Surabaya, KrisanOnline.com – Krisanis, setiap orang pasti memiliki sebuah impian. Sama halnya seperti saya semenjak lomba yang sebelumnya saya bingung akan arah dan tujuan saya. Hingga suatu ketika ada sebuah lomba yang bernama Ashoka Young Changemaker. Berbeda dengan lomba yang lain, Ashoka ingin mengumpulkan anak-anak muda untuk bisa menjadi pembawa pembaharuan di era global saat ini.

Tahap pertama mengikuti lomba ini adalah membuat tulisan tentang project yang saya buat. Lalu, tulisan tersebut diseleksi. Ternyata saya bisa melewati tahap tersebut. Beranjaklah saya ke tahap kedua wawancara dengan video call (aplikasi zoom). Di dalamnya terdapat saya, 3 orang dari Ashoka, dan 2-3 Fellow dari Ashoka. Disini saya hanya bisa berdoa yang terbaik karena anak muda yang mengikutinya tidak berdasarkan tingkat sekolah akan tetapi berdasarkan umur (12-20 tahun). Dan …tidak saya sangka ternyata saya bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Penyeleksian pada tahap ini melalui video call juga. Namun, dengan orang yang berbeda.

Setelah tahap ketiga ini saya hanya bisa berdoa dan memohon yang terbaik kepada Tuhan. Beberapa waktu kemudian, saya di telepon oleh pihak Ashoka untuk mengikuti tahap panelis di Jakarta. Segala rasa dalam diri saya bercampur aduk setelah mendengar hal tersebut. Yang lebih menegangkan lagi ialah saya melakukan interview dengan 3-4 orang asing dan 3 orang fellow Ashoka Indonesia.

Saya hanya seorang diri di dalam ruangan bersama orang yang baru saya kenal. Saya masuk hanya dengan modal berani, ketulusan, dan juga kemauan. 3 hari 2 malam pun terlewati. Saya mengatakan pada diri saya bahwa saya sudah melakukan yang terbaik. Saya pun melakukan aktivitas seperti biasa, hingga sekitar 1 bulan kemudian ada telepon kembali dari pihak Ashoka bahwa saya sudah menjadi bagian dari Ashoka Young Changemaker.

Hal tersebut membuat saya senang karena saya bisa belajar dari orang-orang baru dan tentunya lebih berpengalaman. Tidak hanya itu, disini saya juga ingin bisa menginspirasi banyak orang untuk sadar tentang konsep diri dan kesadaran yang sesungguhnya. Saya bersyukur bahwa Tuhan dan tim Ashoka sudah memberi saya kepercayaan. Krisanis, janganlah takut untuk memulai sesuatu yang baru karena saya yakin bahwa disana ada kemauan disana jugalah akan ada jalan yang membawa kita melangkah menjadi lebih baik lagi. Tetap semangat, Krisanis!

(Kontributor: Angela Ana Clemence Lesmana, Siswi X MIPA 1,SMA Santa Maria Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here