Surabaya , KrisanOnline.com – Krisanis , perkenalkan nama saya Cliff Jhonson Prasetia. Biasa dipanggil Cliff. Saya anak tertua dari 3 bersaudara. Saya siswa baru  kelas X SMA Santa Maria. Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya pada saat pertama kali masuk SMA.

Begini, pada saat saya masih bersekolah di tingkat SD, saya masih sering sekali dibantu orang tua (mama) dalam mengerjakan PR di rumah. Orang tua sering membantu mengerjakan PR keterampilan. Setiap kali ada PR tersebut, pasti orangtualah yang membuatkannya. Meski hasilnya bagus, tapi saya merasa tidak puas karena bukan hasil karya saya sendiri. Tak hanya itu, rasa malas pun masih selalu ada dalam hal belajar.

Nah, pada saat saya masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMP, akhirnya tumbuh niat kuat dalam hati saya. Saya berjanji pada diri sendiri untuk tidak meminta bantuan orang tua atau siapa pun dalam mengerjakan PR lagi.  Saya mencoba menekuninya dan terus mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh sekolah secara mandiri.

Kini, saya sudah SMA. Saya pun tinggal di kos. Jauh dari orangtua. Terkadang teringat kenangan indah dulu saat saya dibantu mama dalam mengerjakan PR. Ada tawa dan canda bersama. Kini, ohhhh….semua itu sepi. Hanya dinding-dinding kamar bisu menemani.

Namun, itu semua tidak menyurutkan niatku. Sekarang, saya telah tumbuh makin dewasa. Saya pun telah bertekad kuat dalam hati. Saya harus belajar hidup mandiri dan mengerjakan semuanya. Awalnya semua sulit. Namun, bila ini dijalani dengan disiplin diri, maka saya yakin pasti bisa. Dan, …saya yakin mama pun pasti selalu mendoakan agar aku selalu sukses..

(Kontributor: Cliff Jhonson Prasetia, Siswa X MIPA  SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here