Inilah Putra-Putri SanMar,
PaPi SanMar punya cerita..
Putra-Putri Santa Maria keren…

Surabaya, Krisanonline – Itulah cuplikan lirik lagu yang dibawakan oleh tim karawitan SMA Santa Maria Surabaya saat pembukaan final ajang PaPi SanMar 2019 di aula lt.4, (29/01). Royal Indonesian Culture diusung sebagai tema PaPi tahun ini.

Event Putra-Putri Santa Maria adalah ajang bergengsi tahunan sebagai sarana aktualisasi diri untuk memilih duta SMA Santa Maria setahun ke depan. Tak sembarang siswa/siswi dapat menjadi peserta PaPi. Persiapan dan pengorbanan diperlukan untuk terpilih menjadi yang terbaik.

Ajang mencari duta SanMar ini diikuti oleh kelas X dan XI. Masing-masing kelas mengirimkan 2 perwakilan Putra dan Putri terbaik dari kelasnya. Total ada 26 peserta yang mengikuti rangkaian acara mulai dari wawancara, karantina, dan final. Sementara, regulasinya ada beberapa aspek yang dipertimbangkan seperti prestasi akademik, public speaking, sikap, bakat, berpikir kritis, dan relasi sosial.

Seleksi Papi SanMar sendiri dilakukan bertahap. Mulai dari pemilihan oleh wali kelas masing-masing. Lalu, wawancara dan karantina. Karantina ditujukan agar panitia guru dan pengurus OSIS dapat melihat kualitas diri peserta, terutama kemampuan sosialnya. “Penilaian yang dilakukan harus tepat dan teliti karena digunakan sebagai parameter ajang finalnya. Jadi, persaingan memang ketat,” ucap Pak Ade selaku pembina OSIS.

Beragam materi berguna dan menginspirasi juga didapatkan oleh peserta PaPi seperti: paparan visi misi oleh KSP, public speaking oleh alumni SanMar Kak Audy, personal branding oleh Pak Pras, dan diskusi talent show. “Banyak banget sih materi yang baru pertama kali aku dapatkan dan sungguh bermanfaat buat masa depanku. Wawasanku menjadi lebih berkembang,” aku Angie, peserta Pa/Pi dari XI IPA 3.

Akhirnya, saat pengumuman tiba, terpilihlah Bryan Theny (X IPS 2) dan Angelique Hartadari (XI IPA 3). Penyerahan tiara, piala dan selempang pun dilakukan oleh Bonar dan Dian selaku PaPi SanMar periode 2018-2019. “Perasaanku tentunya senang dan ini merupakan berkat Tuhan yang melimpah serta dukungan dari wali kelas plus teman-teman. Semoga kami bisa menjadi duta Sanmar yang baik untuk setahun ke depan,” ujar Angie yang diamini oleh Thenny. (Melisa)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here