Surabaya, KrisanOnline.com – Krisanis, kalau bicara soal permasalahan hukum di Indonesia memang tiada habisnya. Ada yang sudah diselesaikan dengan baik, tapi ada juga yang masih dalam perjalanan penyelesaian. Nah, kali ini mantan staf redaksi Krisan berhasil mewawancarai salah satu alumni SMA Santa Maria Surabaya yang berkecimpung di dunia hukum sebagai Dosen di Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya). Ya, beliau adalah Irta Windra Syahrial. Berikut laporan tanya jawabnya yang dituangkan dalam halaman ini.

 Siapa nama lengkap Ibu?                                                                      

Ya, nama lengkap saya Irta Windra Syahrial, S.H., M.S dan biasa disapa Ibu Irta. Saya merupakan alumni SMA Santa Maria Surabaya.

Apa pekerjaan Ibu sekarang?

Sekarang, saya bekerja sebagai Dosen di Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya).

Apa yang biasanya sering Ibu lakukan bila ada waktu luang?

Saat saya memiliki waktu luang yang cukup, biasanya sih, saya gunakan untuk membaca buku-buku sebagai tambahan referensi dan membuka cakrawala ilmu saya. Namun, seperti kebanyakan wanita-wanita lainnya, saya pun suka menghabiskan waktu untuk jalan-jalan dan mendengarkan musik.

Menurut Ibu, bagaimana kondisi hukum di Indonesia saat ini?

Menurut saya, penegakan hukum di Indonesia harus diperhatikan betul-betul dan perlu ditingkatkan lebih lagi. Masih banyak kasus hukum di Indonesia yang benar-benar perlu mendapat perhatian yang intens dan serius.

Kalau boleh tahu, suka dukanya menjadi dosen apa, ya Bu?

Mmm….menjadi dosen bagi saya lebih banyak sukanya sih karena bisa berkumpul dengan banyak anak muda yang energik dan bersemangat. Tentu saja, aura ini  membuat saya lebih tambah bersemangat mengajar dalam memberikan materi kuliah di kelas. Kalau dukanya, apa ya… mungkin terasa agak capek ya… Itu saja sih.

 Apa yang menjadi motto hidup Ibu?

Hidup itu harus diperjuangkan. Jangan jadi orang yang tinggal terima nasib saja dan berpasrah dengan hidup. Berusahalah sekuat tenaga sesuai kemampuan yang kita miliki. Jadilah orang yang selalu positive thinking pada setiap orang di setiap kesempatan dan di setiap waktu.

 Bagi Ibu, siapa saja yang berperan dibalik kiprah Ibu saat ini?

Bagi saya, orangtua dan keluarga saya merupakan tokoh terpenting di balik kiprah saya sampai saat ini. Oleh karena, keluarga saya begitu mendukung setiap hal yang saya lakukan. Namun, yang paling terutama adalah peran ibu saya karena ketika saya akan menghadapi ujian, beliau selalu berpuasa dan selalu mendoakan saya agar bisa lulus ujian.

 Adakah pesan khusus anak-anak Santa Maria?

Pesan saya untuk anak-anak Santa Maria singkat saja harus selalu berprestasi dan selalu memegang teguh janji dan semangat Serviam di hati. Oleh karena, brand Santa Maria sudah bagus dan dikenal baik oleh masyarakat. Jadi, pertahankan itu selalu dan perjuangkanlah.

(Kontributor; Hana Maria, Mantan Staf Redaksi Majalah Cetak Krisan, dan Alumni SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here