Surabaya, Krisanonline.com – Krisanis, nama lengkap saya Patricia Angel – biasa dipanggil Patricia. Dulu, saya berasal dari SD dan SMP swasta di Surabaya. Hal itu menyadarkan saya bahwa saya menghabiskan waktu 9 tahun belajar di suatu tempat yang sama setiap harinya. Akibatnya, untuk mendapatkan teman dan bersosialisasi pun menjadi sangat terbatas. Apalagi, jumlah siswa di sekolah tersebut sedikit. Akhirnya, membuat saya menjadi tertutup akan dunia luar.

Nah, pada saat saya kelas 9, sekolah mengadakan program menarik pertukaran pelajar ke Perth, Australia. Awalnya, saya agak ragu untuk mengikuti program ini.  Saya pun memberanikan diri mengikuti program tersebut. Puji Tuhan, Orangtua pun (mama dan papa) selalu mendukung langkah-langkah saya. Nah, jadilah saya mengikuti program tersebut.

Setelah melalui beberapa tes, seperti tes bahasa Inggris, mendengar, menulis juga membaca, plus tes psiko, akhirnya saya terpilih mewakili sekolah dalam program pertukaran pelajar ini. Wah, saya begitu senang waktu itu.

Implementasinya, program ini berlangsung selama 2 minggu. Saya harus tinggal di rumah orang asing. Bersekolah bersama dan melakukan banyak kegiatan bersama  warga Australia. Dan…jauh di luar dugaan saya, program ini ternyata sungguh menyenangkan sekali. Saya banyak belajar hal–hal baru.

Saya berhasil keluar dari ‘zona nyaman’ saya. Kini, saya menjadi terbuka dan mudah untuk bersosialisasi pada siapa saja. Program ini juga membantu saya membentuk karakter, pribadi, dan mental yang baik yang dapat berguna bagi masa depan kelak. Saya bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Terkhusus, pada orangtuaku. Sungguh ini pengalaman terbaik yang pernah ada.

(Kontributor: Patricia Angel, Siswi MIPA 3, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here