Kuis1
1. (1) Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati, mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (6)
B. (5)
C. (4)
D. (3)
E. (2)

2. (1) Pengantisipasi berbagai persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.
Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (5)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3), (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)

3. Subsidi tidak selalu jelek. Yang tidak kita inginkan adalah subsidi harga (price subsidy) seperti pada BBM ini, sebab penikmat terbesar subsidi adalah golongan berpunya. Bahkan subsidi harga BBM ini hanya dinikmati 7% dari 38 juta penduduk miskin. Seharusnya adalah subsidi langsung (direct subsidy) kepada rakyat dalam bentuk program- program terpadu untuk meningkatkan kualitas hidup seperti kesehatan dan pendidikan.
Sumber: Kompas, 5 Agustus 2007
Opini penulis dalam teks di atas yang tepat adalah …
A. Subsidi BBM sudah dinikmati oleh kalangan menengah dan atas.
B. Subsidi BBM sudah tepat sasaran yaitu kalangan menengah dan atas.
C. Subsidi BBM belum disediakan untuk kalangan menengah dan atas.
D. Subsidi BBM seharusnya diberikan kepada rakyat dalam bentuk uang.
E. Subsidi BBM seharusnya langsung kepada rakyat dalam program terpadu.

4. Sejak diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008, film Laskar Pelangi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Karena hanya dalam waktu 1,5 bulan, film produksi Miles Film yang disutradarai Riri Reza ini telah ditonton 3,9 juta orang. Pencapaian angka tersebut melebihi angka penonton yang diraih film box office sebelunya, Ayat-Ayat Cinta. Film Ayat-Ayat Cinta, garapan sutradara Hanung Bramantyo, ditonton sebanyak 3.581.947 orang sepanjang dua bulan penayangannya di jaringan bioskop 21, serta sekitar 120.000 penonton di luar jaringan bioskop 21. Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah penonton Laskar Pelangi akan menembus angka 4 juta penonton. Menariknya, kedua film ini sama-sama hasil adaptasi novel yang juga laris.
Warta Kota, Kamis, 13 November 2008
Fakta yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …
A. Film Laskar Pelangi diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008.
B. Dalam waktu dua bulan film Laskar Pelangi produksi Miles Film ditonton oleh 3,9 juta orang.
C. Dalam waktu dekat diperkirakan jumlah penonton Laskar Pelangi akan mencapai 4 juta orang.
D. Film Laskar Pelangi di luar jaringan bioskop 21 ditonton oleh 120.000 penonton.
E. Jumlah penonton film Ayat-Ayat Cinta melampaui jumlah penonton film Laskar Pelangi.

5. Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah. Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa memacu produktivitasnya. Sebaliknya, untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlahnya yang mencapai 3,6 juta rupiah. Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun rupiah. Jawaban untuk keluar dari persoalan ini tidak bisa lain, kecuali melakukan reformasi birokrasi, terutama rasionalisasi jumlah PNS. Sebab, jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan.Dengan adanya rasionalisasi, pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji. Bukan hanya itu, pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment.
Opini yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana di atas adalah ….
A. Memang tidak bisa dipungkiri, gaji PNS sangatlah rendah.
B. Agar dapat menaikkan gaji PNS secara signifikan, pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.
C. Untuk menaikkan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan mencapai 3,6 juta rupiah.
D. Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana sebesar 7,6 triliun rupiah.
E. Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk memacu produktivitasnya.

6. Fakta yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana soal nomor 5 adalah ….
A. Pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk mengelola pemerintahan.
B. Pemerintah akan mempunyai kemampuan untuk menggaji PNS.
C. Pemerintah akan menerapkan sistem reward and punishment.
D. Pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun rupiah untuk memberikan gaji ke-13.
E. Untuk menaikkan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar.

7. (1) Pemerintah masih menunggu harga minyak mentah dunia stabil di kisaran 60 dolar AS per barel dalam dua bulan ke depan. (2) Jika harga minyak mentah bisa bertahan pada posisi itu, harga solar dan minyak tanah baru bisa diturunkan. (3) ”Kira-kira yang realistis kalau (harga minyak mentah) sudah ke 60 dolar AS per barel, pas dan stabil satu sampai dua bulan, baru diubah lagi,’’ kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta di Jakarta, Jumat (7/11). (4) Dua hari lalu, pemerintah menurunkan harga BBM bersubsidi jenis premium sebesar Rp500 per liter menjadi Rp 5.500 terhitung 1 Desember. (5) Harga solar saat itu tetap Rp5.500 per liter dan minyak tanah Rp2.500 per liter.
Kalimat yang menyatakan fakta paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

8. (1) Bahasa Indonesia semakin diminati warga asing di luar negeri dan telah diajarkan setidaknya di 73 negara. (2) Tenaga pendidik bahasa Indonesia untuk luar negeri juga semakin dibutuhkan, kata Koordinator Program Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional Pengesti Wiedarti. (3) Beliau juga mengatakan, permintaan terhadap tenaga pendidik bahasa Indonesia ternyata terbilang cukup banyak. (4) Begitu pula, pengiriman tenaga pendidik bahasa Indonesia ke luar negeri tergantung dari bentuk kerja sama antarnegara dan lembaga di berbagai bidang. (5) Saat ini terdapat sekitar 219 lembaga yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di 73 negara. Kalimat opini dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (1)

9. (1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 400.000 orang.
(2) Jateng menyumbang sekitar 10 persen kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) “Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41 persen maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang,” sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja
Fakta yang terdapat dalam artikel tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

10. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor. Orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di Puncak.
Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ….
A. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
B. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar.
C. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
D. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal.
E. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

Cermati penggalan artikel berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Taman seroja (lotus/lely) mempunyai banyak manfaat. Akarnya, misalnya bisa dijadikan bahan makanan. Orang Cina biasanya mengolah akar rimpangnya yang masih muda dengan cara merebus atau membakar dalam abu yang membara. Begitu dimakan, hmmm …. manis rasanya.
Sementara, bijinya dibuat menjadi bubur dan sangat baik digunakan untuk mengatasi pembekuan darah. Buahnya digunakan sebagai obat sakit waktu haid. Sedangkan, orang Makassar memanfaatkan daunnya yang masih muda sebagai bahan sayur.
Dikutip dari : Intisari

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi penggalan artikel tersebut adalah ….
A. Rimpang tanaman seroja dapat digunakan untuk obat sakit waktu haid.
B. Buah tanaman lotus dapat dijadikan bubur yang manis rasanya.
C. Daun yang muda tanaman lotus baik sekali untuk obat penambah darah.
D. Akar rimpang seroja yang masih muda dapat dijadikan bahan makanan.
E. Buah tanaman seroja jika dibakar rasanya sangat manis dan gurih.

2. Hal penting yang dibahas dalam penggalan artikel tersebut adalah ….
A. manfaat tanaman seroja.
B. manfaat akar tanaman seroja.
C. Manfaat biji tanaman seroja.
D. manfaat buah tanaman seroja.
E. manfaat daun tanaman seroja.

3. Cermati paragraf berikut!
Gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam metode tanpa olah-olahan. Bila lahan yang kita gunakan ditumbuhi gulma, sebaiknya diterapkan pembersihan gulma dengan herbisida. Apabila gulmanya cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akarnya. Silakan gunakan merk herbisida yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Perbaikan kalimat yang tercetak miring sehingga menjadi efektif dalam penggalan artikel tersebut adalah ….
A. Apabila gulma cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akarnya.
B. Gulma cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akar.
C. Gulmanya cukup banyak, gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma sampai akar.
D. Apabila gulmanya cukup banyak, gunakan herbisida sistemik yang dapat membasmi gulma sampai akar.
E. Maka, gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akar apabila gulmanya banyak.

4. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Pulau Pandora, sebuah latar tempat atau sebuah arena permainan tokoh-tokoh rekaan yang diciptakan penulis dengan segala aspek yang melingkupinya berada jauh nun di sana. Terus terang, saya sebagai pembaca memiliki keterbatasan dalam menghadapi novel ini. Saya belum akrab dengan latar dan segala persoalan yag muncul di sana. Hal ini tentu saja akan membawa implikasi tersendiri. Namun, untunglah karya sastra memperlihatkan sisi universalitasnya di samping menunjukkan kekhasan dan keeratannya dengan persoalan-persoalan tempat dilahirkannya karya itu. Dalam konteks itu, saya akan menempatkan diri sebagai orang awam dalam membaca dan menikmati novel ini. Apapun catatan yang saya berikan di sini adalah hasil dari pertemuan langsung saya dengan pulau tanpa cinta.

Penggalan tersebut merupakan bagian struktur kritik sastra yaitu ….
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman
E. simpulan

5. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Keragaman suku bangsa dan etnis yang menjadi tokoh cerita dalam antologi Pramoedya adalah representasi multikulturalisme dan pluralitas masyarakat di Hindia-Belanda pada masa itu. Keragaman suku bangsa itu dapat dilihat dari kehadiran masyarakat pribumi, Tionghoa, Jepang Indo-Belanda, Perancis, Inggris, dan Eropa totok yang digambarkan dengan konsepsi mereka mengenai dunia, sistem nilai, organisasi sosial, sejarah, dan adat istiadat kebiasaan seperti yang disampaikan Parekh (2008) di atas.
Mulai dari Bumi Manusia sampai Rumah Kaca, tokoh dari berbagai etnis suku bangsa silih berganti hadir. Penggambaran tokohnya sangat beragam dan berlapis-lapis. Mulai dari Nyai Ontosoroh sebagai pribumi yang belajar secara otodidak hingga Minke sebagai pribumi yang terdidik secara Eropa, akhirnya menjadi musuh yang harus ditaklukan oleh tuan peradaban Eropa yang memberinya pencerahan dan ilmu pengetahuan. Juga dilematis anak-anak Indo seperti Tobert Mellema, Robert Surhof, dan Annelies merepresentasilan kepribadian yang terbelah dan keagamaan psikologis.

Isi penggalan kritik tersebut adalah ….
A. Tokoh dalam antologi Pramoedya berasal dari beragam suku bangsa dan etnis.
B. Masyarakat pribumi menjadi tokoh utama dalam antologi Pramoedya.
C. Antologi Pramoedya adalah pluralitas masyarakat di Hinda-Belanda.
D. Penggambaran watak tokoh dalam antologi Pramoedya sangat beragam.
E. Tokoh dalam antologi Pramoedya menunjukkan kepribadian bangsa.

6. Cermati penggalan kutib kritik berikut!
Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, dan rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis yang dibawakan oleh Ibu Bandi. Ibu Bandi berwatak tidak mau mengalah/jahat, Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.
Kalimat kritik yang berisi kelebihan isi cerita adalah ….
A. Pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan siapa yang baik.
B. Pengarang menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokonh antagonis.
C. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik dan berpikir kritis.
D. Watak Riri ditampilkan secara sempurna sehingga tampak menarik.
E. Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

7. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Minke yang selama ini sangat berjarak dengan kehidupan petani seperti menghadapi kenyataan lain tentang bangsanya. Ia menemukan sebuah persoalan yang sama sekali baru diketahui dalam hidupnya yakni nasib beribu bahkan puluhan ribu petani seperti Trunodongso yang diperlakukan dengan semena-mena oleh hukun kulit putih Hindia-Belanda. Di sekolah HBS tempat ia menempa ilmu pengetahuan selama ini, ternyata permasalahan kaum tani tidak dibahas dalam mata pelajarannya. Ia menemukan kenyataan pahit mengenai nasib petani tebu seperti Trunodongso yang diperas secara ber;apis tidak hanya oleh orang Eropa, tetapi juga harus menghadapi pribumi seperti, punggawa desa, pangreh praja, dan para priyayi rendah seperti Sastro Kasier.
Unsur teks yang dibahas pada penggalan kritik tersebut adalah.…
A. latar cerita
B. watak tokoh
C. isi cerita
D. alur cerita
E. sudut pandang

8. Cermati kutipan cerpen berikut!
Kami terus berdoa untuk keselamatan kami semua. Temanku yang pertama kali kesurupan dibawa ke orang pintar di dekat hotel kami menginap . Kami yang tetap berada di hotel berjaga-jaga apabila ada sesuatu terjadi. Guru-guru yang ikut berjaga menyarankan kami untuk tidur agar besok bisa beraktivitas kembali. Panitia dan guru-guru bergantian menjaga kami semua. Keesokan paginya, kami dibangunkan oleh guru-guru. Keadaan membaik, tidak ada kesurupan lagi. Menurut cerita dari salah satu panitia, temanku yang pertama kali kesurupan sudah sembuh ketika dibawa kembali dari orang pintar. Kami pun melanjutkan aktivitas kami di Cibodas. Panitia membawa kami ke Kebun Raya Cibodas agar kami semua dapat bersantai dan melepaskan ketakutan yang ada tadi malam.
Oleh Eka Ayu Diah
Kalimat kritik yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah .…
A. Cerpen yang ditulis Eka Ayu Diah kurang menarik karena dikembangkan seperti narasi biasa.
B. Eka Ayu Diah menulis cerpen berjudul Pengalaman Menyeramkan dengan bahasa yang indah.
C. Pengalaman Menyeramkan merupakan cerpen Eka Ayu Diah yang berhasil memikat pembaca.
D. Eka Ayu Diah, salah satu cerpenis yang mengungkapkan perasaan seorang wanita yang masih muda.
E. Pengalaman Eka Ayu Diah ditulis dalam bentuk cerpen yang penuh dengan imajinasi.

9. Cermati kutipan esai novel berikut!
Barangkali ada benarnya STA menyebut Belenggu karya Armijn Pane sebagai “romantika gelap-gulita,” sebab membaca Belenggu mungkin dapat melemparkan pembaca pada kondisi kekosongan jiwa yang labil. Namun, realitas Tono, Tini, dan Yah itu memang beranjak dari realitas faktual. Seperti kata Jassin, betapa pun hendak masyarakat mengelakkannya. Tidak berlaku hanya pada masa-masa itu saja, saya kira, bersepakat dengan sastrawan Radhar Panca Dahana (2008), saat mengatakan roman Belenggu menyodorkan realitas manusia Indonesia yang sebenarnya dibelenggu oleh dirinya sendiri. Kita masih mudah menyaksikannya di sekitar kita, jiwa yang sempit, pikiran yang kerdil, imajinasi yang pendek. Hingga zaman berlari kencang seperti sekarang ini, Belenggu “Tono-Tini-Yah” itu ternyata masih ada. Belum lerai juga bila bukan kian sengit dan kuat keberadaannya. Sebab, makin tampak samar dan wajar saja semua belenggu itu kini kita dapati.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ….
A. Belenggu berisikan kehidupan seorang dokter yang tergoda oleh seorang wanita lain sesuai dengan kehidupan.
B. Belenggu berisikan realitas kehidupan manusia Indonesia yang berjiwa sempit dan berpikiran kerdil.
C. Penokohan yang kuat dan menarik yang diperankan oleh Tono, Tini, dan Yah dalam roman Belenggu.
D. Latar dan kondisi yang diungkapkan dalam roman Belenggu karya Armijn Pane kurang sesuai dengan kehidupan.
E. Penokohan roman Belenggu karya Armijn Pane yang diungkapkan pengarang samar dan tidak wajar.

10. Cermati kutipan kritik berikut!
“Garind Nathaniel” begitulah judul cerpen yang dimuat oleh koran “Suara Merdeka” minggu ini. Tokoh utama dalam cerpen ini sudah bisa ditebak pada judulnya. Cerpen ini mengisahkan seorang seorang lelaki bernama Garind yang telah melakukan sesuatu hal dan mengakibatkan tewas ibunya. Rasa sesal dan kesalahan yang dirasakan tokoh terlalu dibelit-belitkan, sehingga kurang mendapatkan gambaran cerita yang baik nan jelas. Pada empat sampai lima paragraf, pembaca akan merasa bosan dan menghentikan pembacaan. Seperti halnya film D’Girlz Begin yang memaksa saya membuang CD-nya setelah memutar pada menit kelima.

Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan buku tersebut adalah ….
A. Bahasa yang digunakan dalam cerpen tersebut sulit dimengerti.
B. Tokoh utama cerpen tersebut sudah bisa ditebak pada judulnya.
C. Gambaran peristiwa dalam cerita cerpen sangat jelas.
D. Ibu tokoh utama dalam cerpen merasa kecewa.
E. Tokoh utama dala cerpen itu menyesali perbuatannya.

1. Cermati kutipan novel berikut!
Pada permulaan titik itu Aminu’ddin berdiri termenung memandang sungai yang deras itu. Kemudian ia pun berkata, “dahululah engkau Anggi.”
Mariamin menjawab, “Akanglah dahulu. Kalau sudah Akang sampai seberang, jangan engkau meniti !”
Aminu’ddin berjalanlah melalui titi kayu yang kecil itu. Dengan hati-hati ia menjejakkan kakinya dan matanya tiada lepas dari titi itu. Akan tetapi tiadalah tahu bahwa setelah ia lewat pertengahan titi itu, Mariamin sudah datang dari belakang.
Sedang ia ditengah-tengah, maka kedengaranlah olehnya suara adiknya itu memekik, “Tolong, Kang! Dengan terkejut ia menoleh ke belakang.
Konflik dalam kutipan novel tersebut adalah .…
A. Perasaan takut ketika melihat air sungai yang sangat deras.
B. Pertolongan Aminu’ddin terhadap Mariamin yang terjatuh.
C. Kesulitan dalam menyeberangi sungai yang airnya sangat deras.
D. Rasa kaget Aminu’ddin karena Mariamin terjatuh ke sungai.
E. Mariamin terjatuh ke sungai dan terbawa arus air bah yang deras.

Cermati novel berikut untuk menjawab soal no 2-4!
Matanya melirik ke kanan-kiri, mencari wadah yang agak besar. Lalu, ia meraih talang kue yang sudah kosong di atas meja. Talang berwarna keperakan itu segera ia isi apel dan anggur. Setelah itu, ia tutup pintu kulkas dengan menggunakan kaki kanan.
Anal-anak kampung itu seolah tak percaya ketika melihat Ical membawa talang berisi apel dan anggur.
“Ini,”kata Ical kepada anak-anak yang terdekat sambil menyerahkan buah-buahan itu. “Bagikan dengan adil, ya?”
“Ini…,” anak itu tergagap kehilangan kata-kata, seolah tak percaya, “ini semua beneran buat kami?”
Ical mengangguk. “kurang?”
“Oh, ini sudah lebih, Den,” ujar mereka susul-menyusul sambil berpamitan.
Saat itulah Rosinah keluar dari kamar untuk membagikan uang receh. Kakinya terpaku seperti dirantai gelang baja. Matanya terbelalak tak percaya.
“Icaaal !” seru Roosinah.

2. Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. Memberi buah-buahan adalah perbuatan yang baik.
B. Saat berbagi dengan orang lain berikan yang terbaik.
C. Berteman tidak boleh pilih-pilih.
D. Kebahagiaan itu saat melihat orang lain tersenyum.
E. Tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu.

3. Watak tokoh “Ical” dalam novel tersebut adalah.…
A. sopan
B. pendiam
C. periang
D. murah hati
E. ramah

4. Latar suasana dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. hangat dan penuh keakraban
B. tegang dan hati-hati
C. riang dan gembira
D. murung dan gembira
E. penuh canda tawa

5. Cermati kutipan novel berikut!
Lalu datanglah Taripol. Tanpa ba bi bu dia bilang mau mengajakku nonton film Stevan Seigel (sekuat apapun kami mengerahkan kemampuan untuk menyebut nama orang berambut aneh dan tak pernah kalah berkelahi itu, hanya itu yang mampu kami bunyikan). Dia yang akan membayar karcisnya. Oh, nonton film, aku paling suka!
“Ada syaratnya,” kata Taripol. “Esok siang kau harus mengantar corong TOA ke satu alamat.”
“Ojeh, bos,” kataku.
Setengah baya aku cukup panjang pengalamanku, telah kualami susah senang malang melintang, saat itu tak kusadari, selama hidupku yang sebenarnya baru akan dimulai dari corong TOA itu.
Isi kutipan novel tersebut adalah.…
A. Taripol mengajak tokoh nonton film Stevan Seigel.
B. Taripol akan membayar karcis nonton film.
C. Taripol memberi syarat untuk nonton film.
D. Taripol memulai kehidupannya dari corong TOA.
E. Taripol sudah banyak pengalaman dalam hidupnya.

