Sharing keberagaman alumni’79 ini sangatlah berguna bagi kami siswa-siswi baru SMA Santa Maria, karena selain mendorong kita untuk bekerja sebagai kelompok, kita juga diajarkan untuk menerima masukan dari kelompok-kelompok lain

  4. Sharing pada saat para alumni datang sangat berguna karena dapat membuat kita saling tanya menanya dan membantu kita saling berinteraksi

  5. Sharing dan aktivitas yang diberikan para alumni’79 kepada kami yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa cinta tanah air dan bela negara disampaikan dengan cara unik yang membuat kami dapat belajar dengan mudah dan juga menyenangkan.

  6. Sharing keberagaman alumni’79 ini memberikan pelajaran yang sangat baik untuk murid-murid baru dimana kita harus bisa menjadi pemimpin, mengatur, dan diatur. Semua itu tidak hanya perjuangan sendiri tetapi bersama anggota kelompok/defisi masing-masing.

  7. Sharing keberagaman alumni’79 ini dapat membantu kami sebagai generasi muda untuk menjadi penerus bangsa. Dalam sharing ini, kami diminta untuk menggalih lebih dalam lagi tentang bela negara. Metode penyampaian bela negara ini disampaikan dengan game “cafe”. Sebuah game yang mengajarkan kami untuk menyikapi berbagai macam keberagaman dan menghargai pendapat orang lain.

  8. Sharing keberagaman alumni’79 sangat membawa dampak positif bagi generasi selanjutnya.Dimana dengan adanya kelompok-kelompok tersebut setiap orang dapat menuangkan ide-ide kreatifnya dan dimana pengambilan suatu keputusan dapat di musyahwarakan bersama.

  9. Kegiatan MPLS SMA Santa Maria Surabaya pada 16 Juli 2019 ini berlangsung menarik, karena kedatangan tamu istimewa yang mengisi acara dengan sharing keberagaman almuni ’79. Hal ini tentunya memiliki maksud dan tujuan yang baik, serta sangat mendorong kami untuk mampu bekerja sama satu sama lain, membuka pikiran kami untuk menerima masukan dari orang lain ketika ada perbedaan pendapat antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Acara ini sangat inovatif sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini.

  10. Sharing keberagaman alumni’79 menyampaikan hal yang sangat berguna untuk membuat kita lebih semangat seperti pahlawan/tokoh nasional dan membuat kita lebih cinta tanah air indonesia

  11. Sharing keberagaman alumni ’79 sangat menarik dan memiliki tujuan yang sangat baik untuk kita. Sharing ini bertujuan agar kita bisa menjadi pribadi yang nasionalis dan pribadi yang membanggakan untuk bangsa. Sharing ini juga mengajarkan kita agar kita mampu hidup bersama – sama, hidup saling tolong menolong, hidup saling berbagi, dan hidup saling mengerti satu sama lain. Sharing ini sangat berguna dan menarik bagi kita para generasi penurus bangsa.

  12. Sharing keberagaman alumni ’79 yang diberikan kepada kami sebagai generasi milenial dalam rangka MPLS ini sangat berdampak positif. Metode penyampaian ini diterapkan kegiatan berdiskusi dalam bentuk game “cafe” ini sangat unik, secara tidak langsung metode tersebut akan melatih kami untuk saling bekerjasama, bagaimana cara menyikapi berbagai perbedaan dan juga untuk melatih kemampuan berkomunikasi, yang nantinya akan sangat dibutuhkan dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini.

  13. Sharing keberagaman alumni’79 sangatlah menarik, unik, dan mempunyai kesan/tujuan yang sangat bagus yaitu agar kita sebagai murid-murid SMA Santa Maria dapat meningkatkan kerja sama antar anggota kelompok dan meningkatkan jiwa nasionalisme dalam diri setiap murid melalui kegiatan musyawarah dalam setiap kelompok/cafe divisi

  14. Keberagaman adalah hal yang wajar ditemukan di Indonesia.Oleh sebab itu kita harus menghargai keberagaman sesama kita.

  15. Sesi sharing alumni ini sangat menarik. Sesi ini dapat melatih para siswa kelas 10 untuk berpikir kritis dan berani menyampaikan pendapatnya serta dapat mengajarkan para siswa bahwa keberagaman itu baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here