Surabaya, KrisanOnline.com – Krisanis, quality time bersama keluarga dan orang –orang yang saya cintai, akan selalu menjadi agenda utama saya dalam mengisi hari liburan tengah semester ataupun akhir semester. Dan benar, liburan tengah semester tahun 2019 lalu, saya merasakan kehangatan kebersamaan bersama keluarga yang utuh.

Hari itu, tepat sehari setelah hari perayaan Natal, saya bersama kedua orangtua dan saudara pergi ke Kota Malang untuk “temu kangen” dengan keluarga besar dari ayah, terutama untuk bertemu dengan “emak”. Ibu dari ayah saya yang sangat saya sayangi. Kami sekeluarga berangkat ke Malang. Kurang lebih 3 jam waktu perjalanan yang kami tempuh untuk sampai di lokasi rumah saudara di Malang itu.

Sesampainya di rumah saudara saya, tampak beberapa saudara ayah menyambut kedatangan kami. Kami sekeluarga langsung masuk ke dalam rumah dengan memberi ucapan selamat Natal pada setiap saudara yang kami temui. Hal pertama yang kami sekeluarga cari di rumah itu dan yang selalu menjadi kebiasaan ketika datang adalah menemui emak. Ya, orang tertua di rumah. Orang yang sangat saya kasihi karena memang kasihnya luar biasa pula pada saya dan saya pun selalu mengasihinya.

“Ini siapa?” tanya emakku. Lalu kujawab, “Iris mak, putune emak,” Hari itu aku semakin sadar bahwa emak bertambah tua. Ada yang berubah dari emak. Tapi rasa cinta yang kami miliki akan tetap sama. Saya bersyukur karena saya dapat merasakan kasih dari emak dan diberi kesempatan Tuhan untuk merasakan bagaimana mengasihinya juga. Orang yang akan selalu saya kenang dalam hati.

Selepas temu kangen, kami melewatkan makan bersama dengan berbagai makanan yang disajikan secara prasmanan. Ada ayam goreng, sate ayam, urap-urap, nasi pandan, rujak manis, es degan dan beberapa makanan lezat lainnya. Selepas makan, kami kembali “bercengkerama” berbagi cerita yang menginspirasi. Mmm… liburan yang penuh kehangatan dan selalu bikin kangen…

(Kontributor : Iris Santoso ,Siswi X MIPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here