6. Cermati kutipan novel berikut!
Tak banyak permainan di taman itu karena hanya dibuat alakadarnya atas inisiatif pimpinan dan pegawai pengadilan agama yang berhati mulia. Mereka iba melihat anak-anak yang dibawa orangtua ke pengadilan. Selalu ada anjuran agar orangtua tidak membawa anak-anak ke pengadilan. Namun, orangtua berkilah bahwa mereka tidak punya pembantu untuk menjaga anak dirumah.
Sebagian anak terpaksa ikut karena masih disusui ibunya. Sebagian karena memang anaknya ingin ikut. Mungkin mengira pengadilan adalah keramaian, tempat orang berkumpul dan bersukacita.
Maka, dibuatlah taman itu. Sementara orangtua berjibaku, Tarik menarik urat leher, tubuh-menubuh, tuntut-menuntut, talak menalak di ruang sidang, anak-anak mereka bermain di ruang itu.

Nilai sosial dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. Perhatian aparat pengadilan agama terhadap anak-anak.
B. Kasih sayang orangtua yang tidak ada bandingannya.
C. Aparat pengadilan agama yang membuatkan taman bermain.
D. Orangtua saling menuduh dan menuntut pengadilan.
E. Orangtua yang berkorban demi anak-anaknya.

7. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Kemarau adalah ular tedung yang mendesis-desiskan panas siang itu sehingga mampir untuk berteduh dua penegak hukum, ajun Inspektur Syaiful Buchori dan Sersan Sulaiman di warung es kelapa muda Hamidin Hamzah. (2) Mereka duduk berhadapan, minum es sambil membicarakan laporan kepala dinas pendidikan kabupaten tadi pagi bahwa semalam kantornya dibobol maling. (3) Barang-barang elektronik amblas termasuk sebuah corong TOA. (4) Berjalan aku dengan santai, bersiul-siul sambil menenteng corong TOA yang telah dibungkus taripol dengan taplak meja, tapi anatominya masih jelas tanpa macam corong TOA. (5) Tak lama kemudian lewatlah aku dimuka warung es Hamidin Hamzah.

Penggunaan majas pada kutipan novel tersebut terlihat pada kalimat nomor.…
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

8. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Apabila kuberikan apa-apa padamu, tak hendak kau makan, sebagai takut dan tak percaya engkau kepada rumah ini dan isinya; padahal disinilah .…, dan disinilah pula orangtua kita tinggal telah lebih dari 80 tahun dan disinilah pula ayah tunggal kita berpulang ke Rahmatu-lah. Bagaimana boleh sampai hatimu sedemikian itu, tiadalah dapat kupikirkan,“ kata putri Rudiah, seraya menyapu air matanya, berlinang-linang di pipinya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kutipan cerita tersebut adalah .…
A. tanah kelahiranmu
B. tempat tinggalmu
C. tumpah darahmu
D. pondok penderitaanmu
E. buah hatimu

9. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Pernah kudengar kisah dari abang sulungku tentang ayahku yang bekerja menurunkan koprah dari perahu. (2) Juragan kopra keliru membayar upah ayah. (3) Kelebihan tujuh ribu rupiah. (4) Ayah menitipkan kelebihan uang itu kepada nelayan pulau Batun untuk dikembalikan kepada juragan kopra.
(5) Lama tiada kabar, rupanya sang juragan kopra sudah meninggal. (6) Nelayan Batun memulangkan uang itu kepada ayah. (7) Setelah itu, ayah terus mencari-cari anak saudara juragan itu untuk mengembalikan uangnya. (8) Lebih dari 10 tahun kemudian baru ditemukannya cucu juragan itu. (9) Ayah mengembalikan kepada cucunya uang lama tujuh rupiah yang sudah tak laku lagi itu.

Bukti watak tokoh ayah yang jujur pada kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor.…
A. (1), (2), dan ((3)
B. (3), (4), dan (5)
C. (4), (7), dan (9)
D. (5), (6), dan (7)
E. (6), (7), dan (8)

10. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Tuhan menciptakan tangan seperti tangan adanya, kaki seperti kaki adanya, untuk memudahkan manusia bekerja. (2) Begitu pesan ayah padaku. (3) Kutulis pesan itu di halaman muka buku PMP waktu aku SMP dulu. (4) Aku bodoh, tak tamat SMP, banyak orang kampung bilang aku lugu sekaligus dungu, tapi kata-kata ayah itu membuatku tak pernah malas bekerja kalau memang ada kerjaan. (5) Ayah sendiri selalu bekerja. (6) sejak kecil ayah telah mendulang timah. (7) Ayah pernah menjadi kuli panggul di pelabuhan, pengisi bak truk pasir, penebang pohon kelapa yang mengancam rumah dan penggali sumur. (8) Setelah tak kuat lagi tenaganya, ayah bekerja serabutan di pasar dan sekarang menyandang kas papan berjualan minuman ringan si Stadion Belantik. (9) Namun, ayah bangga karena semua anaknya tamat SMA, kecuali aku. (10) Tiga anak lelakinya bekerja di kantor yang hebat dan anak perempuannya yang cemerlang dari SMA , Azizah, adikku, ranking satu.

Bukti latar waktu dalam kutipan novel tersebut terdapat pada….
A. (1), (2), dan (3)
B. (3), (4), dan (5)
C. (3), (6), dan (8)
D. (6), (7), dan (8)
E. (8), (9), dan (10)

Cermati kutipan novel berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Akan tetapi, semua pintu tertutup. Mencari kerja sudah sulit bagiku sebelum skandal corong TOA, apalagi setelah itu. Aku terhalang reputasi yang buruk dan teradang kata-kata keramat: “SMA atau sederajat”. Namun, halangan reputasi itu paling berat. Ada toko yang dikacanya, ada karton bertuliskan “menerima karyawan” tanpa tambahan kalimat keramat itu. Begitu aku lewat, seseorang lekas-lekas mengembalikan karton itu.
Kuyakin khalayak bahwa aku bukan pencuri, bukan pula anggota mafia geng Granat, tak ada yang percaya. Maka, mencari kerja bagiku sama susahnya dengan .…, dan jarumnya tidak ada. Kini, aku mengerti mengapa Taripol tak pernah berhenti mencuri. Aku juga tahu ada beberapa lagu yang mengisahkan susahnya orang yang terlanjur cemar. Namanya sulit untuk diterima kembali. Namun, semua itu hanya indah saat didendangkan pakai gitar kosong, di perempatan jalan.

1. Keterkaitan isi kutipan novel tersebut dengan kehidupan yang nyata adalah.…
A. mencari pekerjaan sangat sulit
B. pencuri hidupnya selalu susah
C. mengamen bukan pilihan hidup
D. lulusan SMA tidak dihargai
E. karyawan toko harus lulusan SMA

2. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kutipan novel tersebut adalah….
A. air beriak tanda tak dalam
B. mencari jarum dalam lautan
C. menang jadi arang, kalah jadi abu
D. air tenang menghanyutkan
E. tambah air tambah sagu

3. Cermati penggalan artikel berikut!
(1) Belakangan pemerintah memutuskan mengimpor 500 ribu ton beras khusus dari Thailand dan Vietnam untuk menjamin ketersediaan dalam negeri dan sebagai salah satu upaya menekan harga. (2) Beras tersebut rencananya akan mulai masuk akhir Januari 2018. (3) Ini menunjukan, klaim tidak impor dan sudah swasembada beras telah terbantahkan. (4) Faktanya, impor beras terus meningkat dari 0,844 juta ton pada 2014 menjadi 0,862 juta ton pada 2015 dan 1,283 juta ton pada 2016. (5) Pada 2017 hingga bulan April telah diimpor beras 71.000 ton.

Kalimat yang berisi opini pada penggalan artikel tersebut adalah nomor.…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Cermati penggalan artikel untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
(1) Pertumbuhan permintaan pertanian organik (PO) dunia mencapai 15-20% pertahun. (2) Namun, pasar-pasar yang mampu dipenuhi hanya berkisar antara 0,5-2% dari keseluruhan produk pertanian. (3) Meski di Eropa penambahan luas areal PO terus meningkat dari rata-rata dibawah 1% (dari total lahan pertanian) tahun 1987, menjadi 2-7% di tahun 1997 (tertinggi di Austria mencapai 10,12%), (4) Namun, tetap saja belum mampu memenuhi pesatnya permintaan (jolly, 2000). (5) Rupanya, inilah yang memacu permintaan produk PO dari negara-negara berkembang.

4. Ide pokok paragraf tersebut adalah.…
A. Pasar-pasar permintaan pertanian organik (PO)
B. Permintaan produk pertanian organik (PO)
C. Pemacu permintaan produk pertanian organik (PO)
D. Pertumbuhan permintaan pertanian organik (PO)
E. Penambahan luas areal pertanian organik (PO)

5. Kalimat yang berupa pendapat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat.…
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
6. Cermati puisi berikut!
Mamaku

Mamaku…
Ingin ku bertanya
Sebesar apa sayangmu padaku
Sedalam mana cintamu padaku
Seluas apa kasihmu padaku

Mamaku…
Inginku meminta
Ajariku’tuk slalu menyayangimu
Dengan sayang yang kau beri
Untukku …
Ajariku ‘tuk slalu mengingatmu
Dengan segala cerita yang kau beri
Untukku …
Oleh Anonim
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adal;ah .…
A. Puisi tersebut berisi tentang kasih sayang seorang anak kepada ibunya yang telah tiada.
B. Puisi tersebut menggunakan diksi dan rima yang baik sehingga menarik.
C. Pengarang mengubah puisi tersebut yang masih berbentuk puisi lama karena terikat rima.
D. Isi puisi tersebut mengungkapkan perasaan pengarang yang sedang sedih karena ditinggal ibunya.
E. Puisi itu menarik karena menggunakan kata-kata bermakna konotasi.

7. Cermati puisi berikut!

Doa
Tuhan kami
Telah nista kami dalam dosa bersama
Bertahun membangun kultus ini
Dalam pikiran yang ganda
Dan menutupi hati nurani
Ampunilah kami
Ampunilah
Amin

Tuhan kami
Telah terlalu mudah kami
Menggunakan asma-Mu
Bertahun di negeri ini
Semoga
Kau rela menerima kembali
Kami dalam barisan-Mu
Ampunilah kami
Ampunilah Amin
Oleh Taufik Ismail

Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ….
A. Taufik Ismail dalam mengungkapkan pikirannya melalui untaian kata sesuai dengan kehidupannya sehari-hari.
B. Puisi “Doa” yang ditulis Taufik Ismail menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami pembaca.
C. Taufik Ismail merupakan tokoh Angkatan 66 yang sangat produktif dalam menulis puisi yang bertemakan ketuhanan.
D. Puisi-puisi Taufik Ismail banyak berisi kritikan terhadap kepincangan yang terdapat di Negara Indonesia.
E. Doa merupakan puisi Taufik Ismail yang mengungkapkan pengakuan seorang pemimpin yang telah berbuat salah.

8. Cermati penggalan esai novel berikut!
Dalam novel ini dapat dilihat bagaimana seorang Putu Wijaya mengonstruksi dan membuat sebuah alur cerita dengan rapi dan bagaimana penulis menjadikan psikologi tokoh digambarkan secara nyata dengan dialog yang singkat. Namun, menghidupkan suasana dalam novel dan klimaks tersebut tidak mudah. Tapi, Putu Wijaya sukses membuat alur itu menjadi sangat hidup dengan pertikaian yang sebenarnya sangat sederhana. Pertikaian yang muncul adalah masalah yang kompleks dan dapat atau sering kita jumpai dalam masyarakat kita. Dalam novel ini juga dapat diambil beberapa pesan moral yaitu sebuah kejujuran memang sangatlah sulit untuk membuat situasi menjadi biasa. Terkadang kejujuran itu membutuhkan sebuah situasi yang jujur dan mampu menanggung segala risiko dengan baik dari segala perbuatan, sehingga topeng kemunafikan itu pun dapat disingkirkan.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan esai tersebut adalah ….
A. Penokohan digambarkan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sangat kuat.
B. Pertikaian yang terdapat dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” karya Putu Wijaya sangat rumit.
C. Bahasa yang digunakan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sulit dipahami.
D. Alur cerita yang diungkapkan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sangat hidup.
E. Pesan moral yang dapat kita ambil dalam novel Putu Wijaya adalah hindarilah perbuatan yang keji.

9. Orang asing
Interior sebuah rumah kampung di daerah Bumiayu berupa sebuah meja di tengah. Di sebelah kiri meja menghadap ke samping, duduk seorang asing sedang menghabiskan makanannya.
Orang asing: (mendorong kursinya ke belakang dan menghabiskan minumannya). “Enak,enak sekali. Singguh aku rasa, baiklah aku mengaso sekarang. Aku capek sekali habis jalan kaki lewat hutan hutan itu. Alhamdulilah, aku mujur sekali menemukan rumah ini,” katanya.

Tahapan alur pada penggalan drama tersebut menunjukan ….
A. introduksi
B. konflik
C. resolusi
D. klimaks
E. antiklimaks

10. Cuplikan cerita latar tersebut berlatar ….
A. tengah malam
B. perjalanan
C. daerah pemukiman
D. dalam rumah
E. pinggiran kampung

1. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Pulau Pandora, sebuah latar tempat atau sebuah arena permainan tokoh-tokoh rekaan yang diciptakan penulis dengan segala aspek yang melingkupinya berada jauh nun di sana. Terus terang, saya sebagai pembaca memiliki keterbatasan dalam menghadapi novel ini. Saya belum akrab dengan latar dan segala persoalan yag muncul di sana. Hal ini tentu saja akan membawa implikasi tersendiri. Namun, untunglah karya sastra memperlihatkan sisi universalitasnya di samping menunjukkan kekhasan dan keeratannya dengan persoalan-persoalan tempat dilahirkannya karya itu. Dalam konteks itu, saya akan menempatkan diri sebagai orang awam dalam membaca dan menikmati novel ini. Apapun catatan yang saya berikan di sini adalah hasil dari pertemuan langsung saya dengan pulau tanpa cinta.

Penggalan tersebut merupakan bagian struktur kritik sastra yaitu ….
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman
E. simpulan

2. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Keragaman suku bangsa dan etnis yang menjadi tokoh cerita dalam antologi Pramoedya adalah representasi multikulturalisme dan pluralitas masyarakat di Hindia-Belanda pada masa itu. Keragaman suku bangsa itu dapat dilihat dari kehadiran masyarakat pribumi, Tionghoa, Jepang Indo-Belanda, Perancis, Inggris, dan Eropa totok yang digambarkan dengan konsepsi mereka mengenai dunia, sistem nilai, organisasi sosial, sejarah, dan adat istiadat kebiasaan seperti yang disampaikan Parekh (2008) di atas.
Mulai dari Bumi Manusia sampai Rumah Kaca, tokoh dari berbagai etnis suku bangsa silih berganti hadir. Penggambaran tokohnya sangat beragam dan berlapis-lapis. Mulai dari Nyai Ontosoroh sebagai pribumi yang belajar secara otodidak hingga Minke sebagai pribumi yang terdidik secara Eropa, akhirnya menjadi musuh yang harus ditaklukan oleh tuan peradaban Eropa yang memberinya pencerahan dan ilmu pengetahuan. Juga dilematis anak-anak Indo seperti Tobert Mellema, Robert Surhof, dan Annelies merepresentasilan kepribadian yang terbelah dan keagamaan psikologis.

Isi penggalan kritik tersebut adalah ….
A. Tokoh dalam antologi Pramoedya berasal dari beragam suku bangsa dan etnis.
B. Masyarakat pribumi menjadi tokoh utama dalam antologi Pramoedya.
C. Antologi Pramoedya adalah pluralitas masyarakat di Hinda-Belanda.
D. Penggambaran watak tokoh dalam antologi Pramoedya sangat beragam.
E. Tokoh dalam antologi Pramoedya menunjukkan kepribadian bangsa.

3. Cermati penggalan kutib kritik berikut!
Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, dan rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis yang dibawakan oleh Ibu Bandi. Ibu Bandi berwatak tidak mau mengalah/jahat, Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.
Kalimat kritik yang berisi kelebihan isi cerita adalah ….
A. Pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan siapa yang baik.
B. Pengarang menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokonh antagonis.
C. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik dan berpikir kritis.
D. Watak Riri ditampilkan secara sempurna sehingga tampak menarik.
E. Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

4. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Minke yang selama ini sangat berjarak dengan kehidupan petani seperti menghadapi kenyataan lain tentang bangsanya. Ia menemukan sebuah persoalan yang sama sekali baru diketahui dalam hidupnya yakni nasib beribu bahkan puluhan ribu petani seperti Trunodongso yang diperlakukan dengan semena-mena oleh hukun kulit putih Hindia-Belanda. Di sekolah HBS tempat ia menempa ilmu pengetahuan selama ini, ternyata permasalahan kaum tani tidak dibahas dalam mata pelajarannya. Ia menemukan kenyataan pahit mengenai nasib petani tebu seperti Trunodongso yang diperas secara ber;apis tidak hanya oleh orang Eropa, tetapi juga harus menghadapi pribumi seperti, punggawa desa, pangreh praja, dan para priyayi rendah seperti Sastro Kasier.
Unsur teks yang dibahas pada penggalan kritik tersebut adalah.…
A. latar cerita
B. watak tokoh
C. isi cerita
D. alur cerita
E. sudut pandang

5. Cermati kutipan esai novel berikut!
Barangkali ada benarnya STA menyebut Belenggu karya Armijn Pane sebagai “romantika gelap-gulita,” sebab membaca Belenggu mungkin dapat melemparkan pembaca pada kondisi kekosongan jiwa yang labil. Namun, realitas Tono, Tini, dan Yah itu memang beranjak dari realitas faktual. Seperti kata Jassin, betapa pun hendak masyarakat mengelakkannya. Tidak berlaku hanya pada masa-masa itu saja, saya kira, bersepakat dengan sastrawan Radhar Panca Dahana (2008), saat mengatakan roman Belenggu menyodorkan realitas manusia Indonesia yang sebenarnya dibelenggu oleh dirinya sendiri. Kita masih mudah menyaksikannya di sekitar kita, jiwa yang sempit, pikiran yang kerdil, imajinasi yang pendek. Hingga zaman berlari kencang seperti sekarang ini, Belenggu “Tono-Tini-Yah” itu ternyata masih ada. Belum lerai juga bila bukan kian sengit dan kuat keberadaannya. Sebab, makin tampak samar dan wajar saja semua belenggu itu kini kita dapati.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ….
A. Belenggu berisikan kehidupan seorang dokter yang tergoda oleh seorang wanita lain sesuai dengan kehidupan.
B. Belenggu berisikan realitas kehidupan manusia Indonesia yang berjiwa sempit dan berpikiran kerdil.
C. Penokohan yang kuat dan menarik yang diperankan oleh Tono, Tini, dan Yah dalam roman Belenggu.
D. Latar dan kondisi yang diungkapkan dalam roman Belenggu karya Armijn Pane kurang sesuai dengan kehidupan.
E. Penokohan roman Belenggu karya Armijn Pane yang diungkapkan pengarang samar dan tidak wajar.

6. Bacalah ilustrasi penulisan kritik sastra berikut dengan cermat!
Judul novel : Anak Bajang Menggiring Angin
Pengarang : Sindhunata
Ilustrasi kritik :
1. Penggunaan bahasa cenderung dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya Jawa.
2. Gaya penceritaan pengarang sangat menarik.
3. Membahas Ramayana dari sudut pandang yang berbeda.
4. Menonjolkan nilai-nilai psikologis yang sarat dengan kajian budaya.

Tulislah sebuah paragraf kritik sastra berdasarkan ilustrasi di atas. Panjang tulisan kritik 10-15 kalimat!

1. Cermati kutipan novel sejarah berikut!
Bekel Gajah Mada adalah seorang pemuda yang bertubuh kekar. Badan dan pikirannya amat sehat, seorang prajurit muda yang memiliki kelebihan khusus dibanding prajurit yang lain, bukan saja kemampuan bela diri yang dikuasainya, tetapi juga kecerdasan yang bisa dipergunakan untuk menghadapi keadaan rumit sekaligus memecahkannya. Itulah sebabnya meski Gajah Mada belum terlampau lama menduduki pangkat bekel, telah mendapatkan kepercayaan untuk memimpin pasukan khusus. Pasukan yang kecil saja, tetapi memiliki kemampuan luar biasa. Pasukan itu diberi nama Bhayangkara.
Watak Gajah Mada yang cerdas dideskripsikan oleh pengarang ….
A. secara langsung
B. tanggapan tokoh lain
C. dialog antartokoh
D. pikiran-pikiran tokoh
E. perilaku tokoh

2. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ….
A. Percayakan kepemimpinan kepada orang yang piawai dalam berbagai hal.
B. Janganlah memberikan kepercayaan untuk memimpin sesuatu kepada yang lemah.
C. Yang kuat janganlah menindas yang lemah.
D. Janganlah berbangga diri atas kekuatan diri sendiri dan segala kelebihan yang dimiliki.
E. Gunakanlah kecerdasan untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat.

