Surabaya, Krisanonline.com – Krisanis, nama lengkap saya Adrea Wilhelmina dan saya biasa dipanggil Dea. Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Di sini saya ingin berbagi cerita tentang kemandirian yang saya rasakan di Surabaya. Sebelumnya saya ingin bertanya kepada Krisanis, apakah sebagian dari kalian ingin mandiri seperti tinggal di kos, asrama, atau lain-lain?  

Begini …dulu saya ingin mandiri seperti tinggal di kos dan asrama. Itu bermula sejak kakak saya duduk di bangku SMA. Kakak saya bersekolah di salah satu SMA swasta di Surabaya. Saya pun ingin seperti kakak saya yang mandiri. Saya mulai mencari sekolah swasta di Surabaya yang favorit seperti SMA Santa Maria (SanMar).

Awalnya saya sudah mengetahui SMA SanMar sejak lama. Namun, saya masih ingin memilih sekolah di luar SMA SanMar. Saya ingin masuk ke sekolah swasta di Malang. Namun, orang tua tidak mengizinkan. Akhirnya, saya pun memilih SMA SanMar. Awalnya, orang tua saya sempat ragu akan keputusan saya.  Sebab, saya pasti akan tinggal di kos. Namun, saya membujuk orang tua agar memberi kepercayaan bahwa saya sanggup tinggal di kos. Akhirnya, orang tua pun menyetujui.

Sebelum keluarga saya pergi meninggalkan saya di Surabaya, kami menghabiskan waktu bersama-sama. Saat malam terakhir,  saya menangis karena saat itu adalah malam terakhir saya bersama keluarga. Keesokan paginya keluarga saya kembali ke kampung halaman. Saya pun menangis karena saya tidak menyangka saya akan tinggal sendirian di Surabaya.

Di awal-awal saya merasa kesepian karena tidak ada teman untuk bercerita, tidak ada teman untuk bersenang senang. Saya mengira mandiri itu keren dan menyenangkan, tapi ternyata mandiri itu lebih ke arah tantangan dan membuat pribadi saya  lebih kuat lagi.  Seiring waktu, saya bersyukur mendapat teman-teman dan guru-guru yang berkepribadian hangat dan baik hati. Saya juga senang diterima dalam bagian keluarga besar SMA SanMar. 

Bagi Krisanis yang sekarang bersekolah, tapi tinggal bersama orang tua hendaknya  selalu  bersyukur karena bisa menghabiskan waktu selalu bersama  orang-orang tercinta. Namun, bagi Krisanis yang saat ini tinggal di kos ataupun asrama jangan lupa untuk juga selalu bersyukur karena orang tua kalian telah memberi kepercayaan yang penuh untuk mandiri. Jadi, kemandirian itu penting!

(Kontributor: Adrea Wilhelmina, Siswi X MIPA 1, SMA Santa Maria Surabaya.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here