Surabaya, KrisanOnline.com – Krisanis, masa-masa liburan telah semakin dekat. Sudah saatnya kita bersiap pergi wisata. Bagi Krisanis yang masih bingung, “Alas Purwo” bisa menjadi alternatif destinasi yang mengesankan.

Alas Purwo merupakan taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Alas Purwo juga dikenal sebagai hutan tertua di Pulau Jawa serta terdapat berbagai situs bersejarah. Tak heran, jika warga lokal menganggapnya sebagai tempat “keramat.”

Selain itu, tempat ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan terawat sehingga layak untuk dikunjungi. Tempatnya masih alami dan akses untuk mencapai tempat wisatanya sangat mudah. Tempat ini sudah difasilitasi dengan jalan yang beraspal. Untuk menjelajahi Alas Purwo, kita dapat menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Biaya melihat lokasi hanya Rp 6.000,-/orang. Krisanis, sudah dapat menikmati seluruh keindahan yang ada di dalamnya. Tak jauh dari pintu masuk, kita dapat menemukan hutan yang rindang dengan pepohonan yang menjulang tinggi sepanjang jalan.

Di Alas Purwo kita juga dapat mengunjungi Pura dan bebatuan peninggalan Kerajaan Majapahit di Situs Kawitan. Situs Kawitan merupakan peninggalan Candi Hindu sisa peninggalan Kerajaan Majapahit yang tidak berhasil dimusnahkan oleh Kerajaan Demak. Tempat ini biasanya digunakan oleh umat beragama Hindu untuk melakukan upacara keagamaan dan ritual pada hari-hari tertentu. Di dekat situs Kawitan juga dibangun Pura Giri Selaka sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Di Alas Purwo juga ada padang rumput luas yang disebut Sadengan. Sadengan ini  merupakan padang Sabana yang didalamnya terdapat satwa seperti banteng, rusa, merak, dan lain-lain. Untuk mengamati satwa yang ada disana disediakan sebuah menara kecil dan bangku untuk pengunjung.

Saat Krisanis menyusuri lebih dalam, Krisanis akan menemui tanah lapang yang biasanya digunakan sebagai wilayah perkemahan. Banyak orang berjualan makanan ringan dan minuman serta terdapat beberapa orang yang menawarkan jasa antar ke Pantai Plengkung. Memang ketika kita berkunjung ke Alas Purwo rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Plengkung. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa 1 mobil Jeep beserta supirnya sebesar Rp 250.000,- untuk pulang pergi.

Berbicara tentang Pantai Plengkung, pantai ini juga dikenal sebagai G-land Beach yang merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak besar yang sangat diminati oleh para peselancar sehingga tak jarang kita dapat melihat banyak klub peselancar baik dari luar negeri maupun dalam negeri berkumpul. Didekat pantai juga disediakan tempat penginapan bagi para peselancar ataupun wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati keindahan pantai. Selain itu, ditempat ini juga terdapat helipad yang menjadi ciri khas pantai ini.

Tak kalah seru, kita juga akan menemui hutan bambu indah yang menuju ke pantai. Pantai tersebut memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun, sayangnya lokasinya kurang terawat. Terlepas itu, kita tetap dapat menikmati keindahan yang ditawarkan. Mmmm…!

Saya menyarankan kalau Krisanis ingin ke Alas Purwo, saat yang paling baik untuk pergi ke tempat wisata ini adalah sore hari menjelang matahari tenggelam Bagi para pecinta foto, jangan khawatir karena setiap tempat dari wisata ini sangat layak untuk dijadikan objek foto. Jadi jangan lupa untuk menjadikan Alas Purwo menjadi destinasi wisatamu berikutnya, ya? Ayo, ke Alas Purwo!(Kontributor: Catherine Kirsten E. W., Alumni Siswi XII IPA 2, SMA Santa Maria Surabaya)

BAGIKAN
Berita sebelumyaTakjil Parade SanMar
Berita berikutnyaTertanda, Bumi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here