3. Cermati kutipan novel sejarah berikut!
Segenap prajurit Bhayangkara itu merasa heran melihat Bekel Gajah Mada telah mengenakan lencana khusus milik Mahapatih Tadah. “Besok pagi saat matahari terbit, ada orang gila yang akan melakukan pemberontakan!” Berkata Bekel Gajah Mada tanpa basa-basi.
Gempar segenap pasukan Bhayangkara yang ada. Mereka saling pandang. Perhatian mereka kemudian terpusat pada Bekel Gajah Mada. “Dalam beberapa hari ini, ada pihak tak dikenal telah menghubungiku, memberitahu kemungkinan buruk bakal adanya tindakan pemberontakan terhadap kekuasaan Tuanku Sri Jayanegara. Mahapatih Arya Tadah memberiku kekuasaan untuk menghadapi keadaan ini. itu sebabnya lencana ini ada ditanganku.”
Konflik yang tergambar dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Kemarahan Bhayangkara terhadap Mahapatih Tadah yang akan melakukan pemberontakan.
B. Kebingungan Gajah Mada mengenai adanya pemeberontakan kekuasaan Tuanku Sri Jayanegara.
C. Keheranan Bhayangkara melihat Bekel Gajah Mada memakai lencana milik Mapatih Tadah.
D. Kemarahan Mahapatih Arya Tadah terhadap Gajah Mada yang melakukan pemberontakan.
E. Kekhawatiran prajurit akan terjadi pemberontakan yang kemungkinan buruk akan terjadi.
4. Cermati kutipan novel sejarah berikut!
(1) Bekel Gajah Mada kurang senang pada pertanyaan itu. (2) Sebaliknya, Gagak Bongol yang berada tidak jauh dari tempat itu berada dalam kesiagaan tertinggi. (3) Tangan kanannya tetap melekat di gagang pedang. (4) Gagak Bongol telah sampai pada sebuah simpulan, jika ternyata Banyak Sora terlibat dalam rencana makar dan kemudian menjebak Bekel Gajah Mada, ia akan mengamuk sejadi-jadinya. (5) Serangan dadakan yang dilakukan Gagak Bongol diharapkan mampu membenamkan Tumenggung Banyak Sora ke pintu gerbang kematian.
Pronomina orang kedua pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat bernomor….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

5. Cermati kutipan novel sejarah berikut!
(1) Kecemasan yang sama menyeruak ke segenap penduduk di Kotaraja Majapahit. (2) Pagi itu benar menjadi pagi yang disengat halilintar, saat tak ada mendung dan langit sangat bersih. (3) Di sisi lain, suara bende Samudra yang menggetarkan pagi itu juga menggetarkan isi dada Sri Jayanegara. (4) Ketika bende itu mulai terdengar, serasa jantungnya ikut bergetar. (5) Seketika Jayanegara gelisah. (6) Pewaris tahta Majapahit itu mondar-mandir di dalam bilik-biliknya. (7) Namun, rasa penasaran tertahan lagi. (8) Jayanegara bergegas keluar.

Konjungsi temporal pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
E. (6) dan (7)

6. Cermati kutipan editorial berikut!
(1) Mencegah lebih baik daripada mengobati. (2) Peribahasa itu masih relevan hingga saat ini, terutama ditengah semakin dahsyatnya eksploitasi manusia terhadap bumi. (3) Penduduk dunia yang bertumbuh signifikan, termasuk di Indonesia, tentu harus diimbangi dengan ketersediaan makanan, tempat tinggal, dan juga pembukaan lapangan kerja. (4) Untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang ditunjang kecanggihan teknologi ciptaan manusia menyebabkan eksploitasi alam semakin menggila. (5) Akibatnya, lingkungan pun rusak dan cuaca semakin tidak bersahabat dan berbagai jenis bencana pun melanda umat manusia.
Pernyataan yang sesuai dengan kutipan tersebut dengan bukti yang tepat dalam paragraf adalah ….
A. Argumentasi dengan bukti pada kalimat bernomor (1).
B. Pernyataan pendapat editorial dengan bukti pada kalimat bernomor (2).
C. Pernyataan pendapat editorial dengan bukti pada kalimat bernomor (3).
D. Penegasan ulang pendapat dengan bukti pada kalimat bernomor (4).
E. Penegasan ulang pendapat dengan bukti pada kalimat bernomor (5).

7. Cermati kutipan editorial berikut!
Ketika alam masih asri dan ekosistem terjaga dengan baik, dampak buruk bencana alam bisa diredam. Namun, tatkala keseimbangan mulai terganggu, bencana alam menjadi semakin menakutkan dan menimbulkan kerusakan luar biasa. Hal itulah yang terjadi saat tsunami melanda Aceh pada 2004. Ribuan korban meninggal dunia dan kerusakan yang maha dahsyat terjadi di sana. Namun, ada satu pelajaran berharga yang bisa dipetik tatkala seorang anak bernama Martunis selamat dari terjangan gelombang pasang karena tersangkut di pohon bakau (Manggrove).
Pemandangan menakjubkan itulah yang membuat bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memberi perhatian pada sang bocah dan juga pohon Mangrove. Tidak heran, ketika Ronaldo didaulat menjadi “Duta Mangrove Bali” oleh pendiri Yayasan Artha Graha Peduli, Tomy Winata, dengan senang hati diterimanya. Kini, sang bintang terus mengumandangkan tagline “Save Mangrove, Save Earth.”
Kalimat yang berisi fakta pendukung argumentasi pada kedua paragraf tersebut ….
A. Ketika alam masih asri da ekosistem terjaga dengan baik, dampak buruk bencana alam dapat diredam.
B. Tatkala keseimbangan mulai terganggu, bencana alam menjadi semakin menakutkan dan menimbulkan kerusakan luar biasa.
C. Ada suatu pelajaran berharga yang bisa dipetik, tatkala Martunis selamat dari terjangan gelombang karena tersangkut pohon.
D. Bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memberi perhatian kepada sang bocah dan juga pohon Mangrove.
E. Kini, bintang sepakbola Real Madrid, Cristiano Ronaldo terus mengumandangkan tagline “Save Mangrove, Save Earth.”

8. Cermati kutipan editorial tersebut!
Celakanya, berbagai bencana yang melanda akibat kerusakan lingkungan belum sepenuhnya mampu menyadarkan kita, pejabat pemerintah daerah, dan para pengusaha, dan “orang-orang yang rakus.” Mereka telah menjadi raja-raja kecil di daerah malah kembali mengobral izin pembukaan hutan bagi perkebunan sawit. Persoalannya, tidak semua perusahaan sawit menerapkan zero burning policy dan tidak peduli pada lingkungan sekitar. Tidak heran bila belakangan ini bencana asap mulai melanda wilayah Sumatra dan Kalimantan, sekaligus menyebar ke negara tetangga Singapura dan Malaysia, bahkan Thailand.
Informasi yang terdapat pada kutipan editorial tersebut adalah…
A. Tidak semua perusahaan sawit peduli terhadap keselamatan lingkungan.
B. Sulit mendapatkan perizinan pembukaan hutan untuk perkebunan sawit.
C. Masyarakat telah sadar akan kerusakan lingkungan yang telah terjadi.
D. Perusahaan telah perusahaan sawit menerapkan zero burning policy.
E. Pengelolaan hutan dikuasai oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan.

9. Cermati kutipan editorial berikut untuk menjawab soal nomor 9-11.
(1) sering dilakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah, baik ke saluran air maupun ke sungai. (2) Poin ini adalah langkah preventif. (3) Membuang sampah ke aliran sungai jelas akan menambah beban sungai yang sudah mengalami problem berat sedimentasi. (4) Jika masyarakat tidak mengubah ini, pemerintah provinsi serta kabupaten/kota dari tahun ke tahun akan selalu disibukkan dengan pembersihan sungai dan drainase dari sampah. (5) Padahal, seharusnya pemerintah vokus mengerahkan tenaga-tenaga untuk pengurukan. (6) konsep di beberapa daerah yang menempatkan sungai sebagai halaman depan alih-alih halaman belakang sangat berguna untuk membangun kesadaran masyarakat. (7) Bagaimanapun orang ingin halaman depan asri.
Opini editorial/penulis pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (6) dan (7)

10. Makna istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut yang tidak tepat adalah nomor ….
A. (2) mencegah
B. (3) pengendapan
C. (4) saluran
D. (5) khusus
E. (7) indah

1. Bacalah teks prosedur berikut!
1. Kocoklah telur bersama dengan gula pasir hingga campuran bahan mengental.
2. Kemudian, masukkan tepung terigu, tepung kanji dan soda kue.
3. ….
4. Siapkan cetakan kue cubit dan panaskan dengan api sedang. Olesi cetakan dengan margarin, lalu tuangkan adonan kue ke dalam cetakan.
5. ….
6. Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut, lalu tutup kembali hingga kue matang. Jika sudah matang, angkat kue dari cetakan. Kue siap disajikan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada langkah (3) dan (5) petunjuk tersebut adalah .…

A. 3) Kocok bahan tersebut dengan kecepatan rendah, selanjutnya tambahkan air dan margarin, lalu aduk-aduk kembali hingga rata.
5) Tutuplah cetakan beberapa saat dan biarkan hingga setengah matang.
B. 3) Kocok bahan tersebut dengan kecepatan rendah, selanjutnya tambahkan air dan margarin, lalu aduk-aduk kembali hingga rata.
5) Aduk-aduk adonan tersebut hingga rata, lalu diamkan adonan selama 25 menit.
C. 3) Aduk-aduk adonan tersebut hingga rata, lalu diamkan adonan selama 35 menit.
5) Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula.
D. 3) Masukan adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi dengan minyak hingga penuh.
5) Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut, lalu tutup kembali hingga kue matang.
E. 3) Jika sudah merkah dan matang segeralah angkat dan dinginkan beberapa saat.
5) Taburi kue dengan bahan taburan meises dan keju parut, lalu tutup kembali hingga kue matang.
2. Bacalah penggalan teks cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3.

“Apa yang harus kulakukan?” ratap Andi.
“Benihku tidak tumbuh. Potku masih kosong! Mungkin lebih baik, aku tidak usah ke sekolah,” ucap Aldi lemah.
“Kamu telah berusaha sebisa kamu dan telah mengerahkan seluruh kemampuanmu. Yang penting kamu jujur,” hibur ayah Aldi.
“Ayahmu benar, Nak. Bawalah pot kosongmu ke sekolah. Apapun keputusan kepala sekolah, kamu harus terima karena itu adalah keputusan yang seadil-adilnya,” ucap ibunya.

Nilai yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut adalah….
A. nilai sosial
B. nilai agama
C. nilai pendidikan
D. nilai moral
E. nilai budaya

3. Tokoh utama yang terdapat dalam cerpen di atas adalah .…
A. ibu
B. ayah
C. kepala sekolah
D. aku
E. Aldi

4. Perhatikan kalimat berikut!
Bersihkan singkong dari kulitnya. Kemudian cuci bersih singkong yang sudah dikupas dan potong-potong singkong seukuran jari telunjuk.

Unsur bahasa yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah.…
A. konjungsi
B. kata kerja
C. imperatif
D. retoris
E. persuasif

5. Kalimat yang termasuk ke dalam pendahuluan dalam sebuah teks prosedur berikut ini adalah .…
A. Gunakan pisau yang tajam dan bersih.
B. Mencangkok adalah cara paling mudah dalam mengembangbiakkan pohon mangga.
C. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat surat elektronik.
D. Kupas bagian kulitnya sampai bersih.
E. Potong bagian dalam secara rata.

6. Bacalah kalimat berikut!

Bungkus tanah tersebut dengan menggunakan plastik atau dengan menggunakan serabut kelapa dan ikat pada kedua ujungnya agar tanah tidak terjatuh.

Unsur bahasa yang dicetak miring pada kalimat adalah .…
A. konjungsi
B. kata kerja
C. imperatif
D. retoris
E. persuasif

7. Bacalah cuplikan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 7-10!
Kilau matahari mulai agak menguning, beranjak karam ke rimbun pohon siwalan. Sapi-sapi jantan masih memamah rumput, sesekali berbunyi di antara gemulai ilalang yang sedang digetar angin. Pikiran Risto semakin dalam ketika ia diamati otot kekar sapi-sapi itu. Ia berpikir sapi karapan sejak masih pe’empe’ sudah dibiasakan menghadapi rintangan agar ia tangguh menghadapi persaingan. Pe’empe calon sapi karapan biasanya dilatih di pantai. Dihalau untuk berlari memecah ombak yang berkecamuk agar kakinya kuat dan kecepatan larinya semakin akurat. Ia harus dicekok jamu yang tentu pahit.
Risto kini berpikir bahwa nasib dirinya yang getir barangkali adalah cara Tuhan melatih penuh kasih. Sebagaimana sapi karapan, ia sedang dilatih agar tumbuh menjadi orang yang tangguh. Demikian pikirnya.
Seketika itu tumbuh keinginan dirinya menjadi tokang tongko’ karena ia merasa ada gen dari sang ayah yang memungkinkan ia bisa menjadi pemicu sapi paling hebat. Lagi pula ia berpikir bahwa karapan sapi adalah ajang menempa diri, menguji nyali dan ia merasa karapan sapi juga tamsil dari kehidupan ini, di mana di dalamnya penuh dengan persaingan, sorak-sorai, waktu permainan yang tidak biasa dinego, ajang mencari nafkah, promo sapi dan tentu juga tempat mantra doa diasah seampuh-ampuhnya.
Risto berpikir, dulu ayahnya berani menjadi tokang tongko’ sebenarnya bukan semata menjunjung nilai budaya. Lebih dari itu, ia sambil berusaha mencari nafkah demi menghidupi keluarganya. Uang lima ribu untuk sekali pacuan waktu itu cukup menggembirakan bagi tokang tongko’ hingga mereka tak berpikir kemungkinan buruk apa yang terjadi.
Risto semakin menatap untuk mengikuti langkah ayahnya untuk menjadi tokang tongko’. Ia mulai membujuk ibunya dan berlatih diam-diam di lapangan kecamatan setiap minggu pagi. Tujuan dari ia menjadi tokang tongko’ tidak lain demi membantu ibunya. Dengan karapan sapi ia biasa mengambil nilai filosofi bahwa gejolak kehidupan yang penuh persaingan hanya bisa dilintasi oleh orang yang berani mengambil risiko dan berani memacu dirinya sendiri. Tapi, ibunya tak langsung mengizinkan ketika Risto pamit dan mohon restu, ia masih trauma dengan karapan sapi setelah suaminya meninggal.

8. Kalimat yang menunjukkan latar waktu pada cuplikan cerpen tersebut adalah .…
A. Risto semakin mantap untuk mengikuti langkah ayahnya menjadi tokang tongko.’
B. Kilau matahari mulai agak menguning, beranjak karam ke rimbun pohon siwalan.
C. Risto kini berpikir bahwa nasib dirinya yang getir barangkali adalah cara Tuhan melatih penuh kasih.
D. Sebagaimana sapi karapan, ia sedang dilatih agar tumbuh menjadi orang yang tangguh, demikian pikirnya.
E. Ia juga harus dicekok jamu yang tentu pahit.

9. Tema yang terdapat dalam cerpen tersebut adalah .…
A. Pekerjaan Risto sebagai seorang peternak sapi.
B. Pekerjaan Risto sebagai pawang hujan.
C. Risto sebagai seorang pawang karapan sapi di Madura.
D. Kasih sayang Risto kepada ayahnya.
E. Risto yang meneruskan profesi ayahnya.

10. Amanat yang terdapat dalam cerpen tersebut adalah .…
A. Gejolak hidup yang penuh persaingan hanya bisa dilintasi oleh orang yang berani mengambil risiko dan berani memacu dirinya sendiri.
B. Lagi pula ia berpikir bahwa karapan sapi adalah ajang menempa diri, menguji nyali dan ia merasa karapan sapi juga tamsil dari kehidupan ini, di mana di dalamnya penuh dengan persaingan, sorak-sorai, waktu permainan yang tidak biasa dinego, ajang mencari nafkah, promo sapi dan tentu juga tempat mantra doa diasah seampuh-ampuhnya.
C. Kita sebagai manusia harus berprasangka baik kepada sang Pencipta.
D. Memperkenalkan kebudayaan karapan sapi dari Madura.
E. Menghargai usaha orang lain dan menghargai budaya, pamit dan memohon restu pada orang terhadap apa yang hendak kita lakukan.

1. Bacalah teks karya ilmiah berikut!
Di Indonesia, pengaruh televisi sudah demikian kuat menyatu dengan keseharian masyarakat. Data Bank Dunia 2004 menunjukkan, ada 65 persen lebih rumah tangga pemilik televisi di Indonesia. Bentuk media audio visual yang menarik dan lengkap dari si “tabung ajaib” menjadikan ia lebih digandrungi dibandingkan dengan produk budaya lain, seperti buku. Karena hiburan yang disajikan mampu menarik mayoritas penduduk menekuni tayangan televisi dalam kegiatannya sehari-hari.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari karya ilmiah, yaitu ….
A. latar belakang
B. tujuan penelitian
C. manfaat penelitian
D. deskripsi penelitian
E. penutup

2. Bacalah teks karya ilmiah berikut!
Identitas merupakan suatu persoalan yang penting dan hangat dibicarakan dalam bidang kesusastraan dan kajian budaya. Menurut Linda Martin Alcoff (2000:324), sejak hampir dua dekade yang lalu, identitas menjadi topik utama yang sering difokuskan dan diperdebatkan dalam kajian psikoanalitik, pascastrukturalis, dan juga pascakolonial. Jika kita hanya merujuk kepada bidang pascakolonial, persoalan identitas ini memang merupakan suatu kasus yang mendasar kepada negara-negara bekas tanah jajahan (seperti Indonesia pada masa Hindia Belanda). Apalagi, jika penjajahan oleh kuasa asing itu berlangsung terlalu lama.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari karya ilmiah, yaitu pada bagian ….
A. latar belakang
B. tujuan penelitian
C. manfaat penelitian
D. deskripsi penelitian
E. penutup

Cermatilah kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!

IBU
Hanyalah seorang gadis biasa. Apalagi sekarang ini keadaan kita susah? Kita tidak Di h dicari lagi, Narto? Adik kau Mintarsih apakah masih punya uang di rumah? Sebentar hari lagi uang simpananku yang terakhir pun akan habis pula.

GUNARTO (Diam Berpikir, Kemudian kesal)

Semua ini adalah karena ulah Ayah! Hingga Mintarsih harus menderita pula! Sejak kecil Mintarsih sudah merasakan pahit getirnya kehidupan. Tapi, kita harus mengatasi kesulitan ini, Bu! Harus! Ini kewajibanku sebagai abangnya, aku harus lebih keras lagi berusaha! (Hening Sejenak Pause. Lalu bicara kepada dirinya sendiri). Kalau saja aku punya uang sejuta saja ….

3. Watak Gunarto jika dilihat dari cuplikan dialog tersebut adalah ….
A. keras dan pendendam
B. lemah dan pendendam
C. kuat dan sabar
D. tanggung jawab dan sopan
E. penyayang dan penuh perhatian

4. Pada isi teks dialog tersebut terdapat unsur yang membangun teks dialog yang mempunyai tujuan sebagai petunjuk kepada pembaca, yaitu ….
A. tema
B. amanat
C. petunjuk teknis
D. tokoh
E. penokohan

5. Bacalah teks berikut!
Musyawarah seluruh kepala sekolah SMA tingkat Kabupaten Bandung akan membentuk pengurus baru periode 2017-2018. Untuk itu, sekretaris dalam musyawarah tersebut menyusun proposal untuk perizinan Bupati Kabupaten Bandung.

Tujuan proposal yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Membentuk dan mengaktifkan kembali musyawarah kepala sekolah tingkat Kabupaten Bandung.
B.Menyusun program kerja seluruh kepala sekolah SMA tingkat Kabupaten Bandung periode 2017-2018.
C. Menampung kreativitas kepala sekolah yang akan dibentuk pengurus baru.
D. Kegiatan tersebut untuk membentuk pengurus baru musyawarah seluruh kepala sekolah SMA tingkat Kabupaten Bandung periode 2017-2018.
E. Kegiatan tersebut mempererat silaturahmi seluruh kepala sekolah.

