Surabaya, Krisanonline.com – Krisanis, SMA Santa Maria sudah dikenal dengan sejak zaman dulu sebagai sekolah favorit dan tingkat disiplinnya yang tinggi. Berbagai pengalaman alumni telah mewarnai setiap tahunnya. Kali ini saya (William Wicaksana/ XII IPS) mendapat kesempatan berbincang dengan salah satu alumni SMA Santa Maria Surabaya tahun 1977, yaitu Lili Muljani Santoso atau lebih akrab dipanggil Ibu Lili . Berikut petikan wawancaranya:

Langsung saja ya Ibu Lili, mengapa Ibu tertarik masuk SMA Santa Maria dulu? Bisa Ibu ceritakan sedikit?

Ya, waktu itu SMA Santa Maria (SanMar) lagi terkenalnya. SanMar terkenal karena ada drumband-nya. Padahal, sekolah lain tidak ada. Makanya, SanMar jadi terkenal  tahun 1974 itu. Selain itu SanMar terkenal karena disiplinnya juga. Kepala sekolahnya dari Jerman. Namanya “Merr Romana.” Merr Romana sosok kepala sekolah yang dihormati dan disegani karena disiplinnya yang luar biasa.

Kalau tidak salah, dulu itu SanMar dikenal sebagai sekolah perempuan, ya Ibu Lili?

Ya,  benar. Dulu SanMar adalah sekolah khusus murid perempuan. Tapi ada juga sekolah yang dekat dengan SanMar, khusus laki-laki. Nah, pas saya masuk SanMar, itu merupakan tahun pertama SanMar menerima siswa baik perempuan maupun laki-laki yang digabung jadi satu. Seragamnya dulu hanya ada satu. Siswi memakai rok warna hijau dan atasannya putih. Lalu, untuk siswanya memakai celana krem dan atasan putih.

Sekarang ini SanMar memiliki portal digital yang sifatnya real time yang bernama Krisanonline.com, barangkali ada masukan?

Hmm.. berbagi pengalaman dan cerita-cerita dari alumninya diperbanyak saja biar para pembaca yang lulusan dari SanMar bisa mengingat ulang “keseruan” saat SMA dulu. Krisanonline bisa juga menjadi jembatan agar pertemanan sesama alumni SanMar itu tetap langgeng meskipun terpisah jarak dan waktu. Lainnya, secara keseluruhan KrisanOnline sudah bagus kok dan kreatif sekali.

Adakah pesan Ibu untuk anak-anak SMA Santa Maria sekarang?

Kalau dari saya ya.. banggalah kalian menjadi keluarga besar SMA Santa Maria. Oleh karena,  SMA SanMar  adalah sekolah yang banyak memberikan manfaat bagi anak-anak didiknya, termasuk saya sebagai alumninya pula. Pendidikan akademik dan karakternya sangat kuat. Jadi, pertahankan itu sampai akhir ya …!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here