Surabaya, KrisanOnline. com – Tak biasanya cuaca pada hari itu tampak cerah, sinar matahari telah menghangatkan pagi itu dari malam yang dingin. Sebuah suara yang membangunkan untuk menepati janji semalam. Tepatnya melihat keindahan alam Cangar. Menjadikan aku harus bangun lebih pagi agar tak melewatkan keindahannya. Memang dunia destinasi wisata kota Batu – Malang sedang berkembang, salah satunya Cangar.

Begini, saya melakukan perjalanan ke Cangar dikarenakan pusat kota Batu yang sudah padat. Tak hanya sekadar jalan-jalan, tapi sekaligus ingin menikmati perjalanan tersebut. Mengapa memilih Cangar? Begitulah mungkin pertanyaan yang akan terlontar. Sungguh Indah! itu jawabannya.

Gunung Penanggungan

Cangar merupakan nama dusun sekaligus terdapat pemandian air panas. Merupakan jalur alternatif antara kota Batu menuju Mojokerto melewati Pacet. Dahulu, Cangar hanya dikenal karena terdapat obyek wisata pemandian air panas di lereng gunung Welirang dan kebun Apel Batu. Namun, kini imej Cangar mulai berkembang menjadi wisata yang menyuguhkan keindahan alamnya, ditambah milineal yang sedang menggandrungi wisata alam untuk sekadar berfoto dengan berlatar belakang pemandangan. Dan sepertinya alasan ‘kekinian’ itu yang membuat banyak milenial tertarik untuk mengeksplor alam Cangar.

            Dilihat dari foto yang tersebar di Instagram maupun google, akan nampak lokasi dimana spot foto diambil. Menurut pencarian, ladang bunga Hortensia (hydrangea) milik warga sekitar menjadi spot yang paling populer. Hortensia (Hydrangea) adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan.Tanaman semak atau juga yang dikenal dengan nama ‘kembang bokor’ ini dapat mencapai tinggi antara 1 sampai 3 meter, tetapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Namun, lokasi yang tertera di sumber foto tidak 100% akurat. Pengalaman mengatakan, sepanjang perjalanan melewati Cangar, sama sekali tidak menemukan lokasi spot foto yang dimaksud, sehingga mengharuskan mencarinya dengan seksama.

Hal ini tak mengurungkan niat untuk langsung menyerah, karena jika tak menemukan satu lokasi tetapi sudah disuguhkan banyak pemandangan lain yang sama indahnya. Ketika tidak menemukan ladang Hortensia yang dimaksud, tidak perlu kecewa karena juga dapat ditemukan saat melewati Pos Perizinan Pendakian (dekat Gapura Taman Hutan Raya R.Soerjo). Walau bunga Hortensia tak banyak disitu, tapi bisa menjadi alternatif spot foto.

Tak harus menikmati liburan di lokasi wisata yang sudah terkenal, namun kini Cangar dapat menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Kota Batu. Pemandangan dan wisata alam Cangar yang tidak diragukan lagi menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Tanpa harus menggunakan Google Maps, lokasi wisata yang sedikit sulit dijangkau atau dicari, seperti ladang Hortensia dapat ditemukan dengan bersabar sambil menikmati pemandangan alam yang sungguh indah. Diyakini bahwa perkembangan wisata Cangar akan semakin bertumbuh ke depannya. Ditandai dengan muncul beberapa persewaan villa di sekitar tempat wisata.

(Kontributor : Andrew Egbert W., Siswa XII IPA 1, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here