6. Bacalah teks berikut!
Sponsor yang telah membayar uang muka yang telah disepakati tidak dapat mengambil kembali uang muka tersebut jika mengundurkan diri.

Teks tersebut merupakan proposal sponsorship pada bagian ….
A. pelaksanaan
B. penawaran sponsorship
C. ketentuan sponsorship
D. penutup
E. surat kesediaan

7. Bacalah teks berikut!
Buku ini berjumlah 240 halaman, bersampul dominan warna putih, dan terdapat 8 bab di dalamnya. Setiap bab disertai dengan penguatan karakter serta kata-kata mutiara yang menginspirasi. Tema pada Bab 1-3 membahas mengenai (potensi diri), Bab 4 membahas tentang (optimalisasi kinerja), Bab 5 membahas tentang (keluar dari zona nyaman), Bab 6-7 membahas tentang (kunci sukses sebuah relasi), dan pada bab terakhir membahas tentang (keajaiban silaturahmi dan doa). Intisari keseluruhan buku terdapat pada refleksi di bagian akhir buku.

Kutipan resensi tersebut memaparkan bagian ….
A. identitas buku
B. ikhtisar buku
C. awalan buku
D. penilaian buku
E. kesimpulan buku

8. Bacalah teks berikut!
Buku ini menyediakan dua pengetahuan tadi. Ditulis oleh seorang wartawan pertanian yang sangat berpengalaman. Penting dibaca oleh siapa saja yang peduli dengan kesehatan. Di buku ini juga dicantumkan 94 daftar jenis tanaman obat yang berkhasiat dan cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Buku ini juga sudah menjelaskan dengan bagus hal-hal apa saja yang dibutuhkan jika kita ingin membuat apotek hidup secara rinci.

Kutipan dari resensi buku tersebut membahas mengenai ….
A. pola menjaga kesehatan
B. menjadi petani berpengalaman
C. membuat kebun tanaman obat
D. jenis-jenis tanaman obat
E. pentingnya menjaga kesehatan

9. Bacalah rancangan karya ilmiah berikut!
Topik : Banjir
Tema : Penanggulan banjir
Rumusan masalah : Upaya apa yang harus dilakukan agar masyarakat Kota Lampung tidak terkena banjir.
Tujuan Penelitian : Memperoleh cara yang tepat untuk menanggulangi banjir di Kota Lampung.

Judul yang tepat untuk rancangan karya ilmiah tersebut, yaitu ….
A. Banjir di Kota Lampung
B. Cara Penanggulangan Banjir
C. Alternatif Penanggulangan Banjir di Kota Lampung
D. Air Menggenang di Kota Lampung
E. Kota Lampung terkena Banjir Bandang

10. Bacalah teks karya ilmiah berikut!
Ada beberapa vaksin awal yang sifatnya adalah aman untuk jangka waktu tertentu setelah itu akan menimbulkan efek samping. Karena itu ada bentuk Vaksin-2. Vaksin-3, Vaksin-4, dan seterusnya karena selain memperpanjang usia, vaksin juga berguna untuk menghilangkan efek samping dari vaksin yang ada sebelumnya. Dan ini adalah salah satu bahayanya jika anak Anda tidak diberi imunisasi yang lengkap. yang sering kali tidak diketahui oleh para orangtua.

Judul yang tepat untuk kutipan karya ilmiah tersebut, yaitu ….
A. Dampak dar Imunisasi Tidak
B. Dampak Imunisasi
C. Macam-macam Vaksin
D. Efek Samping Imunisasi
E. Vaksin dapat Memperpanjang Usia

1. Cermatilah iklan lowongan kerja berikut!
Dibutuhkan:
Tenaga analis Kimia
Syarat:
• Pendidikan S-1 Kimia
• IPK minimal 3.5
• Usia maksimal 35 tahun
• Pengalaman minimal 3 tahun sebagai analisis kimia
Kirimkan lamaran Anda ke:
Jalan Raden Darusalam 27, Jakarta Barat

Surat kabar Nusantara, 20 Desember 2018

Pembuka surat lamaran kerja yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ….
A. Saya, Risa Nurlina, bermaksud mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini saya lampirkan dokumen-dokumen sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.
B. Sehubungan dengan iklan lowongan kerja yang dimuat di surat kabar Nusantara pada 20 Desember 2018, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga analis kimia diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
C. Berdasarkan persyaratan dalam iklan lowongan kerja, saya merasa dapat memenuhi persyaratan tersebut. Dengan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan tersebut.
D. Saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan yang dimuat di surat kabar Nusantara pada tanggal 20 Desember 2017.
E. Dalam Surat Kabar Nusantara, saya membaca lowongan kerja sebagai tenaga analis kimia. Oleh karena itu, saya melamar pekerjaan tersebut.

2. Cermati penulisan kutipan surat lamaran pekerjaan berikut:

Perbaikan penulisan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut yang tepat adalah bagian bernomor ..
A. (1) membuang tanda baca koma setelah Bandung sehingga menjadi Bandung 12 November 2017
B. (2) awal kedua kata dengan huruf kapital sehingga menjadi Satu Berkas
C. (3) kata pertama diawali dengan huruf kapital sehingga menjadi Lamaran Kerja
D. (4) singkatan PT diberi titik sehingga menjadi P.T.
E. (5) Jln. Tidak disingkat sehingga menjadi Jalan

3. Cermati ilustrasi berikut!

Penulisan yang benar pemberian identitas diri pelamar pada surat lamaran pekerjaan adalah ….
A. Nama : Sinta Rakasiwi, SE.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 februari 1992
Alamat : Jln. cendrawasih no.58 Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

B. nama : Sinta Rakasiwi,S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : Jln. Cendrawasih no.58,Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

C. nama : Sinta Rakasiwi, S.E.
tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
alamat : Jalan Cendrawasih 58, Surabaya
pendidikan Terakhir :Sarjana Ekonomi,Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta

D. Nama : Sinta Rakasiwi S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : jalan cendrawasih 58 surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

E. Nama : Sinta Rakasiwi,S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : Jalan Cendrawasih no.58 Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

4. Cermati kutipan kalimat surat lamaran kerja berikut!

Pengubahan kalimat tersebut agar menjadi persuasif yang santun adalah ….
A. Hendaklah kiranya Bapak/Ibu luangkan waktu untuk keperluan wawancara terhadap diri saya.
B. Saya hanya berharap bapak/Ibu hendaklah meluangkan waktu untuk keperluan saya berwawancara.
C. Sebaiknya Bapak/Ibu mewawancarai saya terlebih dahulu agar lebih mengetahui saya sebelum memutuskan menerima.
D. Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara untuk saya.
E. Baiknya Bapak/Ibu terlebih dahulu menyediakan waktu sedikit saja untuk mewawancarai saya.

5. Cermati penggunaan ejaan pada kutipan unsur surat lamaran pekerjaan berikut.

Penggunaan kata yang tidak tepat pada kualifikasi pelamar tersebut terdapat pada nomor….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

. 6. Perbaikan yang tepat untuk kalimat kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ….
A. Atas perhatian perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
B. Atas perhatian Bapak/Ibu, sebelum dan sesudahnya, diucapkan terima kasih.
C. Tidak lupa saya mengucapkan beribu terima atas perhatian Bapak/Ibu.
D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.
E. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatiannya.

7. Perbaikan kutipan kalimat surat lamaran tersebut agar efektif adalah ….
A. Yang mana sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan dari beberapa persyaratan yang Bapak/Ibu minta.
B. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama surat ini saya lampirkan kualifikasi yang saya miliki.
C. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, dengan ini saya lampirkan dari persyaratan yang diminta.
D. Di mana sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersana ini saya lampirkan persyaratan tersebut.
E. Beberapa persyaratan yang Bapak/Ibu minta, saya lampirkan dengan surat lamaran yang saya tulis ini.

8. Cermati penulisan kutipan iklan pada kalimat berikut!

Kirimkan surat lamaran ke:
C.V. titian gantung
Jln. Kemandoran No 41 bekasi selatan 17148
Perbaikan penulisan ejaan dan tanda baca pada kalimat iklan tersebut adalah ….
A. Kirimkan surat lamaran ke C.V Titian Gantung
Jln. Kemandoran, No 41 Bekasi selatan 17148
B. Kirimkan surat lamaran ke C.V Titian Gantung
Jalan Kemandoran No 41 Bekasi selatan 17148.
C. Kirimkan surat lamaran ke CV. Titian Gantung
Jln. Kemandoran No 41, Bekasi selatan 17148
D. Kirimkan surat lamaran ke CV Titian Gantung
Jalan Kemandoran 41, Bekasi Selatan 17148
E. Kirimkan surat lamaran ke C.V Titian Gantung
Jln. Kemandoran 41, Bekasi Selatan 17148

9. Cermati penulisan kutipan surat lamaran kerja berikut!
Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain Anda dapat menanyakan langsung ke Bapak Marzuki, MM di nomor telepon 08118424977
Perbaikan penulisan pada kalimat tersebut adalah ….
A. Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain, Anda dapat menanyakan langsung ke Bapak Marzuki, MM di nomor telepon 08118424977
B. Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain Anda dapat menanyakan langsung ke bapak Marzuki, M.M. di nomor telepon 08118424977
C. Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain, Anda dapat menanyakan langsung ke bapak Marzuki, MM. di nomor telepon 08118424977
D. Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain, Anda dapat menanyakan langsung ke Bapak Marzuki, M.M. di nomor telepon 08118424977
E. Hal-hal yang berhubungan dengan berbagai persyaratan-persyaratan dan lain-lain, Anda dapat menanyakan langsung ke bapak marzuki, MM di nomor telepon 08118424977

10. Perhatikanlah kutipan kalimat surat berikut!
(1) rincian persyaratan yang harus (2) disiapkan, antara lain: (3) akta kelahiran (4) fotokopi KTP, dan fotokopi (5) ijasah untuk melengkapi pengisian (6) formulir.

Kata tidak baku pada kalimat tersebut adalah nomor ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)

1. Kegiatan pelatihan kepemimpinan siswa SMA Kasih Bunda 3 akan dilaksanakan pada hari sabtu 11 Januari 2011 pukul 15.00 Wib di aula sekolah.

Dalam proposal, bagian tersebut termasuk ke dalam bagian ….
A. penyelengaraan kegiatan
B. sarana kegiatan
C. waktu dan tempat kegiatan
D. komponen kegiatan
E. prosedur kegiatan

2. Berikut ini hal yang tidak perlu dicantumkan dalam proposal penyelenggaraan lomba peringatan Kemerdekaan ….
A. format notula
B. anggaran biaya
C. latar belakang
D. panitia
E. tujuan

3. Cermati kalimat berikut,
Adapun tujuan kegiatan dilaksanakannya acara ini adalah:
1. Mempererat tali silaturahmi antarsesama siswa-siswi kelas XII SMA Merdeka.
2. Memupuk semangat untuk bekerja sama dalam satu tujuan.
3. Meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni.
4. Sebagai sarana hiburan bagi siswa.

Jika dilihat dan tujuan kegiatan tersebut, judul proposal yang tepat sesuai dengan tujuan tersebut adalah ….
A. Pelaksanaan Pentas Seni dalam Rangka Perpisahan Siswa-siswi kelas XII SMA Merdeka
B. Pentas Seni Perpisahan Siswa–siswi SMA Merdeka .
C. Proposal Pelaksanaan Pentas Seni dalam Rangka Perpisahan Siswa–siswi Kelas XII SMA Merdeka
D. Proposal Pentas Seni Perpisahan Siswa – Siswi SMA Merdeka
E. Proposal Pentas Perpisahan SMA Merdeka

4. Bacalah paragraf berikut!
Latar Belakang

Usaha adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk lebih baik. Suatu badan usaha yang kita jalankan dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang semaksimal mungkin, kita menyelenggarakan usaha yang bermanfaat dan menguntungkan dalam kesejahteraan hidup. Selain itu, dalam menjalankan usaha harus mengikuti hukum-hukum ekonomi yang rasional serta norma-norma kebiasaan dalam dunia usaha sehingga dapat membantu pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah.

Jika dilihat dari latar belakang, proposal tersebut termasuk ke dalam jenis proposal….
A. penelitian
B. karya ilmiah
C. proyek
D. usaha
E. kegiatan

5. Berikut ini merupakan sistematika dari proposal usaha, kecuali ….
A. jenis usaha
B. analisis swot
C. faktor penghambat dan pendukung
D. Teknik penggalangan dana
E. Teknik pelanggan

Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.
Sahabat Sejati

Suatu ketika di saat keadilan sudah menjadi kata yang punah. Sedang diadakannya ujian semester. Adi dan Banu duduk sebangku. Sita dan Dini duduk sebangku di depannya, sedangkan Budi duduk sendiri di samping Banu. Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah Matematika, semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara 5 sekawan. Adi, Budi, Banu, Sita dan Dini.
Banu : “Din, aku minta jawahan soal nomor 5 dan 6!”
Dini : “A dan C”.
Sita : “Kalau soal nornor 10, 11, dan 15 jawabannya apa, Ban’?
Banu : “10 A, 11 D, nomor 15 aku belum”
Adi :”Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar”.
Sita :”Soalnya sulit sekali masih banyak yang belum aku kerjakan”.
Mereka berempat saling contek-mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat santai dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

6. Latar waktu yang terdapat pada kutipan dialog tersebut adalah ….
A. siang hari
B. pagi hari
C. sore hari
D. malam hari
E. petang hari

7. Amanat yang terkandung dalam kutipan dialog tersebut adalah ….
A. sesulit apapun dalam mengerjakan soal ujian tidak boleh saling mencontek
B. tidak boleh bekerja sama
C. harus saling mengandalkan
D. harus kerja sama dengan teman­teman
E. mencontek tidak diperbolehkan

8. Perhatikan cuplikan berikut!
Nama penulis : Remy Sylado
Tahun : 2005
Judul Buku : Bahasa Perbaikan Bangsa
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia

Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk buku tersebut, yaitu ….
A. Sylado, Remy. Bahasa Perbaikan Bangsa. 2005. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
B. Sylado, Remy. 2005. Bahasa Perbaikan Bangsa. Jakarta: Kepustakaan Popus Gramedia.
C. Sylado, Remy. Bahasa Perbaikan Bangsa. 2005. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
D. Sylado, Remy. Bahasa Perbaikan Bangsa. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. 2005.
E. Sylado, Remy. 2005. Bahasa Perbaikan Bangsa. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

9. Perhatikan cuplikan berikut!
Nama : Supli Effendi
Tahun : 2012
Judul Buku : Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Kota : Bandung

Penulisan yang tepat untuk daftar pustaka buku tersebut, yaitu …
A. Supli, Effendi. Teknologi Pengolaharn dan Pengawetan Pangan. 2012. Bandung: Penerbit Alfabeta.
B. Effendi, Supli. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan. 2012. Bandung: Penerbit Alfabeta.
C. Supli, Effendi. 2012. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan. Penerbit Alfabeta: Bandung.
D. Effendi, Supli. 2012. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
E. Effendi, Supli. 2012. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan. Penerbit Alfabeta: Bandung.

10. Perhatikan tema karya ilmiah berikut.
Tema : Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah …..
A. Bagaimana cara pencegahan demam berdarah dengue?
B. Apa saja jenis-jenis penyakit demam berdarah?
C. Apa dampak dari penyakit demam berdarah dengue?
D. Berapa jumlah pasien yang terkena demam berdarah dengue pada tahun 2016?
E. Obat alternatif apa saja yang dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue?

Orang asing
Interior sebuah rumah kampung di daerah Bumiayu berupa sebuah meja di tengah. Di sebelah kiri meja menghadap ke samping, duduk seorang asing sedang menghabiskan makanannya.
Orang asing: (mendorong kursinya ke belakang dan menghabiskan minumannya). “Enak,enak sekali. Singguh aku rasa, baiklah aku mengaso sekarang. Aku capek sekali habis jalan kaki lewat hutan hutan itu. Alhamdulilah, aku mujur sekali menemukan rumah ini,” katanya.

1. Tahapan alur pada penggalan drama tersebut menunjukan ….
A. introduksi
B. konflik
C. resolusi
D. klimaks
E. antiklimaks

2. Cuplikan cerita latar tersebut berlatar ….
A. tengah malam
B. perjalanan
C. daerah pemukiman
D. dalam rumah
E. pinggiran kampung
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Ibu: (tidak menoleh benar) “Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut sahutan.pada malam lebaran seperti ini, dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata.
Gunarto: (agak kesal) ayah …?
Ibu: Keesokan harinya, hari lebaran sesudah sembhayang aku memaafkan dosanya.
Gunarto : “Kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tak pernah lagi mengingat kita?”
Ibu: (memandang Gunarto) “Aku merasa, ia masih ingat kita Gunarto.

3. Konflik yang tergambar dalam kutipan drama di atas adalah konflik ….
A. sosial
B. fisik
C. batin
D. alam
E. moral

4. Latar yang tergambar pada kutipan drama tersebut adalah ….
A. malam
B. pagi
C. siang
D. sore
E. dini hari
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!

Perempuan : “Sudah kuduga, Bung tentu pulang dengan selamat seperti pagi kalau Bung keluar, aku selalu cemas-cemas harap. Sapa tahu, ditimpa malang. Maklumlah, dalam keadaan begini, ada peluru yang sering jatuh salah alamat.”
Penyair : “Itulah yang menjadikan kukagum.”
Perempuan : “Bahwa Bung selalu selamat selama ini?”
Penyair : “Bukan itu. Sebab terus terang saja, aku sendiri sebenarnya tidak begitu peduli tentang keselamatanku.”
Perempuan : “Aneh.”
Penyair : “Kedengarannya memang aneh. Akan tetapi, begitulah.”
Perempuan : “Lalu, apa yang Bung kagum?”
Penyair : “Pernyataan Saudari tadi.”
Perempuan : “Aku tidak mengerti, coba jelaskan.”
Penyair : “Maksudku, pernyataan Saudari tadi.”
Perempuan : “Ya, mengapa?”
Penyair : “Hikmahnya terasa begitu puitis”
Perempuan : “Apa itu pu-i-tis?”
Penyair : “Hem … begini. Maksudku, pernyataanmu tadi mengandung unsur-unsur rasa kasih sayang yang begitu murni”
Perempuan : “Ooo, begitu!”
Penyair : “Ya, begitu. Dan baru pertama kali ini saya merasa bahwa ada seseorang yang menaruh perhatian terhadap keselamatan diriku. Dan yang memperhatikan adalah seorang wanita.”

5. Gambaran yang diperoleh dari kutipan drama tersebut adalah.…
A. penyair berdialog dengan perempuan dalam perang
B. penyair sangat memperhatikan perempuan
C. penyair membandingkan perang dengan perempuan
D. penyair dan perempuan terjebak dalam situasi perang
E. penyair mendapat perhatian dan kasih sayang dari perempuan

6. Karakter tokoh perempuan dalam kutipan drama tersebut adalah…
A. pendiam
B. lugu
C. penyayang
D. perhatian
E. rendah diri
Bacalah kutipan drama berikut!
Mardilah : (bangkit memeluk anaknya) “Engkau anakku, Suhita.”
Suhita : “Ya, bu!
Mardilah : “Kau tidak boleh marah pada ibu, ya, Nak!
Suhita : “Tidak, Bu!”
Mardilah : (melepaskan pelukannya seperti malu kepada dirinya sendiri)
“Baiklah, sampaikan surat itu secepatnya.”
7. Kutipan drama tersebut menceritakan….
A. seorang ibu yang memarahi anaknya
B. seorang ibu yang begitu bergembira karena bertemu anaknya
C. anak yang tidak memedulikan ibunya
D. anak yang kesal pada ibunya yang telah memarahinya
E. suasana berduka yang menyelimuti sebuah keluarga

8. Mardilah : (sengit) “Hati nuranimu? Tidak mungkin! Hati nuranimu akan membisikan kasih kodrati seorang anak kepada orang tuanya!
“Tidak mungkin dari hatimu nuranimu! (suaranya merendah penuh tekanan) Suhita berterus-teranglah engkau. Adakah seorang yang datang padamu dan menceritakan sesuatu yang buruk yang membuat engkau tiba-tiba jadi berubah sifat dan pandanganmu? Terus-teranglah, anakku. Jawablah, Suhita.”

