2 tahun berlalu, tak disangka mereka telah menginjak kelas 9. Mereka semakin rajin dan giat belajar. Rahmad selalu mengajarkan kemampuannya dalam pelajaran kepada sahabat-sahabatnya. Setiap hari mereka melakukan kegiatan belajar bersama ke rumah Reno. Mereka pergi ke sana menggunakan mobil Reno yang dia bawa ke sekolah sejak kelas 9. Mobil itu dari ayah Reno karena sewaktu kenaikan Reno mendapatkan Ranking 4. Sungguh bangga ayah Reno karena anaknya menjadi seorang yang semakin pintar, rajin dan cerdas.

Hari ini sekolah pulang lebih awal, karena guru sedang ada rapat Ujian Nasional, Lucy, Reno, Rahmad, dan Danu langsung ke parkir sekolah untuk mengambil mobil mewah milik Reno, mereka berempat segera naik dan keluar dari sekolah menuju rumah Reno. Tiba-tiba ditengah jalan mobil Reno mogok. “Ada apa ini, dasar mobil!” ucap Reno dengan amat kesal. “Ada apa memangnya, Reno?” tanya Danu “Biasalah mogok,sebentar ya aku cek dulu!” “Baiklah.

Tak berapa lama Reno selesai mengecek “Tidak ada yang rusak pada mesin, bensin juga masih banyak. Ehm, teman-teman?” “Ada apa Reno?” jawab Lucy, Rahmad, dan Danu serentak. “Begini, apakah kalian mau mendorong mobil ini?” Reno berkata dengan meringis. “Gitu aja kok, tenang aja. Aku, Lucy, dan Rahmad pasti bisa!” sahut Danu “Iya, dong” jawab Lucy dan Rahmad. Kemudian mereka bertiga pun ke belakang mobil untuk mendorong. Tak berapa lama kemudian mobil kembali menyala dan semuanya masuk ke dalam mobil. Mereka melanjutkan perjalanannya ke rumah Reno.

Hari yang menegangkan telah tiba, yaitu Ujian Nasional. Dan…4 hari berlalu, Ujian Nasional telah selesai dan para murid harus menunggu sesuatu yang lebih menegangkan lagi, yaitu hasil dari usaha dan kerja keras mereka. Nilai untuk melanjutkan ke SMA. Hari itu tiba dan Rahmad menjadi juara 1 seluruh sekolah dan nilai akhirnya sangat baik dan bagus sekali, yaitu 40.00. Sedangkan Lucy mendapat juara 2 dengan nila akhir 39.02. Danu mendapat juara 4 dengan nilai akhir 37.55 dan Reno mendapat juara 7 dengan nilai akhir 35.30. Rahmad mendapat beasiswa untuk bersekolah di sekolah elit diJakarta. Reno diajak kembali ke kampugnnya Bandung. Danu harus pergi ke Amerika atasa permintaan ayahnya untuk bersekolah basket disana. Lucy ingin mencoba hal baru. Dia pergi ke Prancis untuk sekolah fotografi dan mereka pergi dalam hari yang sama.

Sebelum pergi, mereka bertemu di sebuah rumah pohon (bersambung)

 (Kontributor: Mathew Gunawan, Alumni XII IPA, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here