Surabaya, KrisanOnline.com– Memasuki hari ke-2 (11/06), kegiatan lokakarya guru SMA Santa Maria Surabaya dengan topik “STEAM Revolusi Industri 4.0″ masih diwarnai dengan paparan dan narasi-narasi inspiratif dari Indra Charismiadji, seorang pengamat dan praktisi pendidikan spesialisasi abad 21.

Menariknya, di setiap kegiatan lokakarya selalu ada materi yang namanya Debat Asian Parliamentary. Dalam materi debat ini para guru yang telah tergabung dalam kelompok mempresentasikan sebuah tema menarik berkaitan dengan isu-isu aktual tentang tantangan pendidik di era globalisasi abad 21.

“Format debatnya hari ini masih sama dan akan melibatkan dua tim. Tim pertama tim pemerintah dan tim kedua tim oposisi yang masing-masing terdiri dari tiga orang pembicara. Jalannya debat akan dipandu oleh seorang moderator yang akan memanggil pembicara sesuai urutannya. Jangan lupa siapkan seorang time keeper yang akan menghitung waktu saat pembicara menyampaikan argumentasinya,” terang Pak Indra.

Hasil akhir yang diharapkan dari penerapan metode debat ini adalah guru mampu mengambil risiko terlibat dalam pengalaman untuk mencari data-data dan argumen yang kuat berkaitan topik yang diangkat. “Prinsipnya guru akan bertahan dalam pemecahan masalah, merangkul dalam konsep kolaborasi bersama teman-temannya dan mampu bekerja melalui proses dan kegiatan yang kreatif,” imbuh Bapak yang telah menyelesaikan studi dari The University of Toledo, lalu melanjutkan studi ke Dana University, Ottawa Lake, Amerika Serikat ini. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here