Berdasarkan perkembangan jiwa atau karakternya, Suhita tergolong jenis tokoh….
A. gagal
B. badut
C. idaman
D. statis
E. berkembang

9. Tina : “Tuhan menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani.”
Ibu : “Nah, pikiran begitu itulah yang tak kusangka. Kau sudah ditakdirkan Tuhan punya suami buta, tak adakah niatmu, tidakkah ada usahamu untuk mengubah takdir itu? sebab takdir itu baru jatuh setelah manusia berusaha. Tina, kau bukan anakku. Jika kau tidak berani melawan takdir yang pahit.”
Tina : “Aku sudah berusaha, abah juga sudah berusaha, dan inilah hasilnya. Kami dapat membiayai diri untuk hidup sehari-hari.”

Konflik yang terjadi di antara tokoh Tina dan ibu didasari oleh….
A. pandangan mengenai takdir
B. usaha melawan takdir
C. nasib melupakan takdir
D. perbedaan takdir manusia
E. pasrah menjalani takdir

10. Gadis : “Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan!”
Van dijk : “Akan kita lihat nanti.”Hei kau, ibu! Siapkan dirimu! Kini giliranmu!”
Ibu : “Tidak! Tidak! Biarkan, aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua orang, masih kecil-kecil. Mereka terkunci. Jika aku harus mati buat mereka, aku akan menerima dengan senang hati.”

Simpulan yang paling tepat dari kutipan dialog tersebut adalah ….
A. Seorang gadis desa dan seorang ibu melawan perintah Van dijk sehingga mereka mendapat siksaan.
B. Seorang ibu rela mati untuk anak-anaknya daripada harus menurut pemerintah Van dijk.
C. Van dijk marah-marah kepada seorang gadis dan seorang ibu karena tidak mau melayani perintahnya.
D. Seorang ibu tidak mau menuruti perintah atasannya.
E. Seorang gadis dan seorang ibu disiksa oleh Vand dijk karena mereka bermasalah.

Cermati penggalan artikel berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Taman seroja (lotus/lely) mempunyai banyak manfaat. Akarnya, misalnya bisa dijadikan bahan makanan. Orang Cina biasanya mengolah akar rimpangnya yang masih muda dengan cara merebus atau membakar dalam abu yang membara. Begitu dimakan, hmmm …. manis rasanya.
Sementara, bijinya dibuat menjadi bubur dan sangat baik digunakan untuk mengatasi pembekuan darah. Buahnya digunakan sebagai obat sakit waktu haid. Sedangkan, orang Makassar memanfaatkan daunnya yang masih muda sebagai bahan sayur.
Dikutip dari : Intisari

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi penggalan artikel tersebut adalah ….
A. Rimpang tanaman seroja dapat digunakan untuk obat sakit waktu haid.
B. Buah tanaman lotus dapat dijadikan bubur yang manis rasanya.
C. Daun yang muda tanaman lotus baik sekali untuk obat penambah darah.
D. Akar rimpang seroja yang masih muda dapat dijadikan bahan makanan.
E. Buah tanaman seroja jika dibakar rasanya sangat manis dan gurih.

2. Hal penting yang dibahas dalam penggalan artikel tersebut adalah ….
A. manfaat tanaman seroja.
B. manfaat akar tanaman seroja.
C. Manfaat biji tanaman seroja.
D. manfaat buah tanaman seroja.
E. manfaat daun tanaman seroja.

3. Cermati paragraf berikut!
Gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam metode tanpa olah-olahan. Bila lahan yang kita gunakan ditumbuhi gulma, sebaiknya diterapkan pembersihan gulma dengan herbisida. Apabila gulmanya cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akarnya. Silakan gunakan merk herbisida yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Perbaikan kalimat yang tercetak miring sehingga menjadi efektif dalam penggalan artikel tersebut adalah ….
A. Apabila gulma cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akarnya.
B. Gulma cukup banyak, maka gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akar.
C. Gulmanya cukup banyak, gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma sampai akar.
D. Apabila gulmanya cukup banyak, gunakan herbisida sistemik yang dapat membasmi gulma sampai akar.
E. Maka, gunakan herbisida sistemik yang bisa membasmi gulma hingga ke akar apabila gulmanya banyak.

4. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Pulau Pandora, sebuah latar tempat atau sebuah arena permainan tokoh-tokoh rekaan yang diciptakan penulis dengan segala aspek yang melingkupinya berada jauh nun di sana. Terus terang, saya sebagai pembaca memiliki keterbatasan dalam menghadapi novel ini. Saya belum akrab dengan latar dan segala persoalan yag muncul di sana. Hal ini tentu saja akan membawa implikasi tersendiri. Namun, untunglah karya sastra memperlihatkan sisi universalitasnya di samping menunjukkan kekhasan dan keeratannya dengan persoalan-persoalan tempat dilahirkannya karya itu. Dalam konteks itu, saya akan menempatkan diri sebagai orang awam dalam membaca dan menikmati novel ini. Apapun catatan yang saya berikan di sini adalah hasil dari pertemuan langsung saya dengan pulau tanpa cinta.

Penggalan tersebut merupakan bagian struktur kritik sastra yaitu ….
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman
E. simpulan

5. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Keragaman suku bangsa dan etnis yang menjadi tokoh cerita dalam antologi Pramoedya adalah representasi multikulturalisme dan pluralitas masyarakat di Hindia-Belanda pada masa itu. Keragaman suku bangsa itu dapat dilihat dari kehadiran masyarakat pribumi, Tionghoa, Jepang Indo-Belanda, Perancis, Inggris, dan Eropa totok yang digambarkan dengan konsepsi mereka mengenai dunia, sistem nilai, organisasi sosial, sejarah, dan adat istiadat kebiasaan seperti yang disampaikan Parekh (2008) di atas.
Mulai dari Bumi Manusia sampai Rumah Kaca, tokoh dari berbagai etnis suku bangsa silih berganti hadir. Penggambaran tokohnya sangat beragam dan berlapis-lapis. Mulai dari Nyai Ontosoroh sebagai pribumi yang belajar secara otodidak hingga Minke sebagai pribumi yang terdidik secara Eropa, akhirnya menjadi musuh yang harus ditaklukan oleh tuan peradaban Eropa yang memberinya pencerahan dan ilmu pengetahuan. Juga dilematis anak-anak Indo seperti Tobert Mellema, Robert Surhof, dan Annelies merepresentasilan kepribadian yang terbelah dan keagamaan psikologis.

Isi penggalan kritik tersebut adalah ….
A. Tokoh dalam antologi Pramoedya berasal dari beragam suku bangsa dan etnis.
B. Masyarakat pribumi menjadi tokoh utama dalam antologi Pramoedya.
C. Antologi Pramoedya adalah pluralitas masyarakat di Hinda-Belanda.
D. Penggambaran watak tokoh dalam antologi Pramoedya sangat beragam.
E. Tokoh dalam antologi Pramoedya menunjukkan kepribadian bangsa.

6. Cermati penggalan kutib kritik berikut!
Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, dan rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis yang dibawakan oleh Ibu Bandi. Ibu Bandi berwatak tidak mau mengalah/jahat, Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.
Kalimat kritik yang berisi kelebihan isi cerita adalah ….
A. Pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan siapa yang baik.
B. Pengarang menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokonh antagonis.
C. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik dan berpikir kritis.
D. Watak Riri ditampilkan secara sempurna sehingga tampak menarik.
E. Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

7. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Minke yang selama ini sangat berjarak dengan kehidupan petani seperti menghadapi kenyataan lain tentang bangsanya. Ia menemukan sebuah persoalan yang sama sekali baru diketahui dalam hidupnya yakni nasib beribu bahkan puluhan ribu petani seperti Trunodongso yang diperlakukan dengan semena-mena oleh hukun kulit putih Hindia-Belanda. Di sekolah HBS tempat ia menempa ilmu pengetahuan selama ini, ternyata permasalahan kaum tani tidak dibahas dalam mata pelajarannya. Ia menemukan kenyataan pahit mengenai nasib petani tebu seperti Trunodongso yang diperas secara ber;apis tidak hanya oleh orang Eropa, tetapi juga harus menghadapi pribumi seperti, punggawa desa, pangreh praja, dan para priyayi rendah seperti Sastro Kasier.
Unsur teks yang dibahas pada penggalan kritik tersebut adalah.…
A. latar cerita
B. watak tokoh
C. isi cerita
D. alur cerita
E. sudut pandang

8. Cermati kutipan cerpen berikut!
Kami terus berdoa untuk keselamatan kami semua. Temanku yang pertama kali kesurupan dibawa ke orang pintar di dekat hotel kami menginap . Kami yang tetap berada di hotel berjaga-jaga apabila ada sesuatu terjadi. Guru-guru yang ikut berjaga menyarankan kami untuk tidur agar besok bisa beraktivitas kembali. Panitia dan guru-guru bergantian menjaga kami semua. Keesokan paginya, kami dibangunkan oleh guru-guru. Keadaan membaik, tidak ada kesurupan lagi. Menurut cerita dari salah satu panitia, temanku yang pertama kali kesurupan sudah sembuh ketika dibawa kembali dari orang pintar. Kami pun melanjutkan aktivitas kami di Cibodas. Panitia membawa kami ke Kebun Raya Cibodas agar kami semua dapat bersantai dan melepaskan ketakutan yang ada tadi malam.
Oleh Eka Ayu Diah
Kalimat kritik yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah .…
A. Cerpen yang ditulis Eka Ayu Diah kurang menarik karena dikembangkan seperti narasi biasa.
B. Eka Ayu Diah menulis cerpen berjudul Pengalaman Menyeramkan dengan bahasa yang indah.
C. Pengalaman Menyeramkan merupakan cerpen Eka Ayu Diah yang berhasil memikat pembaca.
D. Eka Ayu Diah, salah satu cerpenis yang mengungkapkan perasaan seorang wanita yang masih muda.
E. Pengalaman Eka Ayu Diah ditulis dalam bentuk cerpen yang penuh dengan imajinasi.

9. Cermati kutipan esai novel berikut!
Barangkali ada benarnya STA menyebut Belenggu karya Armijn Pane sebagai “romantika gelap-gulita,” sebab membaca Belenggu mungkin dapat melemparkan pembaca pada kondisi kekosongan jiwa yang labil. Namun, realitas Tono, Tini, dan Yah itu memang beranjak dari realitas faktual. Seperti kata Jassin, betapa pun hendak masyarakat mengelakkannya. Tidak berlaku hanya pada masa-masa itu saja, saya kira, bersepakat dengan sastrawan Radhar Panca Dahana (2008), saat mengatakan roman Belenggu menyodorkan realitas manusia Indonesia yang sebenarnya dibelenggu oleh dirinya sendiri. Kita masih mudah menyaksikannya di sekitar kita, jiwa yang sempit, pikiran yang kerdil, imajinasi yang pendek. Hingga zaman berlari kencang seperti sekarang ini, Belenggu “Tono-Tini-Yah” itu ternyata masih ada. Belum lerai juga bila bukan kian sengit dan kuat keberadaannya. Sebab, makin tampak samar dan wajar saja semua belenggu itu kini kita dapati.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ….
A. Belenggu berisikan kehidupan seorang dokter yang tergoda oleh seorang wanita lain sesuai dengan kehidupan.
B. Belenggu berisikan realitas kehidupan manusia Indonesia yang berjiwa sempit dan berpikiran kerdil.
C. Penokohan yang kuat dan menarik yang diperankan oleh Tono, Tini, dan Yah dalam roman Belenggu.
D. Latar dan kondisi yang diungkapkan dalam roman Belenggu karya Armijn Pane kurang sesuai dengan kehidupan.
E. Penokohan roman Belenggu karya Armijn Pane yang diungkapkan pengarang samar dan tidak wajar.

10. Cermati kutipan kritik berikut!
“Garind Nathaniel” begitulah judul cerpen yang dimuat oleh koran “Suara Merdeka” minggu ini. Tokoh utama dalam cerpen ini sudah bisa ditebak pada judulnya. Cerpen ini mengisahkan seorang seorang lelaki bernama Garind yang telah melakukan sesuatu hal dan mengakibatkan tewas ibunya. Rasa sesal dan kesalahan yang dirasakan tokoh terlalu dibelit-belitkan, sehingga kurang mendapatkan gambaran cerita yang baik nan jelas. Pada empat sampai lima paragraf, pembaca akan merasa bosan dan menghentikan pembacaan. Seperti halnya film D’Girlz Begin yang memaksa saya membuang CD-nya setelah memutar pada menit kelima.

Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan buku tersebut adalah ….
A. Bahasa yang digunakan dalam cerpen tersebut sulit dimengerti.
B. Tokoh utama cerpen tersebut sudah bisa ditebak pada judulnya.
C. Gambaran peristiwa dalam cerita cerpen sangat jelas.
D. Ibu tokoh utama dalam cerpen merasa kecewa.
E. Tokoh utama dala cerpen itu menyesali perbuatannya.

1. Cermati kutipan novel berikut!
Pada permulaan titik itu Aminu’ddin berdiri termenung memandang sungai yang deras itu. Kemudian ia pun berkata, “dahululah engkau Anggi.”
Mariamin menjawab, “Akanglah dahulu. Kalau sudah Akang sampai seberang, jangan engkau meniti !”
Aminu’ddin berjalanlah melalui titi kayu yang kecil itu. Dengan hati-hati ia menjejakkan kakinya dan matanya tiada lepas dari titi itu. Akan tetapi tiadalah tahu bahwa setelah ia lewat pertengahan titi itu, Mariamin sudah datang dari belakang.
Sedang ia ditengah-tengah, maka kedengaranlah olehnya suara adiknya itu memekik, “Tolong, Kang! Dengan terkejut ia menoleh ke belakang.
Konflik dalam kutipan novel tersebut adalah .…
A. Perasaan takut ketika melihat air sungai yang sangat deras.
B. Pertolongan Aminu’ddin terhadap Mariamin yang terjatuh.
C. Kesulitan dalam menyeberangi sungai yang airnya sangat deras.
D. Rasa kaget Aminu’ddin karena Mariamin terjatuh ke sungai.
E. Mariamin terjatuh ke sungai dan terbawa arus air bah yang deras.

Cermati novel berikut untuk menjawab soal no 2-4!
Matanya melirik ke kanan-kiri, mencari wadah yang agak besar. Lalu, ia meraih talang kue yang sudah kosong di atas meja. Talang berwarna keperakan itu segera ia isi apel dan anggur. Setelah itu, ia tutup pintu kulkas dengan menggunakan kaki kanan.
Anal-anak kampung itu seolah tak percaya ketika melihat Ical membawa talang berisi apel dan anggur.
“Ini,”kata Ical kepada anak-anak yang terdekat sambil menyerahkan buah-buahan itu. “Bagikan dengan adil, ya?”
“Ini…,” anak itu tergagap kehilangan kata-kata, seolah tak percaya, “ini semua beneran buat kami?”
Ical mengangguk. “kurang?”
“Oh, ini sudah lebih, Den,” ujar mereka susul-menyusul sambil berpamitan.
Saat itulah Rosinah keluar dari kamar untuk membagikan uang receh. Kakinya terpaku seperti dirantai gelang baja. Matanya terbelalak tak percaya.
“Icaaal !” seru Roosinah.

2. Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. Memberi buah-buahan adalah perbuatan yang baik.
B. Saat berbagi dengan orang lain berikan yang terbaik.
C. Berteman tidak boleh pilih-pilih.
D. Kebahagiaan itu saat melihat orang lain tersenyum.
E. Tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu.

3. Watak tokoh “Ical” dalam novel tersebut adalah.…
A. sopan
B. pendiam
C. periang
D. murah hati
E. ramah

4. Latar suasana dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. hangat dan penuh keakraban
B. tegang dan hati-hati
C. riang dan gembira
D. murung dan gembira
E. penuh canda tawa

5. Cermati kutipan novel berikut!
Lalu datanglah Taripol. Tanpa ba bi bu dia bilang mau mengajakku nonton film Stevan Seigel (sekuat apapun kami mengerahkan kemampuan untuk menyebut nama orang berambut aneh dan tak pernah kalah berkelahi itu, hanya itu yang mampu kami bunyikan). Dia yang akan membayar karcisnya. Oh, nonton film, aku paling suka!
“Ada syaratnya,” kata Taripol. “Esok siang kau harus mengantar corong TOA ke satu alamat.”
“Ojeh, bos,” kataku.
Setengah baya aku cukup panjang pengalamanku, telah kualami susah senang malang melintang, saat itu tak kusadari, selama hidupku yang sebenarnya baru akan dimulai dari corong TOA itu.
Isi kutipan novel tersebut adalah.…
A. Taripol mengajak tokoh nonton film Stevan Seigel.
B. Taripol akan membayar karcis nonton film.
C. Taripol memberi syarat untuk nonton film.
D. Taripol memulai kehidupannya dari corong TOA.
E. Taripol sudah banyak pengalaman dalam hidupnya.

6. Cermati kutipan novel berikut!
Tak banyak permainan di taman itu karena hanya dibuat alakadarnya atas inisiatif pimpinan dan pegawai pengadilan agama yang berhati mulia. Mereka iba melihat anak-anak yang dibawa orangtua ke pengadilan. Selalu ada anjuran agar orangtua tidak membawa anak-anak ke pengadilan. Namun, orangtua berkilah bahwa mereka tidak punya pembantu untuk menjaga anak dirumah.
Sebagian anak terpaksa ikut karena masih disusui ibunya. Sebagian karena memang anaknya ingin ikut. Mungkin mengira pengadilan adalah keramaian, tempat orang berkumpul dan bersukacita.
Maka, dibuatlah taman itu. Sementara orangtua berjibaku, Tarik menarik urat leher, tubuh-menubuh, tuntut-menuntut, talak menalak di ruang sidang, anak-anak mereka bermain di ruang itu.

Nilai sosial dalam kutipan novel tersebut adalah.…
A. Perhatian aparat pengadilan agama terhadap anak-anak.
B. Kasih sayang orangtua yang tidak ada bandingannya.
C. Aparat pengadilan agama yang membuatkan taman bermain.
D. Orangtua saling menuduh dan menuntut pengadilan.
E. Orangtua yang berkorban demi anak-anaknya.

7. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Kemarau adalah ular tedung yang mendesis-desiskan panas siang itu sehingga mampir untuk berteduh dua penegak hukum, ajun Inspektur Syaiful Buchori dan Sersan Sulaiman di warung es kelapa muda Hamidin Hamzah. (2) Mereka duduk berhadapan, minum es sambil membicarakan laporan kepala dinas pendidikan kabupaten tadi pagi bahwa semalam kantornya dibobol maling. (3) Barang-barang elektronik amblas termasuk sebuah corong TOA. (4) Berjalan aku dengan santai, bersiul-siul sambil menenteng corong TOA yang telah dibungkus taripol dengan taplak meja, tapi anatominya masih jelas tanpa macam corong TOA. (5) Tak lama kemudian lewatlah aku dimuka warung es Hamidin Hamzah.

Penggunaan majas pada kutipan novel tersebut terlihat pada kalimat nomor.…
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

8. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Apabila kuberikan apa-apa padamu, tak hendak kau makan, sebagai takut dan tak percaya engkau kepada rumah ini dan isinya; padahal disinilah .…, dan disinilah pula orangtua kita tinggal telah lebih dari 80 tahun dan disinilah pula ayah tunggal kita berpulang ke Rahmatu-lah. Bagaimana boleh sampai hatimu sedemikian itu, tiadalah dapat kupikirkan,“ kata putri Rudiah, seraya menyapu air matanya, berlinang-linang di pipinya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kutipan cerita tersebut adalah .…
A. tanah kelahiranmu
B. tempat tinggalmu
C. tumpah darahmu
D. pondok penderitaanmu
E. buah hatimu

9. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Pernah kudengar kisah dari abang sulungku tentang ayahku yang bekerja menurunkan koprah dari perahu. (2) Juragan kopra keliru membayar upah ayah. (3) Kelebihan tujuh ribu rupiah. (4) Ayah menitipkan kelebihan uang itu kepada nelayan pulau Batun untuk dikembalikan kepada juragan kopra.
(5) Lama tiada kabar, rupanya sang juragan kopra sudah meninggal. (6) Nelayan Batun memulangkan uang itu kepada ayah. (7) Setelah itu, ayah terus mencari-cari anak saudara juragan itu untuk mengembalikan uangnya. (8) Lebih dari 10 tahun kemudian baru ditemukannya cucu juragan itu. (9) Ayah mengembalikan kepada cucunya uang lama tujuh rupiah yang sudah tak laku lagi itu.

