Surabaya, KrisanOnline.com– Krisanis, bulan November kemarin identik dengan bulan Pahlawan. Nah, bicara tentang Pahlawan pasti erat kaitannya dengan semangat Nasionalisme. Bagi saya, Nasionalisme itu penting. Terkhusus, bagi anak muda zaman sekarang. Oleh karena, sebagai anak muda millenial, kita harus lebih mengetahui dan lebih mengenal dan mencintai budaya sendiri. Mengingat banyak anak muda millenial mudah  terobsesi dan ikut-ikutan dengan budaya negara lain alias krisis nilai-nilai Nasionalisme. Sebagai contoh, bila kita sering memasukkan unsur-unsur budaya luar, maka lambat-laun kita bisa menjadi negara yang “terjajah” akan budayanya. Sebab, di  zaman sekarang kita dapat dengan mudah saling bertukar informasi. Entah itu informasi plus entah minus.

Krisanis, sekali lagi, semangat Nasionalisme itu penting. Oleh karena, dengan menyadari nilai-nilai dan semangat Nasionalisme, maka akan memacu kita menjadi lebih baik. Artinya, kita akan selalu bangga pada Bangsa dan Negara. Bangsa Indonesia mempunyai banyak rekor dan prestasi yang sangat impresif. Oleh karena itu, kita sebagai anak muda millenial harus selalu bangga dan percaya diri. Tumbuhkan selalu sikap positif yang dapat berguna bagi kita dan menginspirasi lingkungan sekitar.

Pandangan “jangan mau kalah” dan keinginan untuk terus berpartisipasi dalam memajukan Bangsa dan Negara bisa menjadi motivasi kuat bagi siapa saja untuk selalu  berkarya dan berprestasi. Dengan bangga pada bangsanya sendiri, maka akan membuat kita lebih “open Minded. Oleh karena itu, marilah kita sebagai anak muda millenial untuk lebih mengutamakan semangat Nasionalisme untuk kejayaan dan kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

(Kontributor: Abraham Yedija Kristianto, Siswa X MIPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

Gambar etalase: www.google.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here