Surabaya, KrisanOnline.com РKrisanis, perkenalkan nama saya Jason. Pada saat awal masuk SMA, saya bukanlah orang yang rajin. Saya orang yang cenderung ramai di kelas. Pada saat pelajaran, saya ribut sendiri dengan teman Рteman dan tidak mendengarkan guru. Pada saat di luar sekolah pun saya sering pergi bersama teman-teman dan terkadang di luar kontrol. Namun, meskipun saya sering pergi, bukan berarti saya tidak belajar. Saya tetap belajar pada saat ada ulangan saja dan  waktunya sangat sedikit. Hasilnya pun sudah bisa ditebak tidak akan memuaskan.

Sekarang saya telah duduk di kelas XII IPS. Saya mulai sadar bahwa saya harus belajar dengan serius. Saya mulai berusaha mendengarkan ketika guru mengajar. Seiring dengan berjalannya waktu, saya pun mulai berpikir tentang masa depan. Ke depan saya harus kuliah dan nilai rapor  harus baik karena diperhitungkan dalam mencari kampus. Oleh karena itu, saya harus berjuang dan tidak boleh bermalas -malasan lagi.

Semenjak kelas XII, saya memutuskan untuk berubah menjadi lebih baik. Langkah yang saya lakukan adalah membuat goals. Goals adalah hal-hal yang harus saya capai. Goals yang saya buat terdiri dari goals harian, bulanan, dan tahunan. Goals ini memacu diri saya untuk belajar lebih giat dan membuat hari-hari saya menjadi lebih produktif.

Dengan adanya goals ini, saya menjadi lebih terpacu dalam hal sekolah dan selalu memikirkan tentang masa depan saya. Goals yang ingin saya capai setiap harinya berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan tugas. Sedangkan goals setiap tahunnya yang ingin saya capai yaitu tentang target baik nilai rapor saya. Contohnya, target rata-rata nilai rapor saya tahun ini adalah 87. Semoga bisa saya rengkuh. Saya akan all out!

(Kontributor: Jason Christopher, Siswa XII IPS 1, SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here