Bukti watak tokoh ayah yang jujur pada kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor.…
A. (1), (2), dan ((3)
B. (3), (4), dan (5)
C. (4), (7), dan (9)
D. (5), (6), dan (7)
E. (6), (7), dan (8)

10. Cermati kutipan novel berikut!
(1) Tuhan menciptakan tangan seperti tangan adanya, kaki seperti kaki adanya, untuk memudahkan manusia bekerja. (2) Begitu pesan ayah padaku. (3) Kutulis pesan itu di halaman muka buku PMP waktu aku SMP dulu. (4) Aku bodoh, tak tamat SMP, banyak orang kampung bilang aku lugu sekaligus dungu, tapi kata-kata ayah itu membuatku tak pernah malas bekerja kalau memang ada kerjaan. (5) Ayah sendiri selalu bekerja. (6) sejak kecil ayah telah mendulang timah. (7) Ayah pernah menjadi kuli panggul di pelabuhan, pengisi bak truk pasir, penebang pohon kelapa yang mengancam rumah dan penggali sumur. (8) Setelah tak kuat lagi tenaganya, ayah bekerja serabutan di pasar dan sekarang menyandang kas papan berjualan minuman ringan si Stadion Belantik. (9) Namun, ayah bangga karena semua anaknya tamat SMA, kecuali aku. (10) Tiga anak lelakinya bekerja di kantor yang hebat dan anak perempuannya yang cemerlang dari SMA , Azizah, adikku, ranking satu.

Bukti latar waktu dalam kutipan novel tersebut terdapat pada….
A. (1), (2), dan (3)
B. (3), (4), dan (5)
C. (3), (6), dan (8)
D. (6), (7), dan (8)
E. (8), (9), dan (10)

1. Bacalah kalimat berikut!
Banjir disebut sebagai bencana alam karena fenomena alam ini sangat merugikan sekali bagi masyarakat.

Kalimat tersebut mengandung hubungan sebab akibat dengan konjungsi….
A. sebab
B. bagi
C. karena
D. sebagai
E. sangat
2. Bacalah cuplikan paragraf berikut!
Hampir semua orang pernah mengalami tidak dapat tidur. Kekurangan tidur menyebabkan penurunan kinerja mental dan fisik. Selama tidur merupakan periode REM (Rapyd Eye Movement) yang berfungsi untuk konsolidasi memori. Insomnia sering disebabkan oleh keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional.

Sebab-akibat dari teks tersebut adalah ….
A. Hampir semua orang pernah mengalami tidak dapat tidur.
B. Selama tidur merupakan periode REM (Rapyd Eye Movement) yang fungsinya untuk konsolidasi memori.
C. Insomnia sering disebabkan oleh keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional.
D. Hampir semua orang tidak pernah mengalami insomnia.
E. Kekurangan tidur menyebabkan suka makan.

Bacalah cuplikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!
Petir atau disebut dengan kilat atau juga bisa disebut dengan halilintar merupakan fenomena alam yang umumnya terjadi pada saat musim penghujan yang diawali dengan kilatan cahaya. Sesaat kemudian, akan terdengar suara menggerumuh yang disebut dengan guntur atau gluduk dalam bahasa Jawa. Mengapa terlihat cahaya dulu, baru kemudian terdengar suara? Ini terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya.

3. Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah….
A. Petir
B. Proses Petir
C. Proses Terjadinya Petir
D. Terjadinya Petir
E. Bagaimana Terjadinya Petir?
4. Sebab-akibat dari teks tersebut adalah ….
A. petir biasanya terlihat cahaya dulu, baru terdengar suara karena adanya perbedaan waktu
B. petir terjadi pada saat musim penghujan
C. petir akan mengeluarkan suara gemuruh
D. petir diawali dengan kilatan cahaya
E. petir diakibatkan karena musim penghujan tiba
5. Kata konjungsi dalam teks tersebut adalah ….
A. atau
B. kemudian
C. karena
D. yang
E. antara

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
1) Tsunami adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, terdiri atas dua kata “tsu” dan “nami” yang masing-masing berarti “pelabuhan” dan “gelombang”. Sedangkan, ilmuan mengartikannya sebagai “gelombang pasang” (tidal wave) atau gelombang laut akibat gempa (seismic sea waves).
2) Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung berapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.
3) Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut permukaannya naik-turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. 4) Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut surut. 5) Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar.

6. Pernyataan umum pada teks tersebut terdapat dalam kalimat….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

7. Berikut ini yang bukan merupakan bagian isi dari teks tersebut….
A. Bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial, yakni manusialah yang menjadi pelakunya.
B. Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan (beberapa bulan hingga bertahun-tahun).
C. Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat.
D. Kehilangan es glitzer dikarenakan pemanasan global memang fenomena yang tidak dapat dicegah dengan cepat, tetapi waktu yang lama untuk mengembalikan keseimbangan alam yang hilang.
E. Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal mengubah posisi air.

Cermatilah teks berikut untuk menjawab nomor 8 dan 9!
Kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini, kami mengucapkan terima kasih. Terima kasih kami sampaikan pula atas kehadiran para orangtua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.
Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

8. Kalimat pembuka yang tepat untuk teks tersebut adalah….
A. Kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa …
B. Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih …
C. Dengan izin Tuhan perkenankan saya …
D. Pada kesempatan kali ini saya akan berucap syukur …
E. Terimakasih …
9. Judul ceramah yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A. Perpisahan Sekolah
B. Ulang Tahun Sekolah
C. Hari Pahlawan
D. Hari Kemerdekaan
E. Hari Ibu

10. Cermatilah teks berikut!
SMA Kasih Bunda 07 akan mengadakan pentas seni dalam rangka kemerdekaan. Acara itu rencananya dihadiri seluruh orangtua siswa. Kepala sekolah akan memberikan sambutan. Sambutan itu isinya ucapan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada sekolah dan permohonan restu dan dukungan untuk kemajuan SMA Kasih Bunda 07 pada masa mendatang.

Kalimat penutup yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah….
A. Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
B. Acara pentas seni ini merupakan wadah untuk anak-anak menyalurkan bakat seninya.
C. Kemajuan sekolah Kasih Bunda 07 ini tentu tidak lepas dari bantuan dan dukungan orangtua siswa.
D. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga dalam rangka acara kemerdekaan ini dapat membuat siswa lebih semangat lagi dalam memajukan prestasi dirinya sendiri maupun sekolah ini.
E. Terima kasih atas kehadirannya.

1. Cermatilah iklan lowongan kerja berikut!

Dibutuhkan:  Tenaga ahli Kimia

Syarat:

  • Pendidikan S-1 Kimia
  • IPK minimal 3.5
  • Usia maksimal 35 tahun
  • Pengalaman minimal 3 tahun

Kirimkan lamaran Anda ke: Jalan Raden Darusalam 27, Jakarta Barat

 

Surat kabar Nusantara, 20 Desember 2018

Pembuka surat lamaran kerja yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ….
A. Saya, Risa Nurlina, bermaksud mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini saya lampirkan dokumen-dokumen sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.
B. Sehubungan dengan iklan lowongan kerja yang dimuat di surat kabar Nusantara pada 20 Desember 2018, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga analis kimia diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
C. Berdasarkan persyaratan dalam iklan lowongan kerja, saya merasa dapat memenuhi persyaratan tersebut. Dengan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan tersebut.
D. Saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan yang dimuat di surat kabar Nusantara pada tanggal 20 Desember 2017.
E. Dalam Surat Kabar Nusantara, saya membaca lowongan kerja sebagai tenaga analis kimia. Oleh karena itu, saya melamar pekerjaan tersebut.
2. Seorang calon pelamar pekerjaan mengajukan sebuah surat lamaran pekerjaan yang ditujukan ke suatu PT yang bergerak di bidang telekomunikasi. Karena lowongan tersebut sudah terisi, maka lamaran tersebut terpaksa ditolak.

Kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
A. Dengan surat ini kami memberitahukan bahwa lowongan jabatan yang Saudara inginkan sudah terisi.
B. Sesuai dengan surat Saudara, dengan ini diberitahukan bahwa lamaran Saudara ditolak.
C. Bersama ini kami beritahukan bahwa lamaran Saudara tidak dapat diterima.
D. Lowongan pekerjaan yang Saudara kehendaki tidak ada dan kebetulan belum dibutuhkan.
E. Berhubungan dengan surat Saudara, maka lamaran pekerjaan Saudara kami tolak sementara, ya.

3. Cermati penulisan kutipan surat lamaran pekerjaan berikut:

Perbaikan penulisan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut yang tepat adalah bagian
bernomor ….
A. (1) membuang tanda baca koma setelah Bandung sehingga menjadi Bandung 12 November 2019
B. (2) awal kedua kata dengan huruf kapital sehingga menjadi Satu Berkas
C. (3) kata pertama diawali dengan huruf kapital sehingga menjadi Lamaran Kerja
D. (4) singkatan PT diberi titik sehingga menjadi P.T.
E. (5) Jln. Tidak disingkat sehingga menjadi Jalan

4. Cermati ilustrasi berikut!
Penulisan yang benar pemberian identitas diri pelamar pada surat lamaran pekerjaan adalah ….
A. Nama : Sinta Rakasiwi, SE.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 februari 1992
Alamat : Jln. cendrawasih no.58 Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

B. nama : Sinta Rakasiwi,S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : Jln. Cendrawasih no.58,Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

C. nama : Sinta Rakasiwi, S.E.
tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
alamat : Jalan Cendrawasih 58, Surabaya
pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi,Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta

D. Nama : Sinta Rakasiwi S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : jalan cendrawasih 58 surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

E. Nama : Sinta Rakasiwi,S.E.
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 13 Februari 1992
Alamat : Jalan Cendrawasih no.58 Surabaya
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

5. Kalimat yang menyatakan diikutsertakannya lamaran dalam surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ….
A. Sehubung dengan hal tersebut, dengan adanya surat ini saya sertakan lampiran sebagai berikut.
B. Berhubung dengan hal tersebut, bersama dengan ini saya sertakan lampiran sebagai berikut.
C. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini saya sertakan lampiran sebagai berikut.
D. Sehubung dengan hal tersebut, bersama ini saya akan menyertakan lampiran sebagai berikut.
E. Berkenan dengan hal tersebut, dengan ini maka saya sertakan lampiran sebagai berikut.

6. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Keragaman suku bangsa dan etnis yang menjadi tokoh cerita dalam antologi Pramoedya adalah representasi multikulturalisme dan pluralitas masyarakat di Hindia-Belanda pada masa itu. Keragaman suku bangsa itu dapat dilihat dari kehadiran masyarakat pribumi, Tionghoa, Jepang Indo-Belanda, Perancis, Inggris, dan Eropa totok yang digambarkan dengan konsepsi mereka mengenai dunia, sistem nilai, organisasi sosial, sejarah, dan adat istiadat kebiasaan seperti yang disampaikan Parekh (2008) di atas.
Mulai dari Bumi Manusia sampai Rumah Kaca, tokoh dari berbagai etnis suku bangsa silih berganti hadir. Penggambaran tokohnya sangat beragam dan berlapis-lapis. Mulai dari Nyai Ontosoroh sebagai pribumi yang belajar secara otodidak hingga Minke sebagai pribumi yang terdidik secara Eropa, akhirnya menjadi musuh yang harus ditaklukan oleh tuan peradaban Eropa yang memberinya pencerahan dan ilmu pengetahuan. Juga dilematis anak-anak Indo seperti Tobert Mellema, Robert Surhof, dan Annelies merepresentasilan kepribadian yang terbelah dan keagamaan psikologis.
Isi penggalan kritik tersebut adalah ….
A. Tokoh dalam antologi Pramoedya berasal dari beragam suku bangsa dan etnis.
B. Masyarakat pribumi menjadi tokoh utama dalam antologi Pramoedya.
C. Antologi Pramoedya adalah pluralitas masyarakat di Hinda-Belanda.
D. Penggambaran watak tokoh dalam antologi Pramoedya sangat beragam.
E. Tokoh dalam antologi Pramoedya menunjukkan kepribadian bangsa.

7. Cermati penggalan kutipan kritik sastra berikut!
Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, dan rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis yang dibawakan oleh Ibu Bandi. Ibu Bandi berwatak tidak mau mengalah/jahat, Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.
Kalimat kritik yang berisi kelebihan isi cerita adalah ….
A. Pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan siapa yang baik.
B. Pengarang menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokonh antagonis.
C. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik dan berpikir kritis.
D. Watak Riri ditampilkan secara sempurna sehingga tampak menarik.
E. Ibu Bandi tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

8. Cermati penggalan kritik sastra berikut!
Minke yang selama ini sangat berjarak dengan kehidupan petani seperti menghadapi kenyataan lain tentang bangsanya. Ia menemukan sebuah persoalan yang sama sekali baru diketahui dalam hidupnya yakni nasib beribu bahkan puluhan ribu petani seperti Trunodongso yang diperlakukan dengan semena-mena oleh hukun kulit putih Hindia-Belanda. Di sekolah HBS tempat ia menempa ilmu pengetahuan selama ini, ternyata permasalahan kaum tani tidak dibahas dalam mata pelajarannya. Ia menemukan kenyataan pahit mengenai nasib petani tebu seperti Trunodongso yang diperas secara ber;apis tidak hanya oleh orang Eropa, tetapi juga harus menghadapi pribumi seperti, punggawa desa, pangreh praja, dan para priyayi rendah seperti Sastro Kasier.
Unsur teks yang dibahas pada penggalan kritik tersebut adalah .…
A. latar cerita
B. watak tokoh
C. isi cerita
D. alur cerita
E. sudut pandang

9. Cermati kutipan kritik berikut!
“Garind Nathaniel” begitulah judul cerpen yang dimuat oleh koran “Suara Merdeka” minggu ini. Tokoh utama dalam cerpen ini sudah bisa ditebak pada judulnya. Cerpen ini mengisahkan seorang seorang lelaki bernama Garind yang telah melakukan sesuatu hal dan mengakibatkan tewas ibunya. Rasa sesal dan kesalahan yang dirasakan tokoh terlalu dibelit-belitkan, sehingga kurang mendapatkan gambaran cerita yang baik nan jelas. Pada empat sampai lima paragraf, pembaca akan merasa bosan dan menghentikan pembacaan. Seperti halnya film D’Girlz Begin yang memaksa saya membuang CD-nya setelah memutar pada menit kelima.
Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan buku tersebut adalah ….
A. Bahasa yang digunakan dalam cerpen tersebut sulit dimengerti.
B. Tokoh utama cerpen tersebut sudah bisa ditebak pada judulnya.
C. Gambaran peristiwa dalam cerita cerpen sangat jelas.
D. Ibu tokoh utama dalam cerpen merasa kecewa.
E. Tokoh utama dala cerpen itu menyesali perbuatannya.

10. Cermati kutipan cerpen berikut!
Kami terus berdoa untuk keselamatan kami semua. Temanku yang pertama kali kesurupan dibawa ke orang pintar di dekat hotel kami menginap . Kami yang tetap berada di hotel berjaga-jaga apabila ada sesuatu terjadi. Guru-guru yang ikut berjaga menyarankan kami untuk tidur agar besok bisa beraktivitas kembali. Panitia dan guru-guru bergantian menjaga kami semua. Keesokan paginya, kami dibangunkan oleh guru-guru. Keadaan membaik, tidak ada kesurupan lagi. Menurut cerita dari salah satu panitia, temanku yang pertama kali kesurupan sudah sembuh ketika dibawa kembali dari orang pintar. Kami pun melanjutkan aktivitas kami di Cibodas. Panitia membawa kami ke Kebun Raya Cibodas agar kami semua dapat bersantai dan melepaskan ketakutan yang ada tadi malam.
Oleh Eka Ayu Diah
Kalimat kritik yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah .…
A. Cerpen yang ditulis Eka Ayu Diah kurang menarik karena dikembangkan seperti narasi biasa.
B. Eka Ayu Diah menulis cerpen berjudul Pengalaman Menyeramkan dengan bahasa yang indah.
C. Pengalaman Menyeramkan merupakan cerpen Eka Ayu Diah yang berhasil memikat pembaca.
D. Eka Ayu Diah, salah satu cerpenis yang mengungkapkan perasaan seorang wanita yang masih muda.
E. Pengalaman Eka Ayu Diah ditulis dalam bentuk cerpen yang penuh dengan imajinasi.

11. Cermati penggalan artikel berikut!
(1) Belakangan pemerintah memutuskan mengimpor 500 ribu ton beras khusus dari Thailand dan Vietnam untuk menjamin ketersediaan dalam negeri dan sebagai salah satu upaya menekan harga. (2) Beras tersebut rencananya akan mulai masuk akhir Januari 2018. (3) Ini menunjukan, klaim tidak impor dan sudah swasembada beras telah terbantahkan. (4) Faktanya, impor beras terus meningkat dari 0,844 juta ton pada 2014 menjadi 0,862 juta ton pada 2015 dan 1,283 juta ton pada 2016. (5) Pada 2017 hingga bulan April telah diimpor beras 71.000 ton.

Kalimat yang berisi opini pada penggalan artikel tersebut adalah nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

12. Cermati penggalan artikel untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1) Pertumbuhan permintaan pertanian organik (PO) dunia mencapai 15-20% pertahun. (2) Namun, pasar-pasar yang mampu dipenuhi hanya berkisar antara 0,5-2% dari keseluruhan produk pertanian. (3) Meski di Eropa penambahan luas areal PO terus meningkat dari rata-rata dibawah 1% (dari total lahan pertanian) tahun 1987, menjadi 2-7% di tahun 1997 (tertinggi di Austria mencapai 10,12%), (4) Namun, tetap saja belum mampu memenuhi pesatnya permintaan (jolly, 2000). (5) Rupanya, inilah yang memacu permintaan produk PO dari negara-negara berkembang.

Ide pokok paragraf tersebut adalah.…
A. Pasar-pasar permintaan pertanian organik (PO)
B. Permintaan produk pertanian organik (PO)
C. Pemacu permintaan produk pertanian organik (PO)
D. Pertumbuhan permintaan pertanian organik (PO)
E. Penambahan luas areal pertanian organik (PO)

13. Kalimat yang berupa pendapat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat.…
A. (1) dan (2) B. (3) dan (4) C. (4) dan (5) D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
14. (1) Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. (2) Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. (3) Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. (4) Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, (5) harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.

Kalimat opini dalam artikel di atas terdapat dalam nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

15. Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam mengatasi …. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat Indonesia adalah tanggungan beban Negara karena banyaknya …. dan meningkatnya pengangguran serta banyaknya …..Oleh karena itu, marilah kita ikut berjuang dalam mengatasi kependudukan, pengangguran, dan mengentaskan kemiskinan.

Frasa benda (frasa nomina) yang tepat melengkapi bagian rumpang dari artikel di atas adalah ….
A. masalah bangsa, pendudukan Indonesia, balita Indonesia
B. proses perjuangan, generasi muda, anak sekolah
C. masalah kependudukan, generasi muda, rakyat miskin
D. proses kependudukan, manusia Indonesia, rakyat Indonesia
E. perkembangan zaman, generasi muda, imigran gelap

16. Mardilah : (sengit) “Hati nuranimu? Tidak mungkin! Hati nuranimu akan membisikan kasih kodrati seorang anak kepada orang tuanya!
“Tidak mungkin dari hatimu nuranimu! (suaranya merendah penuh tekanan) Suhita berterus-teranglah engkau. Adakah seorang yang datang padamu dan menceritakan sesuatu yang buruk yang membuat engkau tiba-tiba jadi berubah sifat dan pandanganmu? Terus-teranglah, anakku. Jawablah, Suhita.”
Berdasarkan perkembangan jiwa atau karakternya, Suhita tergolong jenis tokoh….
A. gagal
B. badut
C. idaman
D. statis
E. berkembang
17. Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!

Perempuan : “Sudah kuduga, Bung tentu pulang dengan selamat seperti pagi kalau Bung keluar, aku selalu cemas-cemas harap. Sapa tahu, ditimpa malang. Maklumlah, dalam keadaan begini, ada peluru yang sering jatuh salah alamat.”
Penyair : “Itulah yang menjadikan kukagum.”
Perempuan : “Bahwa Bung selalu selamat selama ini?”
Penyair : “Bukan itu. Sebab terus terang saja, aku sendiri sebenarnya tidak begitu peduli tentang keselamatanku.”
Perempuan : “Aneh.”
Penyair : “Kedengarannya memang aneh. Akan tetapi, begitulah.”
Perempuan : “Lalu, apa yang Bung kagum?”
Penyair : “Pernyataan Saudari tadi.”
Perempuan : “Aku tidak mengerti, coba jelaskan.”
Penyair : “Maksudku, pernyataan Saudari tadi.”
Perempuan : “Ya, mengapa?”
Penyair : “Hikmahnya terasa begitu puitis”
Perempuan : “Apa itu pu-i-tis?”
Penyair : “Hem … begini. Maksudku, pernyataanmu tadi mengandung unsur-unsur rasa kasih sayang yang begitu murni”
Perempuan : “Ooo, begitu!”
Penyair : “Ya, begitu. Dan baru pertama kali ini saya merasa bahwa ada seseorang yang menaruh perhatian terhadap keselamatan diriku. Dan yang memperhatikan adalah seorang wanita.”

Gambaran yang diperoleh dari kutipan drama tersebut adalah.…
A. penyair berdialog dengan perempuan dalam perang
B. penyair sangat memperhatikan perempuan
C. penyair membandingkan perang dengan perempuan
D. penyair dan perempuan terjebak dalam situasi perang
E. penyair mendapat perhatian dan kasih sayang dari perempuan

18. Karakter tokoh perempuan dalam kutipan drama tersebut adalah….
A. pendiam
B. lugu
C. penyayang
D. perhatian
E. rendah diri

19. Gadis : “Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan!”
Van dijk : “Akan kita lihat nanti.”Hei kau, ibu! Siapkan dirimu! Kini giliranmu!”
Ibu : “Tidak! Tidak! Biarkan, aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua orang, masih kecil-kecil. Mereka terkunci. Jika aku harus mati buat mereka, aku akan menerima dengan senang hati.”

Simpulan yang paling tepat dari kutipan dialog tersebut adalah ….
A. Seorang gadis desa dan seorang ibu melawan perintah Van dijk sehingga mereka mendapat siksaan.
B. Seorang ibu rela mati untuk anak-anaknya daripada harus menurut pemerintah Van dijk.
C. Van dijk marah-marah kepada seorang gadis dan seorang ibu karena tidak mau melayani perintahnya.
D. Seorang ibu tidak mau menuruti perintah atasannya.
E. Seorang gadis dan seorang ibu disiksa oleh Vand dijk karena mereka bermasalah.

20. Bacalah kutipan drama berikut!
Mardilah : (bangkit memeluk anaknya) “Engkau anakku, Suhita.”
Suhita : “Ya, bu!
Mardilah : “Kau tidak boleh marah pada ibu, ya, Nak!
Suhita : “Tidak, Bu!”
Mardilah : (melepaskan pelukannya seperti malu kepada dirinya sendiri)
“Baiklah, sampaikan surat itu secepatnya.”

Kutipan drama tersebut menceritakan….
A. seorang ibu yang memarahi anaknya
B. seorang ibu yang begitu bergembira karena bertemu anaknya
C. anak yang tidak memedulikan ibunya
D. anak yang kesal pada ibunya yang telah memarahinya
E. suasana berduka yang menyelimuti sebuah keluarga

21. Cermati kutipan esai novel berikut!
Barangkali ada benarnya STA menyebut Belenggu karya Armijn Pane sebagai “romantika gelap-gulita,” sebab membaca Belenggu mungkin dapat melemparkan pembaca pada kondisi kekosongan jiwa yang labil. Namun, realitas Tono, Tini, dan Yah itu memang beranjak dari realitas faktual. Seperti kata Jassin, betapa pun hendak masyarakat mengelakkannya. Tidak berlaku hanya pada masa-masa itu saja, saya kira, bersepakat dengan sastrawan Radhar Panca Dahana (2008), saat mengatakan roman Belenggu menyodorkan realitas manusia Indonesia yang sebenarnya dibelenggu oleh dirinya sendiri.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ….
A. Belenggu berisikan kehidupan seorang dokter yang tergoda oleh seorang wanita lain sesuai dengan kehidupan.
B. Belenggu berisikan realitas kehidupan manusia Indonesia yang berjiwa sempit dan berpikiran kerdil.
C. Penokohan yang kuat dan menarik yang diperankan oleh Tono, Tini, dan Yah dalam roman Belenggu.
D. Latar dan kondisi yang diungkapkan dalam roman Belenggu karya Armijn Pane kurang sesuai dengan kehidupan.
E. Penokohan roman Belenggu karya Armijn Pane yang diungkapkan pengarang samar dan tidak wajar.
22. Cermati penggalan esai novel berikut!
Dalam novel ini dapat dilihat bagaimana seorang Putu Wijaya mengonstruksi dan membuat sebuah alur cerita dengan rapi dan bagaimana penulis menjadikan psikologi tokoh digambarkan secara nyata dengan dialog yang singkat. Namun, menghidupkan suasana dalam novel dan klimaks tersebut tidak mudah. Tapi, Putu Wijaya sukses membuat alur itu menjadi sangat hidup dengan pertikaian yang sebenarnya sangat sederhana. Pertikaian yang muncul adalah masalah yang kompleks dan dapat atau sering kita jumpai dalam masyarakat kita. Dalam novel ini juga dapat diambil beberapa pesan moral yaitu sebuah kejujuran memang sangatlah sulit untuk membuat situasi menjadi biasa.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan esai tersebut adalah ….
A. Penokohan digambarkan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sangat kuat.
B. Pertikaian yang terdapat dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” karya Putu Wijaya sangat rumit.
C. Bahasa yang digunakan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sulit dipahami.
D. Alur cerita yang diungkapkan Putu Wijaya dalam novel “Bila Malam Bertambah Malam” sangat hidup.
E. Pesan moral yang dapat kita ambil dalam novel Putu Wijaya adalah hindarilah perbuatan yang keji.

23. Cermati puisi berikut!
Mamaku

Mamaku…
Ingin ku bertanya
Sebesar apa sayangmu padaku
Sedalam mana cintamu padaku
Seluas apa kasihmu padaku

Mamaku…
Inginku meminta
Ajariku’tuk slalu menyayangimu
Dengan sayang yang kau beri
Untukku …
Ajariku ‘tuk slalu mengingatmu
Dengan segala cerita yang kau beri
Untukku …
Oleh Anonim
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adal;ah .…
A. Puisi tersebut berisi tentang kasih sayang seorang anak kepada ibunya yang telah tiada.
B. Puisi tersebut menggunakan diksi dan rima yang baik sehingga menarik.
C. Pengarang mengubah puisi tersebut yang masih berbentuk puisi lama karena terikat rima.
D. Isi puisi tersebut mengungkapkan perasaan pengarang yang sedang sedih karena ditinggal ibunya.
E. Puisi itu menarik karena menggunakan kata-kata bermakna konotasi.

24. Cermati puisi berikut!
Doa
Tuhan kami
Telah nista kami dalam dosa bersama
Bertahun membangun kultus ini
Dalam pikiran yang ganda
Dan menutupi hati nurani
Ampunilah kami
Ampunilah
Amin

Tuhan kami
Telah terlalu mudah kami
Menggunakan asma-Mu
Bertahun di negeri ini

Oleh Taufik Ismail
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ….
A. Taufik Ismail dalam mengungkapkan pikirannya melalui untaian kata sesuai dengan kehidupannya sehari-hari.
B. Puisi “Doa” yang ditulis Taufik Ismail menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami pembaca.
C. Taufik Ismail merupakan tokoh Angkatan 66 yang sangat produktif dalam menulis puisi yang bertemakan ketuhanan.
D. Puisi-puisi Taufik Ismail banyak berisi kritikan terhadap kepincangan yang terdapat di Negara Indonesia.
E. Doa merupakan puisi Taufik Ismail yang mengungkapkan pengakuan seorang pemimpin yang telah berbuat salah.

25. (1) Kecemasan yang sama menyeruak ke segenap penduduk di Kotaraja Majapahit. (2) Pagi itu benar menjadi pagi yang disengat halilintar, saat tak ada mendung dan langit sangat bersih. (3) Di sisi lain, suara bende Samudra yang menggetarkan pagi itu juga menggetarkan isi dada Sri Jayanegara. (4) Ketika bende itu mulai terdengar, serasa jantungnya ikut bergetar. (5) Seketika Jayanegara gelisah. (6) Pewaris tahta Majapahit itu mondar-mandir di dalam bilik-biliknya. (7) Namun, rasa penasaran tertahan lagi. (8) Jayanegara bergegas keluar.

Konjungsi temporal pada kutipan esai fiksi tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
E. (6) dan (7)
26. Bacalah kutipan editorial berikut!

(1) Maka, 83 tahun Sumpah Pemuda patutlah kita jadikan refleksi otokritik perjalanan politik kebangsaan, khususnya dengan membaca kondisi 10 tahun terakhir. (2) Kesadaran tentang kebinekaan mesti disegarkan kembali. (3) Bukankah kita memiliki lebih dari 13.000 pulau, 250 bahasa dan dialek serta 1.000 etnis dan sub-etnis? (4) Sebenarnya gambaran itu secara jelas sudah menunjukkan bahwa kita hidup di ruang yang diliputi pluralitas. (5) Realitas itu sepatutnya terus menyadarkan tiap komponen bangsa ini untuk tidak bersikap dominan-dominanan. (6) Bukankah kita bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, Indonesia?

Dilihat dari strukturnya, kutipan editorial tersebut merupakan bagian dari ….
A. pernyataan pendapat
B. argumentasi
C. pernyataan ulang pendapat
D. pernyataan klasifikasi
E. pernyataan pendapat umum

27. Bacalah kutipan editorial berikut!

Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. Tanpa pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini. Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memilki rasa penasaranyang besar terhadap sesuatu yang baru.

Kalimat utama paragraf editorial di atas adalah ….
A. Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa.
B. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah.
C. Tanpa pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang.
D. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini.
E. Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memilki rasa penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru.

28. Bacalah kutipan editorial berikut!

(1) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan informasi belum menaikkan status Gunung Kelud dari siaga ke awas. (2) Selama 11 hari terakhir ini, ketinggian abu vulkanik mencapai 1.200 meter hingga 2.000 meter dengan rata-rata amplitudonya 30 milimeter. (3) Namun kondisi ini tampaknya belum mengkhawatirkan sampai pada fase evakuasi penduduk. (4) Di samping itu belum terjadi tanda-tanda yang bisa menimbulkan efek negatif yang berpotensi membahayakan. (5) Hal ini dapat dilihat dari ketenangan penduduk dalam beraktivitas kesehariannya.

Fakta yang disampaikan dalam penggalan teks editorial di atas terdapat dalam kalimat ….
A. (1) dan (3) D. (2) dan (4)
B. (1) dan (2) E. (3) dan (5)
C. (2) dan (3)

29. Simaklah kutipan teks editorial berikut dengan baik!

Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Ide pokok yang terdapat dalam kutipan tek meditorial di atas adalah ….
A. Konvensi tersebut merupakan pengakuan internasional yang tak langsung.
B. Penetapan 8 jam per hari merupakan ketentuan pokok perburuhan.
C. Delapan jam per hari ditetapkan menjadi standar perburuhan oleh ILO.
D. Kaum buruh akan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk hidup.
E. Industri perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa.

30. Bacalah kutipan tajuk rencana di bawah ini!

(1) Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.(2) Pemerintah pusat ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan uang dengan cara mengeksploitasi sumber daya alam. (3) Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan pepohonan hutan dengan kelapa sawit. (4) Pariwisata dianggap tidak terlalu menguntungkan bagi pejabat korup.(5) Tidak ada resor atau pengelola wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar setoran yang diberikan oleh pejabat hutan atau pemilik tambang. Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru datang dari operator wisata. Di Togean, seorang pemilik resor harus membayar nelayan secara berkala agar mereka tidak memburu ikan dengan bom. Ia berupaya menyadarkan masyarakat tentang arti penting keindahan alam di halaman rumah mereka. Di Hulu Bahau, Kalimantan Utara, seorang ketua adat besar berhasil menyadarkan masyarakat untuk menjaga hutan. Bersama lembaga seperti WWF, masyarakat di sana mengembangkan wisata sungai dan rimba.

Ringkasan dari teks tajuk rencana di atas adalah ….
A. Pariwisata di Indonesia tidak bisa berkembang karena pemilki tempat wisata tidak bisa membayar setoran kepada pejabat korup.
B. Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata datang dari operator wisata saja.
C. Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.
D. Perlu mengembangkan kesadaran masyarakat terhadap pengembangan wisata di Indonesia.
E. Rendahnya kesadaran akan potensi yang kita miliki merupakan problem utama tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia. Kesadaran itu muncul hanya pada operator wisata.

Buatlah nama sebuah brand dan tagline beserta logo-nya untuk sebuah perusahaan start up yang sedang berkembang di Indonesia. Nama brand dan tagline wajib dalam bahasa Indonesia. Perhatikan kriteria pembuatan nama dalam sebuah brand!

Regulasi:

Misi : Satu langkah ke depan dan menjadi yang terbaik

Visi : Membuat “made in Indonesia” yang dapat dipercaya dan andal

Produk : Bergerak di bidang metal sheet wood (laser metal, bending metal, weding metal, furniture berbahan metal, panel, doors dan railing, signbox, dll)

1. Frase bermakna ambigu terdapat pada kalimat ….
A. Mobil baru paman dicuri tadi malam.
B. Sakit tenggorokan sering diakibatkan oleh polusi udara.
C. Sakit pada mulut sering terjadi pada anak-anak.
D. Obat-obatan modern mampu menghilangkan rasa sakit dalam waktu singkat.
E. Pada tahun ini SPP siswa baru dinaikkan.

2. Di gudang itu terdapat tujuh karung beras. Dalam kalimat di atas terdapat frase ambigu, agar frase itu jelas dapat diganti dengan ….
A. tujuh karung tempat semen
B. tujuh karung untuk semen
C. tujuh karung isi semen
D. tujuh karung semen masih berisi
E. karung semen tujuh buah.

3. Kata penghubung antarklausa terdapat pada kalimat ….
A. Di Indonesia banyak lahan pertanian yang subur.
B. Karena hujan terus menerus, daerah itu banjir lagi.
C. Jika kamu belajar, kamu akan sukses.
D. Kepercayaan dari seseorang jangan kamu sia-siakan.
E. Kita harus berhati-hati agar selamat sampai tujuan.

4. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun …. untuk meyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi.

Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

A. kegiatan wisata
B. program pemulihan
C. rencana kunjungan
D. jadwal acara
E. kertas kerja

5.
Jarum jam terdengar berdetak … . Malam itu terasa … . Detak jam diding semakin keras. Aku menarik selimutku untuk menutupi wajahku. Sayup-sayup terdengar bunyi langkah menuju ke arah dapur yang berdampingan dengan kamar tidurku. Aku mengonsentrasikan perhatianku mengikuti bunyi langkah tersebut. Jantungku sekarang berdegup … . Langkah itu semakin menghilang. Aku pelan-pelan mengangkat tubuhku lalu bersender ke tiang tempat tidur. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk. Dengan spontan aku berteriak … . memanggil ibuku. Akan tetapi, teriakanku terhenti setelah mendengar kakakku memanggil namaku, “Ada apa Nit?”

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ….
A. hampir keras, hampir sunyi, kencang amat, tidak keras
B. tidak keras, sunyi sekali, kencang sekali, hampir keras
C. sedikit keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
D. sangat keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
E. sangat keras, sunyi sekali, tidak kencang, keras sekali

6. Bayu memang termasuk anak …. Tahun ini merupakan tahu kedua baginya duduk di kelas satu. Karena pada kenaikan kelas yang akan datang dia tidak naik lagi, dia harus keluar dari sekolah ini.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragraf tersebuat adalah …

A. kepala batu
B. otak udang
C. kepala dingin
D. besar kepala
E. keras kepala

7. Gedung bertingkat itu diancam akan diledakan dengan bom pada hari Senin.
Kalimat yang menggunakan frase atributif berimbuhan seperti frase bercetak miring dalam kalimat di atas adalah ….
A. Mobil yang dilengkapi dengan tenaga baterai bermunculan.
B. Cahaya matahari menerangi hotel berbintang di jalan Jenderal Sudirman.
C. Ia berlari dengan cepat agar tidak terlambat tiba di tempat ujian.
D. Orang tua terkadang tidak peduli akan perilaku anaknya.
E. Jika terjadi korban narkoba, pihak sekolah tidak bertanggung jawab.

8. Toko sepeda baru kebakaran tadi malam.

Frase toko sepeda baru bermakna ganda jika yang baru dimaksudkan toko, kalimatnya adalah
A. Toko baru menjual sepeda itu kebakaran tadi malam.
B. Toko baru sepeda yang baru itu kebakaran tadi malam.
C. Toko baru sepeda itu kebakaran tadi malam.
D. Toko baru yang menjual sepeda baru itu kebakaran tadi malam.
E. Toko yang menjual sepeda itu kebakaran tadi malam.

9. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun… untuk meyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi.

Kelompokan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….

A. kegiatan wisata
B rencana kunjungan
C. kertas kerja
D. program pemulihan
E. jadwal acara

10. Musim kemarau yang panjang membuat orang di desaku kekurangan air. Penduduk mencari air ke sumur-sumur yang masih ada airnya, salah satunya adalah sumur Pak Husin. Orang antre menimba air dan memikulnya sampai di rumah. Bukan hanya air yang . . . didapat, tanaman di sekitar rumahku pun banyak yang kering karena tidak mendapatkan air yang cukup. Demikian halnya hewan ternak terlihat . . . karena kekurangan minum dan menahan teriknya sinar matahari.

Frasa ajektiva yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A. agak menyulitkan; sangat kelaparan
B. amat susah; kurus-kurus
C. sangat sulit; amat lesu
D. sangat payah; tidak pernah makan
E. sangat susah, sangat menderita

1. Kalimat inti pada “Mereka sebenarnya pelukis berbakat” adalah ….
A. Mereka sebenarnya pelukis.
B. Mereka berbakat.
C. Mereka sebenarnya pelukis berbakat.
D. Mereka pelukis berbakat.
E. Mereka pelukis.

2. Pola kalimat yang sama dengan Bunga ros indah sekali adalah ….
A. Hasil pekalian bilangan itu dua ratus.
B. Kewajiban siswa belajar dengan tekun.
C. Baju biru adik saya sudah kotor.
D. Sang Merah Putih berkibar dengan megah.
E. Noegroho Notosusanto pengarang cerpen “Hujan Kepagian”

3. Kalimat Tadi pagi pagi ayah memanggil Heni, anak tetangga sebelah dengan keras.
Merupakan bentuk luas dari ….
A. Ayah memanggil.
B. Ayah memanggil Heni.
C. Ayah memanggil anak sebelah.
D. Tadi ayah memanggil anak tetangga sebelah.
E. Ayah berjumpa dengan anak tetangga sebelah.

4. Insinyur muda lulusan ITB tahun 2003 itu telah bekerja dikantor ayah.

Kalimat inti kalimat luas di atas adalah …
A. Insinyur muda lulusan ITB.
B. Insinyur lulusan ITB.
C. Insinyur muda.
D. Insinyur bekerja.
E. Insinyur muda.

5. Kalimat yang berpola S – P – K adalah .…
A. Penelitian itu dilakukan oleh beberapa orang siswa.
B. Dalam rapat itu hadir beberapa orang siswa.
C. Pertemuan itu diselenggarakan kemarin.
D. Ia mempelajari peta itu dengan cermat.
E. Mereka membahas isi makalah itu.

6. Kalimat di bawah ini tidak efektif, kecuali …
A. Selain itu, juga menyorot masalah kerusakan lingkungan.
B. Bagi perusak lingkungan hutan harus melapor setiap hari kekantor polisi selama seminggu.
C. Perintah itu harus melaksanakan.
D. Kerusakan lingkungan dapat berakibat fatal.
E. Masyarakat yang sadar akan keadaan lingkungan.

7. Hakim mempertemukan kedua orang yang bersengketa itu.
Makna gramatikal kata mempertemukan ialah .…
A. membuat janji bertemu
B. menyuruh bertemu
C. supaya bertemu
D. membuat pertemuan
E. berusaha mempertemukan

8. Kalimat inti pada Dia ternyata mahasiswa teladan adalah …
A. Dia mahasiswa
B. Dia mahasiswa teladan
C. Dia ternyata mahasiswa
D. Dia ternyata teladan
E. Dia teladan

9. Kalimat di bawah ini tidak efektif, kecuali .…
A. Dalam obat itu terkandung racun.
B. Sesudah itu, saya akan laksanakan tugas itu.
C. Bagi yang tidak kuat dilarang ikut serta.
D. Kakaknya akan membicarakan pada adiknya masalah serius itu.
E. Dalam naskah itu membicarakan persoalan itu.

10. Kalimat yang berpola S – P – O adalah ….
A. Sheila mengirim surat kemarin
B. Aryo naik kelas
C. Penggunaan pupuk menaikan hasil panen
D. Menurut cerita adik saya pernah datang kemari
E. Keadaan penduduk itu sangat menyedihkan

Perbaikilah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif dan baku!

 

 

  1. Bahasa adalah merupakan sarana komunikasi yang sangat penting.

 

  1. Segala peraturan-peraturan yang dikeluarkan wajib ditaati seluruh siswa.

 

  1. Keakraban ini dimaksudkan agar supaya ada kontak dengan alumnus.

 

  1. Di desa itu sangat banyak sekali anak yang belum bersekolah.

 

  1. Para guru-guru SMA Santa Maria sedang mengadakan rapat.

 

  1. Semua ini memang merupakan kendala hambatan bagi kita semua.

 

  1. Kedua sahabat itu saling jauh-menjauhi sekarang ini.

 

  1. Rumah di mana ia tinggal sangat luas.

 

  1. Mereka mengumpulkan tugas itu di dosennya.

 

  1. Motor yang di parkir yang di ujung itu miliknya.

1. Kita harus menggalang persatuan dan kesatuan.
Makna imbuhan per-an pada kata persatuan semakna dengan imbuhan per-an pada kalimat ….
a. Percetakan buku itu dekat rumah saya.
b. Dia menunggu saya di perhentian bus.
c. Ruang pertemuan itu terasa pengap.
d. Lahan pertanian telah digarap petani.
e. Persamaan wajah kedua anak itu terlihat sekali.

2. Pengimbuhan meN-kan yang tidak tepat terdapat pada ….
a. Jangan suka mengkesampingkan pekerjaan utama.
b. Ibu guru itu sedang memperhatikan murid-muridnya.
c. Silakan anda mengetengahkan masalah anda.
d. Penyakit yang diderita adik mencemaskan kami.
e. Soal Matematika itu memusingkan kami.

3. Berdasarkan perkiraan kami, pengunjung konser itu pasti melimpah.
Imbuhan per-an dalam kata perkiraan mempunyai makna .…
a. tempat/lokasi
b. hal perbuatan
c. hasil perbuatan
d. alat perbuatan
e. cara melakukan

4. Kalimat dengan imbuhan serapan yang tepat adalah .…
a. Ilmiawan itu telah menyelesaikan penelitiannya.
b. Dalam hal prinsipil, kita harus tegas dan jujur.
c. Sejarahwan harus jujur dalam berbicara.
d. Kita harus memiliki pemikiran konseptuil yang baru.
e. Pada awal abad ke-14, islamisasi di nusantara sudah dimulai.

5. Kakak membelikan ibu baju kebaya.
Fungsi imbuhan me-kan pada kata membelikan sama dengan imbuhan me-kan pada kata dalam kalimat ….
a. Ia mengucapkan janjinya di depan kedua sahabatnya.
b. Ayah membacakan adik dongeng.
c. Ibu menyediakan makan malam.
d. Paman menjahitkan celananya yang baru.
e. Kejadian itu sangat mengerikan.

6. Imbuhan ber- yang mempunyai arti mempunyai terdapat pada kalimat ….
a. Mereka berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah.
b. Imron bersepeda ke masjid.
c. Ibu berbelanja di Pasar Induk Kramatjati.
d. Kedua kesebelasan itu akan bertanding di Surabaya.
e. Hasan bermaksud mengunjungi makam nenek di Bandung.

7. Kalimat-kalimat berikut ini mengandung kata yang berawalan se-.
Awalan se- yang menyatakan makna satu terdapat pada kalimat .…
a. Hargailah sesama manusia.
b. Jangan bertindak sekehendak hati,
c. Wanita setengah baya itu tampak masih sangat bersemangat.
d. Sepulang sekolah ia terus pergi ke rumah kakeknya.
e. Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya gagal juga.

8. Afiks ke-an pada kata di bawah ini berfungsi sebagai pembentuk kata benda, kecuali …
a. kebaikan
b. kebersihan
c. ketuhanan
d. kepergian
e. kelihatan
9. Begitu melihat polisi datang, mereka yang bergerombol itu lari berhamburan.

Afiks yang searti dengan yang terdapat pada berhamburan terdapat pula pada .…
a. berjualan
b. bertubrukan
c. berhalangan
d. berlarian
e. bertabrakan

10. Imbuan ber- yang mempunyai arti memiliki terdapat pada kalimat ….
a. Micky bersepeda ke sekolah.
b. Murid berusaha menyelesaikan tugasnya.
c. Saya bermaksud mengunjungi nenek.
d. Ibu berbelanja di pasar.
e. Petinju itu berkeringat selama bertanding.

1. (1) Dia menerima tamu di teras rumahnya. (2) Mereka berfoto di teras istana presiden. (3) Dia berdiri di samping pejabat teras itu. (4) Buah mangga itu jatuh dari pohonnya (5) Kedudukannya jatuh setelah kejadian itu.

Kalimat yang menggunakan kata bermakna homograf adalah .…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

2. Karena ketenarannya, Inul menjadi buah bibir di mana-mana. Ungkapan yang semakna dengan kalimat di atas adalah .…
A. Dia hanya mencari bunga kehidupan saja dalam kehidupan ini.
B. Kecantikan anak gadisnya menjadi bunga mulut pemuda di RT ini.
C. Bunga bahasanya telah memikat siapa saja.
D. Dia berhasil memikat bunga idaman yang jadi rebuatan pemuda.
E. Kumpulan puisi itu terkumpul dalam bunga rampai.

3. Homonim yang sekaligus homograf terdapat pada kalimat ….
A. Saya agak sangsi dengan kejeraan siswa yang mendapat sanksi seringan itu.
B. Bang Dayat sekarang bekerja sebagai satpam di Bank itu.
C. Sekarang bukan masanya lagi kita mengerahkan massa.
D. Bila saya beruang nanti saya akan membeli rumah yang beruang besar.
E. Setelah mengenakan kemeja rapi barulah ia menuju ke meja makan.

4. (1) Halaman sekolah kami luas dan bersih. (2) Sebelum di uji coba, guru mengedit soal-soal itu. (3) Halaman 14 buku itu ternyata tidak ada. (4) Saya menyunting naskah buku itu. (5) Dodi sanggup mengangkat benda berat itu. (6) Dia telah berhasil mengangkat nilainya.

Kata yang bermakna homonim adalah….
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 5 dan 6
d. 2 dan 5
e. 4 dan 6

5. Kata yang mengalami penyempitan makna dalam kalimat di bawah ini adalah .…
a. Kapal induk AS berlayar ke Timur Tengah.
b. Doni tinggal di Puri Karang Asem
c. Saudara harus memperhatikan pelajaran ini.
d. Ibu guru itu bijaksana menghadapi murid-muridnya.
e. Ia bercita-cita menjadi sarjana pendidikan.

6. Frase bermakna ambigu terdapat pada kalimat .…
a. Mobil baru paman di curi tadi malam.
b. Sakit tenggorokan sering diakibatkan oleh polusi udara.
c. Sakit pada mulut sering terjadi pada anak-anak.
d. Obat-obatan modern mampu menghilangkan rasa sakit dalam waktu singkat.
e. Pada tahun ini SPP siswa baru dinaikkan.

7. Makna palem, enau, pinang, dan kelapa tercakup dalam makna palma. Makna semacam ini disebut makna .…
a. hiponim
b. sinonim
c. hipernim
d. polisemi
e. homonim

8. (1) Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa saja merasa tenteram. (2) Tampak pasir putih, ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak jalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah pemuda itu tadi lari ke sana ke mari.

Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor .…
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

9. …. itu dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
a. ruang pelatihan
b. ruangan berlatih
c. ruang latih
d. ruang perlatihan
e. ruang melatih

10. Pertanian dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu dasar kultur rekayasa genetika jaringan dan rekayasa genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita mengisolasi jaringan dan sel-sel tumbuhan kemudian menanamkannya di luar tumbuhan-tumbuhan itu sendiri. Kultur jaringan sebesar satu sentimeter kubik berisi kurang lebih sejuta sel.

Makna kultur pada paragraf di atas adalah ….
a. berhubungan
b. kebudayaan
c. pembudidayaan
d. proses
e. gen sejenis

(1) Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati, mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.

1. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (6)
B. (5)
C. (4)
D. (3)
E. (2)

2. (1) Pengantisipasi berbagai persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.

Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (5)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3), (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)

3. Subsidi tidak selalu jelek. Yang tidak kita inginkan adalah subsidi harga (price subsidy) seperti pada BBM ini, sebab penikmat terbesar subsidi adalah golongan berpunya. Bahkan subsidi harga BBM ini hanya dinikmati 7% dari 38 juta penduduk miskin. Seharusnya adalah subsidi langsung (direct subsidy) kepada rakyat dalam bentuk program- program terpadu untuk meningkatkan kualitas hidup seperti kesehatan dan pendidikan.
Sumber: Kompas, 5 Agustus 2007
Opini penulis dalam teks di atas yang tepat adalah …
A. Subsidi BBM sudah dinikmati oleh kalangan menengah dan atas.
B. Subsidi BBM sudah tepat sasaran yaitu kalangan menengah dan atas.
C. Subsidi BBM belum disediakan untuk kalangan menengah dan atas.
D. Subsidi BBM seharusnya diberikan kepada rakyat dalam bentuk uang.
E. Subsidi BBM seharusnya langsung kepada rakyat dalam program terpadu.

4. Sejak diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008, film Laskar Pelangi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Karena hanya dalam waktu 1,5 bulan, film produksi Miles Film yang disutradarai Riri Reza ini telah ditonton 3,9 juta orang. Pencapaian angka tersebut melebihi angka penonton yang diraih film box office sebelunya, Ayat-Ayat Cinta.
Film Ayat-Ayat Cinta, garapan sutradara Hanung Bramantyo, ditonton sebanyak 3.581.947 orang sepanjang dua bulan penayangannya di jaringan bioskop 21, serta sekitar 120.000 penonton di luar jaringan bioskop 21. Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah penonton Laskar Pelangi akan menembus angka 4 juta penonton. Menariknya, kedua film ini sama-sama hasil adaptasi novel yang juga laris.
Warta Kota, Kamis, 13 November 2008
Fakta yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …
A. Film Laskar Pelangi diputar serempak di layar bioskop mulai 25 September 2008.
B. Dalam waktu dua bulan film Laskar Pelangi produksi Miles Film ditonton oleh 3,9 juta orang.
C. Dalam waktu dekat diperkirakan jumlah penonton Laskar Pelangi akan mencapai 4 juta orang.
D. Film Laskar Pelangi di luar jaringan bioskop 21 ditonton oleh 120.000 penonton.
E. Jumlah penonton film Ayat-Ayat Cinta melampaui jumlah penonton film Laskar Pelangi.

5. Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah. Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa memacu produktivitasnya. Sebaliknya, untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlahnya yang mencapai 3,6 juta rupiah.
Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun rupiah. Jawaban untuk keluar dari persoalan ini tidak bisa lain, kecuali melakukan reformasi birokrasi, terutama rasionalisasi jumlah PNS. Sebab, jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan.
Dengan adanya rasionalisasi, pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji. Bukan hanya itu, pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment.
Opini yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana di atas adalah ….
A. Memang tidak bisa dipungkiri, gaji PNS sangatlah rendah.
B. Agar dapat menaikkan gaji PNS secara signifikan, pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.
C. Untuk menaikkan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan mencapai 3,6 juta rupiah.
D. Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana sebesar 7,6 triliun rupiah.
E. Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk memacu produktivitasnya.

6. Fakta yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana soal nomor 5 adalah ….
A. Pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk mengelola pemerintahan.
B. Pemerintah akan mempunyai kemampuan untuk menggaji PNS.
C. Pemerintah akan menerapkan sistem reward and punishment.
D. Pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun rupiah untuk memberikan gaji ke-13.
E. Untuk menaikkan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar.

7. (1) Pemerintah masih menunggu harga minyak mentah dunia stabil di kisaran 60 dolar AS per barel dalam dua bulan ke depan. (2) Jika harga minyak mentah bisa bertahan pada posisi itu, harga solar dan minyak tanah baru bisa diturunkan. (3) ”Kira-kira yang realistis kalau (harga minyak mentah) sudah ke 60 dolar AS per barel, pas dan stabil satu sampai dua bulan, baru diubah lagi,’’ kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta di Jakarta, Jumat (7/11). (4) Dua hari lalu, pemerintah menurunkan harga BBM bersubsidi jenis premium sebesar Rp500 per liter menjadi Rp 5.500 terhitung 1 Desember. (5) Harga solar saat itu tetap Rp5.500 per liter dan minyak tanah Rp2.500 per liter.

Kalimat yang menyatakan fakta paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

8. (1) Bahasa Indonesia semakin diminati warga asing di luar negeri dan telah diajarkan setidaknya di 73 negara. (2) Tenaga pendidik bahasa Indonesia untuk luar negeri juga semakin dibutuhkan, kata Koordinator Program Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional Pengesti Wiedarti. (3) Beliau juga mengatakan, permintaan terhadap tenaga pendidik bahasa Indonesia ternyata terbilang cukup banyak. (4) Begitu pula, pengiriman tenaga pendidik bahasa Indonesia ke luar negeri tergantung dari bentuk kerja sama antarnegara dan lembaga di berbagai bidang. (5) Saat ini terdapat sekitar 219 lembaga yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di 73 negara.
Kalimat opini dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (1)

9. (1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 400.000 orang.
(2) Jateng menyumbang sekitar 10 persen kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) “Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41 persen maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang,” sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja

Fakta yang terdapat dalam artikel tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

10. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor. Orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di Puncak.

Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ….
A. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
B. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar.
C. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
D. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal.
E. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

01. Minimnya lapangan kerja dan bertambahnya kantong-kantong kemiskinan baru membuat rakyat tak mampu membeli kebutuhan paling dasar, yakni makanan bergizi. Setiap hari sebagian rakyat mengonsumsi nasi aking. Akibatnya, malapetaka gizi buruk dan busung lapar mengintai kehidupan mereka. Pada akhirnya akan menghasilkan pemasalahan lebih besar yakni sebagian anak-anak akan menjadi generasi yang hilang di masa mendatang. Bangsa ini tak lama lagi akan menjadi bangsa idiot tidak cerdas, mudah didikte, dan diperalat oleh bangsa asing.

Hal yang tidak dipermasalahkan dalam paragraf di atas adalah ….
A. Orang miskin terus bertambah.
B. Jumlah lapangan kerja terbatas.
C. Ketidakmampuan masyarakat untuk membeli makanan.
D. Ancaman gizi buruk dan busung lapar.
E. Kekhawatiran akan timbul generasi yang hilang di masa mendatang.

2. Gagasan pokok paragraf (No. 01) adalah tentang ….
A. Kekhawatiran kasus gizi buruk dan busung lapar.
B. Generasi yang hilang.
C. Munculnya anak-anak yang tidak cerdas.
D. Keterbatasan lapangan kerja dan bertambahnya kantong kemiskinan.
E. Bahaya busung lapar dan gizi buruk

3. Kalimat yang berupa fakta terdapat dalam …
A. Akibat becana Tsunami diperkirakan ratusan ribu orang tewas.
B. Wabah flu burung merupakan wabah penyakit paling mengkhawatirkan saat ini.
C. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen pada tahun 2006.
D. Kenaikan tarif dasar listrik dan bahan bakar minyak yang beruntun membuat masyarakat panik.
E. Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui kenaikan tarif dasar listrik sebesar 30%.

4. Sekian dulu surat lamaran dari saya ini, terima kasih banyak atas diterimanya diri saya di perusahaannya.
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut yang tepat adalah ….
A. Demikian surat lamaran saya ini, terima kasih banyak saya ucapkan atas diterimanya diri saya.
B. Sekian surat yang saya berikan, terima kasih banyak saya ucapkan kepada Bapak.
C. Sekian surat yang saya ajukan, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.
D. Demikian surat lamaran ini. atas pertimbangan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
E. Demikian surat lamaran ini. Atas perhatiannya saya menghaturkan banyak terima kasih.

5. Topik : Perbaikan Mental Remaja
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah …
A. Remaja banyak sekali memerlukan perhatian orang di sekitarnya.
B. Banyak orangtua yang tidak memahami tabiat anak remaja.
C. Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba.
D. Dewasa ini banyak terjadi kenakalan remaja yang disebutkan berbagai faktor.
E. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental remaja.

6. Topik : Pengaruh kualitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa.
Perumusan masalah yang sesuai dengan topik di atas adalah …
A. Apa yang dimaksud dengan perpustakaan berkualitas?
B. Bagaimana syarat perpustakaan dikatakan berkualitas?
C. Bagaimana pengaruh kualitas perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa?
D. Bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa?
E. Apa yang harus dilakukan untuk menjadikan perpustakaan berkualitas?

7. Hadirin sekalian, banjir yang melanda sebagian wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur, diakibatkan area tangkapan sungai di tiga wilayah tersebut sudah semakin sempit. Rata-rata lebar semua kali di Jakarta hanya lima meter. Padahal area tangkapan ideal adalah 20 meter. Penyebab utama penyempitan kali-kali di Jakarta karena banyak pembangunan di kiri dan kanan pinggiran kali. Kali-kali akan meluap karena aliran air terhambat.Hal tersebut diperparah oleh banyaknya tumpukan sampah yang mempersempit aliran air sehingga mengurangi daya tampung kali. [….]

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Oleh sebab itu, hendaknya pemerintah menyediakan dana yang sangat besar untuk mengeruk kali-kali yang sudah dangkal.
B. Karena itu, marilah kita semua, pemerintah dan warga DKI Jakarta, membenahi keadaan kali-kali itu agar arus air lancar.
C. Oleh karena itu, marilah kita bongkar bangunan-bangunan yang berada dibantaran kali-kali itu agar arus air lancar.
D. Untuk itu, Pemerintah DKI Jakarta hendaknya bersikap tegas kepada warga yang membangun rumah dibantaran kali-kali itu.
E. Untuk menghindari banjir tahun depan, pemerintah hendaknya memberikan dana yang cukup besar kepada warga di sekitar kali itu.

8. Penulisan judul yang tepat dan sesuai dengan EyD adalah ….
A. Dampak Penghematan Buah Impor Bagi Pedagang Di PasarTradisional
B. Dampak Penghematan Buah Impor Bagi Pedagang di Pasar Tradisional
C. Dampak Penghematan Buah Impor bagi Pedagang Di pasar Tradisional
D. Dampak Penghematan Buah Impor bagi pedagang di Pasar Tradisional
E. Dampak Penghematan Buah Impor bagi Pedagang di Pasar Tradisional

9. Unsur kontra propaganda terdapat pada babak pertama drama “Pandu Partiwi,” digambarkan lewat dialog antara Jaya dan Pandu. Meskipun terkesan bertujuan mempropaganda bangsa Indonesia untuk turut andil membantu Jepang dalam Perang Dunia II, tetapi sebenarnya memiliki makna dualis, yakni sebagai bentuk keragu-raguan, kebencian, kebingungan, dan pemberontakan menghadapi keadaan tak menentu karena kesewenangan Jepang. Bagian itu juga menunjukkan sikap tegas pemuda Indonesia dengan semangat juang untuk meraih kemerdekaan.

Kalimat tsimpulan yang sesuai dengan kutipan esai sastra tersebut adalah …
A. Drama “Pandu Partiwi” menggambarkan sikap tegas pemuda Indonesia yang kontra propaganda Jepang.
B. Drama “Pandu Partiwi” menggambarkan keturutsertaan Indonesia dalam membantu Jepang pada Perang Dunia II.
C. Drama “Pandu Partiwi” menggambarkan pemuda Indonesia tidak turut andil dalam Perang Dunia II melawan Amerika dan Inggris.
D. Drama “Pandu Partiwi” menggambarkan pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang untuk meraih kemerdekaan.
E. Drama “Pandu Partiwi” menggambarkan kesewenangan Jepang selama masa kependudukannya di Indonesia

10. Rumput jadi rakit sederhana
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah …
A. (1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih

B. (1) Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja keras dan ibadah

C. (1) Meskipun sedikit harta
(2) Jangan lupa bersedekah

D. (1) Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman

E. (1) Jika kamu ingin bahagia
(2) Mari kita bersedekah ria